Huawei Y7 Pro 2019, Kesan Pertama Huawei Perdana di Tahun Baru


Sabtu, 12 Januari 2019 • 10:26


Mengawali langkahnya di tahun 2019, Huawei kembali siap meramaikan pasar smartphone Tanah Air tentunya dengan melepas produk baru dan Huawei Y7 Pro 2019 merupakan salah satunya.

Menyasar kalangan pengguna milenial, Huawei Y7 Pro 2019 hadir dengan berbagai hal menarik. Banderol harganya juga digadang bakal ramah di kantong. Nah, daripada penasaran, simak saja ulasan berikut.

Desain

Huawei Y7 Pro (2019) memiliki bodi yang dibentuk dari kombinasi kaca pada bagian depan dan plastik di bagian belakang yang diracik sedemikian rupa hingga membuatnya terlihat sangat atraktif dan elegan. Lekukan-lekukan yang terdapat pada setiap sisi smartphone juga membuatnya terasa ergonomis dan enak untuk digenggam. 

Selain itu, apa yang menjadi tren saat ini nampaknya juga telah diadopsi Huawei di smartphone barunya ini. Ya, Huawei Y7 Pro 2019 telah mengusung layar penuh plus memiliki notch di atasnya. Di sini menariknya, bila sebelumnya layar notch ‘dewdrop’ masih sulit ditemui di smartphone di kelasnya, Huawei Y7 Pro 2019 sudah menawarkan konsep demikian. Tak pelak, notch dewdrop yang disematkan kian mempercantik Huawei Y7 Pro 2019 dari sisi tampilan.


Huawei memiliki bentang layar cukup luas, yakni 6.26 inci berasio 19:9 yang mendominasi penampakan bagian depan dengan rasio layar ke bodi cukup tinggi. Huawei Y7 Pro 2019 nyaris terlihat tanpa bezel, pun di bagian bawah layar (dagu) area ini juga sudah nampak menyempit. Alhasil, meski bentang layarnya tergolong luas, dari sisi bodi Huawei Y7 Pro 2019 hampir setara dengan ponsel berlayar 5.5 inci dengan aspek rasio standar (16:9).

Secara keseluruhan bodi Huawei Y7 Pro 2019 memiliki dimensi 158,9 x 76,9 x 8,1 mm dengan berat 168 gram. Huawei Y7 Pro 2019 datang dengan dua pilihan warna menarik, Midnight Blue dan Aurora Blue. 

Display & Antarmuka

Seperti telah disebutkan, Huawei Y7 Pro 2019 dikemas dengan layar berdiagonal 6.26 inci beraspek rasio 19:9. Dikombinasikan dengan resolusi 720 x 1520 piksel, layar smartphone ini memancarkan konten dengan kepadatan ~269 ppi.

Huawei Y7 Pro 2019 menggunakan jenis layar IPS LCD yang terkenal akan kemampuannya menyajikan sudut pandang yang lebih baik. Hal ini pun bisa dirasakan penulis ketika menggunakan Huawei Y7 Pro 2019, di mana konten masih terlihat cukup jelas dan detil walau dipandang pada sudut tertentu. Adapun sebagai alat input, kinerja layar Huawei Y7 Pro 2019 juga tergolong sangat baik. Untuk akses multi-touch, smartphone ini bahkan sudah mendukung hingga 10 titik secara bersamaan.


Berbekal layar berukuran luas dengan aspek rasio 19:9, membuat pengalaman yang disajikan Huawei Y7 Pro 2019 jadi lebih asyik, baik untuk browsing, nonton video, main game, dan aktivitas lainnya. Selain itu, layar smartphone juga tampil dengan empat sudut membulat, sehingga nampak serasi dengan tampilan bodi smartphone itu sendiri.

Huawei Y7 Pro 2019 memiliki daya tarik dari notch ‘dewdrop’ yang digunakannya. Namun, suatu saat bila Anda ingin mengubah tampilannya, di mana tidak ingin terlihat ada poni di atas layar smartphone, kita dimungkinkan untuk ‘menyembunyikannya’. Caranya cukup akses Setting > Display > Notch, di sini terdapat dua opsi yang bisa Anda pilih.  

Tak berbeda dengan smartphone Huawei lainnya, dari sisi software smartphone menjalankan Android 8.1 Oreo yang dipermanis dengan EMUI 8.2. Secara default pengalaman pengguna yang ditawarkan MIUI 8.2 sudah cukup simpel, di mana semua aplikasi sudah tertampil langsung di homescreen alias tidak ada app drawer. Kendati demikian, jika pengguna merasa sudah terbiasa dengan app drawer, kita bisa memunculkannya lewat pengaturan di menu Settings> Display> Homescreen Style.

Cukup menyapu homescreen ke arah kanan, kita akan menemui ada sebuah halaman HiBoard. Mirip Google Now, HiBoardmenampilkan semua info penting bagi pengguna. Fitur lain yang ditawarkan lain berupa Smart Assitance yang terdapat pada menu pengaturan. Di pilihan menu inilah EMUI menempatkan fitur-fitur tambahan yang biasanya memberi nilai lebih pada pengalaman pengguna (user experience). Fasilitas seperti One Handed UI dan Motion Control termasuk dua fasilitas yang terdapat di menu ini.

