Kecanggihan Samsung Galaxy S20 Ultra Ternyata Mirip Dengan Teknologi Huawei P30 Pro


Senin, 24 Februari 2020 • 11:36


Saat ini ponsel sudah menjadi bagian dari hidup. Ponsel bahkan menjadi 'daily driver' penggunanya sejak beragam fungsi dapat memenuhi kebutuhan. Salah satu fungsi tersebut adalah kamera. Bahkan kamera pada ponsel kini sudah menjadi pelengkap gaya hidup.

Belum lama ini, pasar smartphone Indonesia diramaikan dengan keluaran produk flagship terbaru dari Samsung yakni Galaxy S20 Ultra dengan kamera super canggih. Produk keluaran terbaru dari Samsung Galaxy S20 Ultra dilengkapi dengan 108MP kamera dan teknologi AI yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pengguna dalam menangkap momen berharga, termasuk juga dengan space zoom yang membuat smartphone ini mampu menangkap gambar dengan hasil yang baik meski dari jarak jauh.


Saat peluncuran Samsung Galaxy S20 Ultra, perusahaan asal Korea Selatan ini mengungkapkan bahwa fitur kamera pada produk terbarunya dilengkapi dengan kapabilitas Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan hasil gambar terbaik. Namun tentunya kita sudah tahu bahwa teknologi AI serupa sebelumnya sudah digunakan Huawei P30 Pro yang diluncurkan tahun 2019 lalu.

Seperti triple kamera utama pada S20 dan S20+, sistem yang diterapkan sangatlah mirip dengan produk P30 dari Huawei yang diluncurkan Maret tahun lalu. Faktanya, Samsung mengklaim kamera beresolusi tinggi dengan 64MP pada S20 dan S20+ bisa jadi menyesatkan – karena lensa 64MP terdapat bukan di kamera utama tetapi lensa telephoto yang menampilkan 3x optical zoom. Sedangkan untuk Huawei P30 Pro sendiri juga dilengkapi dengan tiga kamera dengan spesifikasi kamera utama 40MP (27mm, f/1.6), kamera ultrawide angle 20MP (16mm ultrawide sensor, f/2.2) dan kamera telephoto 8MP dengan SuperZoom Lens (5x Optical Periscope prism f/3.4).

Kemampuan Samsung menghadirkan Galaxy S20 Ultra perlu mendapatkan sorotan yang baik karena kecanggihan produk melalui 10x optical zoom-nya, namun teknologi AI yang digunakan sebenarnya sudah pernah dikenalkan melalui produk Huawei tahun lalu – Huawei P30 Pro, jadi sepertinya tidak baru lagi.


Semakin tinggi tingkat zoom pada kamera, semakin menyulitkan pengguna dalam mendapatkan posisi yang stabil dan menangkap gambar yang baik. Samsung Galaxy S20 Ultra memiliki teknologi Super Steady dengan bantuan AI untuk menganalisa dan menangkap gambar yang lebih stabil. Teknologi serupa sebelumnya pertama kali diperkenalkan oleh Huawei P30 Pro dengan Optical Image Stabilisation yang menggunakan teknologi AI Image Stabilisation (AIS) untuk menigkatkan sinergi antara software dan hardware untuk meningkatkan stabilitas pemotretan zoom dari jarak jauh.

 

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

2 Jam Pintar Anak Xiaomi Resmi Meluncur, Usung Layar AMOLED, 4G LTE Plus GPS

Tetap Sehat Sambil Penuhi Kebutuhan Dengan #BelanjaDariRumah ala Shopee

Mantap, RedDoorz Sediakan Penginapan Gratis untuk Tenaga Medis Melawan Penyebaran COVID-19

Beli Smartphone OPPO di Lazada Gratis Ongkos Kirim

Xiaomi Indonesia Luncurkan Mi TV 4, Mi Air Purifier 2H, dan Redmi 8A Pro via Online

Terpopuler Minggu Ini

Smartphone 5G Terbaru vivo Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harga Jualnya

Beredar Bocoran 14 Produk Xiaomi yang Bakal Diluncurkan di Q3 2020

Siap Edar, Samsung Galaxy Tab S6 Lite Dibanderol dengan Harga Mulai Rp7,2 Jutaan

Erajaya Gelar Diskon Besar-besaran di Eraspacetival

Spek Lengkap Oppo Reno Ace 2 Bocor

Terpopuler Bulan Ini

Smartphone 5G Terbaru vivo Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harga Jualnya

Siap Edar, Samsung Galaxy Tab S6 Lite Dibanderol dengan Harga Mulai Rp7,2 Jutaan

Erajaya Gelar Diskon Besar-besaran di Eraspacetival

Xiaomi Indonesia Luncurkan Mi TV 4, Mi Air Purifier 2H, dan Redmi 8A Pro via Online

Honor Gelar Program Diskon untuk Berbagai Produk

Terpopuler

Cek di Sini Apakah Merek Smartphone Anda Termasuk yang Siap Update Android 10 Tahun Ini

Jelang Akhir Tahun, 7 Smartphone Ini Turun Harga

Murah Nih! Vivo Y11 (2019) Punya Baterai 5.000 mAh Dibanderol Rp1 Jutaan

Spesifikasi Lengkap dan Harga Xiaomi Mi Note 10 dan MI Note 10 Pro

Waspada! Ini Resiko Membeli Smartphone Android Murahan