Smartphone Pilihan dengan RAM Besar & Harga Terjangkau


Senin, 14 Januari 2019 • 13:54


Ilustrasi: Realme 2 Pro 8GB

Ilustrasi: Realme 2 Pro 8GB

Memiliki perangkat smartphone dengan dukunga RAM yang besar sudah menjadi kebutuhan dasar pengguna yang gemar melakukan aktivitas rutin seperti bermain game, menikmati konten multimedia, fotografi hingga menunjang aktivitas kerja. Dengan kapasitas RAM yang besar memungkinkan perangkat smartphone melakukan aktivitas  multitasking tanpa adanya hambatan yang berarti. Seperti kita ketahui, untuk dapat melakukan aktivitas multitasking, kinerja smartphone tak hanya dipengaruhi oleh dukungan prosesor semata. Namun, kapasitas RAM yang dibenamkan pada perangkat smartphone tersebut juga menjadi faktor utama untuk dapat membuka banyak aplikasi penting dalam waktu yang bersamaan.

Saat ini, ketersediaan perangkat smartphone dengan dukungan RAM yang besar dengan kombinasi harga jual yang terjangkau sudah banyak tersedia. Rekomendasi PULSA kali ini, ingin membahas pilihan smartphone dengan RAM yang besar namun memiliki harga jual yang tidak terlalu mahal yakni dibawah angka 4 jutaan. Apa saja smartphone yang bisa dibeli? Berikut ulasannya.

1. Realme 2 Pro 8GB

 Rp 3.699.000


Realme 2 Pro 6GB

Rp 3.299.000

Realme 2 Pro 8GB menggebrak pasaran dengan membawa dukungan RAM sebesar 8GB. Yang membuat perangkat  ini semakin menarik adalah harga jualnya yang sangat terjangkau dikelasnya. Dengan dukungan RAM 8GB smartphone ini hanya dijual dengan  harga Rp 3,6 jutaan saja. Meskipun harga pasaran offlinenya sedikit berbeda dengan kisaran harga diatas 3,9 jutaan. Meski begitu smartphone ini masih sangat layak untuk dimiliki untuk anda yang aktif menggunakan perangkat smartphonenya.

Realme 2 Pro dikemas dengan dengan rasio screen-to-body mencapai 90,8% menghasilkan kenyamanan yang sama dengan memegang smartphone konvensional 5,5 inci dengan layar 16:9. Casing belakang Realme 2 Pro dilapisi 13-15 lapisan atom yang menghadirkan kedalaman, transparansi, dan detil yang tinggi.

Realme 2 Pro mengusung prosesor Qualcomm Snapdragon 660AIE yang memiliki performa tinggi dan konsumsi daya rendah, GPU Adreno 512, dan hub sensor Qualcomm All-Ways Aware dan HVX, serta mesin AI bawaan memberikan pengalaman AI yang nyata. Realme 2 Pro dilengkapi dengan RAM hingga 8GB dan ROM sebesar 128GB dan memiliki slot kartu microSD hingga 256GB. Realme 2 Pro juga menawarkan opsi RAM 4GB + ROM 64GB serta 6GB + 64GB dengan harga yang lebih terjangkau. Baterai 3500mAh ini juga dilengkapi dengan AI Sleep Mode yang cerdas dapat mengetahui pola penggunaan smartphone dan mematikan aplikasi yang berjalan di background sehingga Realme 2 Pro dapat digunakan selama satu hari penuh.

Realme 2 Pro hadir dengan konfigurasi kamera belakang ganda 16MP yang dilengkapi dengan sensor Sony IMX398 dengan fokus ganda, aperture F1.7 dan lensa 6P sedangkan kamera sekunder bertugas mengukur jarak spasial objek yang difoto dalam mode portrait. Realme 2 Pro hadir dengan kamera depan 16MP dan aperture sebesar F2.0 yang mampu menangkap lebih banyak cahaya, memastikan foto selfie yang lebih khas; Realme 2 Pro menghadirkan fitur baru AI beauty 2.0 yang secara tepat mengenali 296 titik identifikasi wajah dan menawarkan 8 juta pilihan efek beautification beautification ang dapat dipersonalisasikan.


Realme 2 Pro mengusung sistem operasi Color OS 8.1 berbasis Android 8.1 5.2 AI yang hadir dengan fitur dasar yang lebih baik serta dioptimalkan untuk memfasilitasi penggunaan sehari-hari.

Beralih ked Realme 2 Pro 6GB, smartphone ini juga memiliki fitur yang serupa. Perbedaannya hanya pada dukungan RAM yang ditanamkan. Selain itu, harga jual smartphone ini lebih terjangkau.