Sejatinya masih ada sejumlah fitur menarik yang diboyong EMUI 8.2 di Huawei Y7 Pro 2019. Satu yang menarik, dalam versi default, gambar wallpaper smartphone akan berubah-ubah sehingga tidak membosankan.

Adapun untuk pengamanan, Huawei Y7 Pro 2019 sudah menyematkan fitur Face Unlock 2.0. Dengan memanfaatkan AI dan kamera depan, perangkat dapat mengotentikasi identitas pengguna dan membuka kunci perangkat dengan cepat, sehingga pengguna dapat langsung kembali beraksi. Dengan begini, smartphone akan aman dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab, yang mungkin dapat menyebabkan konten yang telah dibuat menjadi rusak.

Kamera

Tidak cukup dengan tampilan apik dari sisi desain, sepertinya Huawei Y7 Pro 2019 juga tidak ingin mengecewakan penggunanya dari sektor fotografi. Di sini bagi pengguna yang suka jeprat-jepret momen, Huawei Y7 Pro 2019 telah dibekali fitur dual-camera belakang dengan sensor utama 13 MP (f/1.8) dan sensor sekunder 2 MP (depth sensor).

Dilengkapi dengan teknologi AI, kamera Huawei Y7 Pro 2019 mampu mengenali 22 objek berbedayang terdiri dari, langit, manusia, binatang dan pantai. Nantinya AI akan membantu memberikan adjustment untuk memperbagus hasil foto yang dikenalinya tersebut.

Sementara untuk yang gemar selfie, Huawei Y7 Pro 2019 siap mengakomodasi kebutuhan untuk itu. Tidak tanggung-tanggung, smartphone ini memiliki sensor kamera 8 MP. Untuk mempermudah pengguna dalam memanfaatkankamera depan, Huawei juga telah menyiapkan fitur canggih bernama Easy Hands-Free Shooting. Fitur ini berfungsi untuk membuat foto selfie menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan kontrol gerakan dan deteksi senyuman.

Secara teknis, dengan menggunakan kontrol gerakan pengguna yang akan dipotret dan berada di dalam frame dapat dengan mudah menggunakan telapak tangannya untuk memicu timer kamera. Sementara dengan smile detection apabila telah di-enable, pengguna bisa memotret (memicu kamera) hanya dengan senyuman. 

Hardware

Urusan performa Huawei Y7 Pro 2019 mengandalkan chip octa-core Qualcomm Snapdragon 450 berkecepatan 1.8 GHz ditandem dengan GPU Adreno 506 dan RAM 3GB. Sementara untuk media penyimpan data, smartphone ini dibekali memori internal berkapasitas 32GB yang masih bisa diperluas via kartu microSD hingga 512 GB.

Berbekal spesifikasi hardware yang dibawa, dalam urusan daya gedor smartphone ini sudah cukup mumpuni untuk meladeni aktivitas pengguna sehari-hari. Tidak hanya untuk aktivitas standar, untuk bermain game yang relatif berat rasanya Huawei Y7 Pro 2019 masih sanggup meladeninya.

Belum lagi baterainya yang memiliki kapasitas besar, yakni 4000 mAh. Dengan baterai berkapasitas sebesar itu, di atas kertas penggunaan smartphone bisa tahan lama untuk menemani aktivitas pengguna, tanpa perlu repot untuk sering-sering mengisinya.

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Hanya di Erafone, Huawei Beri Diskon Khusus Untuk Nova 3i

2 Smartphone Ini Siap Beredar di Pasaran

Huawei Tepis Rumor Memata-matai Negara Asing untuk Cina

Wow, Penjualan Huawei Mate 20 Pro Capai Rp30 Miliar

Dituduh Mata-mata, Dua Karyawan Huawei Ditangkap di Polandia

Terpopuler Minggu Ini

Smartphone Pilihan dengan RAM Besar & Harga Terjangkau

Bikin Ngiler, Ini 5 Fitur Andalan Redmi Note 7

Vivo Z3i Standard Edition Mirip Dengan Z3i Kecuali Fitur Ini

Lenovo Z5 Pro GT, Pertama di Dunia dengan RAM 12 GB, Harganya?

Xiaomi Targetkan 1 Juta Unit Redmi Note 7 di Januari

Terpopuler Bulan Ini

Resmi, Ini Fitur dan Harga Xiaomi Redmi Note 7

Xiaomi Redmi Note 7 vs Redmi Note 6 Pro, Apa Bedanya?

3 Smartphone Premium Samsung Banting Harga

Ternyata Ini Alasan Xiaomi Menjadikan Redmi Merek Terpisah

Hore, Update Android 9 Pie untuk Asus Zenfone 5 (ZE620KL) Sudah Digelontorkan

Terpopuler

Hisense Latah Bikin Ponsel Dual-Screen

CEO Xiaomi Tercyduk Menggenggam Handphone Ini

5 Handphone Pilihan Untuk Main Game PUBG

Pakai SD 636, RAM 4G+64GB dan Baterai 5000mAh, Harga Motorola One Power Bikin Pengen

Ini Beda Xiaomi Redmi Note 6 Pro dengan Redmi Note 5