Begini Mekanisme Pemblokiran via IMEI


Rabu, 13 November 2019 • 14:21


Contoh IMEI tak terdaftar

Contoh IMEI tak terdaftar

Mekanisme pemblokiran perangkat HKT dilakukan dengan mencocokan nomor IMEI perangkat yang terhubung ke jaringan dengan database ponsel resmi yang disimpan pemerintah. Jika nomor IMEI tersebut tidak ditemukan dalam database tersebut, maka perangkat tersebut akan diblokir dengan tidak mendapatkan layanan jaringan telekomunikasi seluler.


Untuk perangkat HKT yang eksisting (sudah digunakan sebelum tanggal 18 April 2020), maka masyarakat masih tetap mendapatkan layanan jaringan telekomunikasi seluler dari operator. Namun setelah tanggal 18 April 2020, untuk perangkat dengan IMEI yang tidak terdaftar, maka perangkat HKT tidak mendapat layanan seluler.

Dalam pemberlakukan aturan ini terdapat beberapa pengecualian diantaranya bahwa peraturan ini tidak berdampak bagi turis/WNA (Warga Negara Asing) yang menggunakan layanan international roaming; dan aturan ini tidak berlaku untuk perangkat laptop.

Tiga Fase Pengendalian IMEI


Implementasi dari pengendalian IMEI perangkat telekomunikasi ini berlangsung dalam tiga fase. Pertama, Fase inisiasi, ditandai dengan penandatangan tiga Peraturan Menteri pada waktu yang bersamaan, yaitu Peraturan Menteri Kominfo, Peraturan Menteri Perindustrian dan Peraturan Menteri Perdagangan pada tanggal 18 Oktober 2019. Kedua, Fase Persiapan, dimana pada fase ini pemerintah menyiapkan Sistem Informasi Basis data IMEI Nasional (SIBINA), sinkronisasi data di operator seluler dengan data di SIBINA, melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan penyiapan pusat layanan konsumen.

Ketiga, disebut sebagai fase operasional yang akan dimulai sejak 18 April 2020. Pada fase ini Pemerintah dengan SIBINA-nya akan melakukan updating data IMEI secara rutin dan mengolahnya untuk selanjutnya hasil olahan tersebut dieksekusi oleh operator.  Pemerintah juga akan menyediakan layanan lost and stolen, bagi Pengguna yang kehilangan perangkat HKT miliknya dapat melaporkan kehilangannya dan melakukan pemblokiran terhadap perangkat tersebut. Pada fase ini pemerintah juga akan melakukan sosialisasi laniutan.

Dirjen Ismail mengatakan dalam pengendalian IMEI ini pembagian tugas dibagi kepada tiga kementerian. "Kemenperin memiliki tugas menyiapkan database dan SIBINA sekaligus prosedur verifikasi dan validasi IMEI. Sementara, Kementerian Kominfo meminta operator menyediakan layanan lost and stolen bagi Pengguna dan melakukan pelaporan ke SIBINA, dan membangun sistem penghubung antara SIBINA dan EIR (equipment identity register).  Sementara Kemendag akan membina pedagang untuk mendaftarkan stok IMEI perangkat ke dalam SIBINA," tuturnya. (*)

Sumber: Kominfo

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Awal Juli 2020, Pemerintah Berlakukan CEIR Cloud untuk Validasi IMEI

YLKI: Ponsel BM Masih Banyak Dijual, Marketplace Harus Ikut Bertanggung jawab

Pelaku Industri Minta Aturan Validasi IMEI Dipercepat

Begini Cara Cek IMEI Anda Terdaftar atau Tidak

Blokir Ponsel Ilegal, BRTI Jamin Keamanan IMEI dan Data Pengguna

Terpopuler Minggu Ini

Bawa Teknologi VOOC Terbaru, OPPO Reno4 Siap Meluncur di Indonesia

vivo X50 Sudah Bisa Dipesan Mulai Hari Ini

Tak Pakai Lama, Service Ponsel Xiaomi Satu Jam Beres

Smartfren Luncurkan Booster Unlimited Mulai Rp2.000

Ini Dia Harga Samsung Galaxy S20+ dan Buds+ Edisi BTS di Indonesia

Terpopuler Bulan Ini

Review Samsung Galaxy M21: Baterai Berkapasitas Besar, Ngegame Pun Lancar

2 Smartphone Honor Resmi Dikenalkan, Andalkan Fitur Fotografi dengan Chipset Mediatek Dimensity 800

Qualcomm Luncurkan Snapdragon Wear 4100

Adu Fitur realme Buds Q vs Xiaomi Redmi Airdots

Adu Fitur realme C11 vs Vivo Y11: Smartphone Entry Level untuk Gaming dan Fotografi

Terpopuler

Paket Internet Unlimited Tiga Operator, Mana yang Paling Menarik?

Smartphone Sejutaan dengan Baterai 5000 mAh, Paling Cocok untuk Ojek Online

2 Smartphone Jagoan Xiaomi Resmi Meluncur, Begini Spesifikasi Serta Harga Jualnya

Redmi 10X 4G, Redmi 10X 5G dan Redmi 10X Pro Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasinya

5 Smartphone Sejutaan Dengan Baterai Jumbo Paling Kekinian