2. Asus Zenfone Max Pro M2 6GB

Rp 3.699.000

Jagoan terbaru Asus ini cuku menggoda dengan tampilan desain yang ditawarkan, selain itu perangkat ini membawa kinerja yang menawan dan dibalut dengan baterai berkapasitas jumbo sebagai nilai jual utamanya. Asus Zenfone Max Pro M2  memiliki peningkatan signifikan dibanding sang kakak Max Pro M2. Desain Max Pro M2 kini terasa lebih premium dengan coating mewah di bagian belakang dan layar dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 6.

Asus menyatakan bahwa MAx Pro M2 merupakan smartphone pertama di segmen ini yang membawa Gorilla Glass terbaru. Asus juga memastikan akan mendaratkan update sistem operasi Android Pie 9 di Zenfone Max Pro M2 pada Januari 2019. Selain menggunakan chipset Snapdragon 660 yang dilengkapi dengan Artificial Intelligent Engine atau AIE, Max Pro M2 juga dilengkapi dengan sensor kamera terbaru Sony IMX486 12MP+5MP dengan aperture f1.8 dan teknologi AI sehingga memiliki kemampuan menangkap gambar yang lebih baik meski dalam kondisi minim cahaya. Layar seluas 6.3 inci dengan baterai berkapasitas besar 5000mAh membuat smartphone ini cocok untuk heavy user seperti gamer. Yang menarik, MAx Pro M2 menyediakan dua slot kartu SIM dan satu slot micro SD yang terpisah, sehingga pengguna masih dapat menggunakan dua kartu SIm dan miroSD secara bersamaan.

3. Asus Zenfone Max Pro M1 6GB

Rp 2.999.000

Meskipun sudah cukup lama beredar di pasaran, smartphone keluaran Asus ini masih sangat layak untuk dimiliki saat ini. Berbekal spesifikasi serta fitur yang menggoda smartphone ini juga memiliki kinerja yang mumpuni untuk mendukung beragam aktivitas pengguna. Max Pro M1 6GB mengusung tampilan desain dengan bezel yang tipis, kedua ruas kiri dan kanan dari ZenFone Max Pro memang terlihat tipis, meski untuk bagian atasnya memang masih menyisakan banyak ruang untuk menempatkan kamera beserta sejumlah sensor penting lainnya. Sementara untuk sektor layarnya tak ada perbedaan antara handphone ini dengan seri sebelumnya, Zenfone Max Pro M1 6GB masih menyuguhkan diagonal seluas 6 inci dengan resolusi 2160x1080 piksel dalam aspek rasio 18:9.  Sementara untuk dapur pacu yang ditanamkan tidak berbeda dengan seri sebelumnya yakni Snapdragon 636. Selain itu, perangkat ini juga masih menyematkan baterai berkapasitas jumbo 5000 mAh untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari. Beralih ke sektor fotografi, Asus Zenfone Max Pro M1 degan kapasitas RAM 6GB hadir dengan fasilitas fotografi yang lebih apik dibandingkan seri sebelumnya. Pada bagian belakang, perangkat ini hadir dengan konfigurasi kamera belakang 16MP + 5MP dan kamera depan 16MP.

4. Oppo F7 Pro

Rp 3.999.000

Smartphone ini telah terkoreksi harganya hingga beberapa kali yang membuatnya kini memiliki harga yang cukup terjangkau dikelasnya. Dibekali dengan tampilan desain yang menawan, smartphone ini juga sudah dibekali dengan kinerjay ayang mumpuni. Smartphone ini merupakan smartphone selfie pertama dengan kamera depan 25 megapiksel yang juga di dukung oleh AI yang bisa memaksimalkan aktivitas selfie pengguna. Smartphone ini juga tampil menarik dengan layar penuh 6,23 inci FHD+, dan dilengkapi beragam pembaharuan terkait teknologi Artificial Intelligence yang tak lagi hanya di sektor kamera selfie. Di sisi hardware, OPPO F7 akan disokong prosesor MediaTek Helio P60 Octa-core dengan tambahan baterai berkapasitas 3400 mAh untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari.

5. Vivo V11

Rp 3.999.000

Vivo V11 mengusung desain layar penuh Ultra All Screen. Dengan ukuran layar 6,3 inch, dengan rasio aspek 19:9 dan rasio layar-ke-bodi 90,4% serta dikelilingi oleh bezel atau bingkai tipis. Dengan bobot 156 gram, V11 memaksimalkan aspek ergonomis dengan ukuran 154,8mm x 75mm x 7,9mm dan lengkungan 2.5D pada sisi belakang smartphone.

Selain tampilan desain yang menawan ditambah kualitas layar yang menggoda, Vivo V11  juga mengandalkan kamera depan yang dibalut dengan AI 25MP.  dan kamera ganda di belakang 16MP+5MP yang masing-masing menggunakan aperture f/2.0 dan f/2.4 dan juga dilengkapi dengan lampu flash. Tak hanya menggoda dari sisi lensa yang ditanamkan, untuk memaksimalkan fungsinya, sejumlah fitur cerdas sudah disediakan pada Vivo V11 Fairy Pink  antara lain AI Face Shaping, AI Body Shaping, Anti-Backlight AI HDR/ AI Low Light Mode, AI Scene Recognition, dan AI Portrait Framing  yang akan mengidentifikasi posisi objek foto dan memberikan instruksi pada layar untuk memposisikan objek foto pada area yang ideal. Sejumlah fitur yang tak kalah menarik dan fungsional di Vivo V11 Fairy Pink  antara lain Jovi Your AI Assistant, Jovi Smart Center, Google Assistant, dan Google Lens.

