Biasa Ngecas Ponsel di Fasilitas Umum? Mulai Sekarang Pikir-pikir Lagi Deh!


Selasa, 19 November 2019 • 22:19


ilustrasi

ilustrasi

Jika Anda sering bepergian, Anda mungkin selama ini telah menemukan banyak stasiun pengisian daya USB  yang tersebar di berbagai lokasi publik. Mulai dari terminal bus, stasiun kereta, stasiun subway, rumah sakit, bandara, mall dan sebagainya. Namun, mungkin Anda tidak menyadari ada bahaya keamanan yang mengintai saat Anda memanfaatkan USB untuk mengisi daya di lokasi pengisian daya umum tersebut.


Setidaknya bahaya tersebut sudah terjadi di AS. Jaksa Distrik Los Angeles, Jackie Lasey, seperti dikutip PULSA dari Ubergizmo, mengeluarkan peringatan keamanan pada pekan lalu, menghimbau masyarakat di sana sedapat mungkin menghindari pengisian daya melalui USB yang dilakukan di tempat-tempat stasium pengisian daya umum.  Ada kemungkinan berisi malware berbahaya. Perlu dicatat bahwa koneksi USB memungkinkan Anda mengisi / mentransfer data juga.

Jadi, tidak ada batasan khusus tentang bagaimana data sedang ditransfer ke smartphone. Dan, ini dapat berpotensi dieksploitasi oleh penyerang (hacker) untuk secara diam-diam menambahkan file berbahaya ke perangkat Anda. Meskipun sulit untuk mengeksploitasinya di berbagai file di perangkat anda, namun jenis serangan yang memiliki nama unik yakni "Juice Jacking" ini tetap patut diwaspadai.

Rupanya, resiko ini bukan hal yang baru dan beberapa bukti  yang ditunjukkan beberapa tahun yang menguak adanya resiko tersebut. Tetapi sayangnya  tidak semua orang memusatkan perhatian mereka pada kerentanan tersebut. Pakar Keamanan IBM mengatakan bahwa penjahat dunia maya menggunakan port USB yang berada di berbagai pengisian daya di bandara, stasiun kereta api dan tempat-tempat umum lainnya untuk mencuri data pribadi dari gadget Anda. Dengan lihainya mereka dapat memodifikasi port USB dengan menginstal perangkat lunak khusus yang mencuri data pribadi Anda, termasuk informasi tentang bank dan e-wallet.


Anda dapat melihat tayangan video tentang bahaya "Juice Jacking" melalui video yang diunggah ke YouTube oleh BrightSide berdurasi 8:35 menit. Di video tersebut menjelaskan secara gambang tentang bahaya dan resiko dari pengisian daya menggunakan USB dari tempat-tempat pengisian daya publik. (*)

 

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Terpopuler Minggu Ini

Bocor! Begini Spesifikasi Lengkap Ponsel Nokia TA-1212

Siap Meluncur di Indonesia, realme C3 Jadi Smartphone dengan Helio G70 Pertama di Pasaran

Samsung Hadirkan Penawaran Menarik di Pre Order Galaxy S20 Series, Apa Saja?

Gandeng Rahasia Gadis, Hippo Hadirkan Powerbank Khusus Berkapasitas 10.000 mAh

Samsung Siapkan Versi Murah Galaxy A70, Begini Penampakan dan Spesifikasinya

Terpopuler Bulan Ini

5 Smartphone Sejutaan Dengan Baterai Jumbo Paling Kekinian

Resmi Dirilis! realme C3 Gunakan Helio G70, Dibanderol Rp.1 Jutaan

Bye-bye Blackberry, Penjualan Smartphone-nya Resmi Berakhir Agustus Mendatang (update)

Resmi Meluncur, Samsung Galaxy A01 Usung Snapdragon 439 Plus Harga Terjangkau

Jadi Seri A Terbaru, Apa Saja Keunggulan OPPO A31?

Terpopuler

Cek di Sini Apakah Merek Smartphone Anda Termasuk yang Siap Update Android 10 Tahun Ini

Jelang Akhir Tahun, 7 Smartphone Ini Turun Harga

Ternyata Segini Harga dan Spesifikasi Oppo A5 2020

Murah Nih! Vivo Y11 (2019) Punya Baterai 5.000 mAh Dibanderol Rp1 Jutaan

Waspada! Ini Resiko Membeli Smartphone Android Murahan