Untuk mendukung aktivitas multitasking para millennials sehari-hari, Vivo V11 dibekali dengan memori kapasitas memory internal 64GB, Octa-core AI Processor, dan sistem operasi FunTouch OS 4.5 berbasis Android 8.1 Oreo. Meskipun sudah dibekali dengan kapasitas memory internal yang besar, Vivo juga menyematkan slot kartu microSD untuk menambah data simpan perangkat hingga 256GB. Untuk autentifikasi, V11 Fairy Pink dilengkapi Fingerprint Scanner pad di sisi belakang smartphone, serta AI Face Access atau pemindai wajah. Dibekali dengan baterai berkapasitas 3315 mAh, Vivo V11 Fairy Pink sudah didukung dengan teknologi Fast Charging untuk pengisian daya baterai smartphone yang jauh lebih cepat dan nyaman.

6. Nubia Z17 Mini

Rp 2.399.000

Nubia Z17 Mini bisa jadi smartphone dengan RAM 6GB termurah yang ada di pasaran, dengan RAM 6GB smartphone ini hanya dijual dengan harga 2,3 jutaan rupiah saja. Sayangnya meski memiliki dukungan RAM yang besar dan harga yang murah, spesifikasi serta fitur yang ditawarkan terbilang lawas untuk saat ini. Meski begitu smartphone ini bisa menjadi alternatif yang menarik untuk anda yang memiliki bujet yang terbatas.

Smartphone ini memiliki ukuran layar yang cukup mungil yakni 5.2 inci namun sudah dibekali dengan resolusi layar  1920x1080 piksel   dengan  tingkat kerapatan layara adalah  424ppi, memiliki  layar  LTPS plus lapisan kurva 2.5D.  Smartphone terbaru  ZTE ini dibangun dengan bahan kaca  dengan tingkat kontras  1500: 1. Dari  sektor kamera perangkat ini sudah dibekali dengan fitur dual kamera 13MP di bagian belakang, salah-satunya adalah kamera  monokrom dan kamera lainnya  menggunakan sensor warna . Kamera depan dibekali dengan  resolusi kamera  16MP dengan f / 2.0 dan bidang pandang lensa sangat lebar  yakni  80 derajat.

Nubia Z17 Mini datang dengan menggunakan processor  Qualcomm Snapdragon 653 dan 6GB RAM.  Dan keduanya  dibekali dengan   ruang penyimpanan memori   internal  64GB   yang dapat diperluas melalui slot kartu microSD hingga 256GB .  Slot yang  digunakan untuk MicroSD,  merupakan bagian dari pengaturan  hybrid  dengan memanfaatkan  SIM ke dua.

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

INFINITY, Instalasi LG SIGNATURE Berkolaborasi Dengan Studio Fuksas Bakal Hadir di IFA 2019

Rekomendasi Smartphone Gaming dengan Baterai Besar

Resmi Dikenalkan, Ini Fitur Andalan Motorola One Action

Produk TV dan Audio LG Raih Penghargaan EISA Award

Baru Sebulan, Harga Samsung Galaxy A80 Sudah Turun

Terpopuler Minggu Ini

Siap Rilis Lusa, Skor AnTuTu Vivo IQOO Pro 5G Pecahkan Rekor Antutu

Tak Lagi Gunakan Nama Kue, Android Q Resmi Disebut Android 10

Rekomendasi Smartphone Gaming dengan Baterai Besar

Review Redmi 7A: Murah Tapi Gahar

Intip Bocoran Spesifikasi Kunci Samsung Galaxy M21, M31 dan M41

Terpopuler Bulan Ini

7 Smartphone ini Kembali Turun Harga

Baru Sebulan, Harga Samsung Galaxy A80 Sudah Turun

Positif, Xiaomi Lagi Garap Redmi Note 8

Ini Dia Smartphone yang Raih Penghargaan di Eropa

Vivo S1 vs Realme 3 Pro: Adu Pesona di Ceruk yang Sama

Terpopuler

Makin Terjangkau, Ini Harga Baru Samsung Galaxy A50

Redmi K20 dan Redmi K20 Pro Resmi Diumumkan, Spek dan Harganya Bikin Pengen

Review IMOO Watch Y1: Jam Pintar untuk Pantau Aktivitas Anak

Stok Melimpah, Harga Offline Redmi Note 7 Turun

Review Samsung Galaxy A70: Kasta Tertinggi Galaxy A