Rekomendasi Smartphone 3 Kamera Terbaru Di Pasaran


Selasa, 10 September 2019 • 22:57


Ilustrasi: Samsung Galaxy Note 10 Series

Ilustrasi: Samsung Galaxy Note 10 Series

Memiliki perangkat smartphone dengan fitur fotografi yang mumpuni kini sudah bisa dengan mudah didapatkan. Seperti diketahui, pasar ponsel tanah air seperti surga bagi para pecinta smartphone dengan bujet yang terbatas hingga penggila smartphone dengan dana yang tak terbatas. Ceruk pasar yang masih terbuka lebar dengan potensi pasar yang semakin meningkat dari tahun ketahun menjadi alasan khusus bagi para vendor smartphone untuk menghadirkan smartphone andalannya di pasaran.

Fitur fotografi pada perangkat smartphone masih menjadi primadona bagi para pecinta ponsel, kemudahan dalam penggunaan ditambah keseruan dalam berbagi ke sosial media menjadikan fitur fotografi pada perangkat smartphone tak bisa dilepaskan dari aktivitas pengguna sehari-hari. Tren perangkat smartphone saat ini sudah banyak didominasi oleh perangkat smartphone dengan 3 kamera utama di bagian belakang. Pilihannya pun sangat beragam, mulai dari harga jual 3 jutaan hingga smartphone dengn 3 kamera belakang yang memiliki banderol diatas belasan juta rupiah. Uniknya, perangkat smartphone dengan mengandalkan fitur fotografi ini memiliki jumlah peminat yang cukup banyak yang tentu saja memberikan angin segar bagi vendor smartphone untuk tetap terus memasarkan smartphone andalannya.

Saat ini perangkat smartphone yang membenamkan 3 kamera belakang sudah cukup banyak di pasaran. Selain variasi harga, smartphone 3 kamera belakang yang tersedia di pasaran juga menyediakan smartphone bergaransi resmi dan garansi tidak resmi alias garansi distributor. Yang menarik, Samsung mendominasi perangkat smartphone 3 kamera terbaru yang beredar di pasaran, selain itu, vendor lain yang juga menghadirkan smartphone 3 kamera terbarunya di pasaran diantaranya adalah Oppo, Xiaomi, dan vivo.

Apa saja smartphone 3 kamera yang sudah tersedia di pasaran? berikut daftarnya.


1. Samsung Galaxy Note 10+ 8GB/256GB

Rp 15.800.000

2. Samsung Galaxy Note 10 8GB/256GB

Rp 13.000.000

Smartphone premium terbaru Samsung ini memiliki banyak fitur andalan di dalamnya, salah satunya adalah fitur fotografi yang ditanamkan. Di Galaxy Note 10 Series ini, Samsung mengembangkan beragam fungsi baru terkait kamera yang dipersembahkan bagi para content creator. Menggabungkan teknologi dan software imaging, untuk mmeningkatkan pengalaman videografi mobile dan fotografi yang lebih maksimal.

Samsung Galaxy Note10 dan Note10 + sama-sama dilengkapi pengaturan triple kamera. Kamera utama dilengkapi sensor 12MP, optical image stabilization (OIS) dan bukaan ganda (f / 1.5 dan f / 2.4), kamera telefoto dengan sensor 12MP dan OIS,dan kamera ultra wide-angle 123 ° dengan resolusi 16MP. Samsung Galaxy Note10 +  dilengkapi sensor 3D ToF, yang digunakan oleh aplikasi 3D Scanner untuk membuat model 3D dari objek nyata (dapat memindai/ scanning objek sebesar 80 x 80 x 80 cm). Berbeda dengan Samsung Galaxy S10, duo Galaxy Note10 memiliki desain punch in-hole yang letaknya terpusat di bagian atas-tengah layar, untuk menempatkan kamera selfie 10MP (dengan lensa 80 ° dan fokus otomatis).


Baik Samsung Galaxy Note10 dan Note10 + dapat merekam video 4K dan menawarkan fitur-fitur seperti video Life Focus (bokeh) dan versi yang ditingkatkan dari fitur Super Stable (didukung oleh mode Hyperlapse). Kedua smartphone ini juga dilengkapi dengan editor video yang lebih canggih yang juga dapat memanfaatkan kemampuan S Pen untuk memilih dan memotong video dan gambar  dengan lebih mudah dan lebih cepat. Dan jika Anda ingin melakukan pengeditan video  yang lebih lengkap, Anda bisa mengunduh aplikasi gratis Adobe Premier Rush.

2. Samsung Galaxy A50S 4GB/64GB

Rp 4.099.000

Samsung Galaxy A50S 6GB/128GB

Rp 4.899.000

Smartphone suksesor Galaxy A50 yang telah beredar lama di pasaran ini hadir dengan tampilan desain yang ciamik. Tak hanya itu, Galaxy A50S juga mengandalkan fitur fotografi sebagai salah satu fitur yang diandalkan guna menarik minat konsumen. Samsung Galaxy A50s menghadirkan triple camera, yang memiliki konfigurasi kamera utama 48MP f/2.0 yang dipasangkan dengan modul kamera ultra-wide 5MP dan 8MP (123 derajat). Adapun kamera  selfie-nya telah ditingkatkan dari 25MP f/2.0 (yang hadir di Samsung Galaxy A50) ke resolusi 32MP f/2.0.

Samsung Galaxy A50s menampilkan layar  Infinity Super AMOLED 6,4 inci dengan resolusi 1,080x2,340 piksel.  Kinerja Galaxy A50s menggunakan processor octa core Exynos 9610 (10nm)  yang dipasangkan dengan opsi RAM  4GB dan 6GB, dan mendukung ekspansi penyimpanan memori melalui MicroSD.  Smartphone yang menjalankan OS Android v.9.0 Pie ini ditenagai oleh  baterai berkapasitas daya 4,000mAh dengan pengisian daya 15W. Fitur lainnya adalah pemindai sidik jari yang tertanam di bawah layar.

3. Samsung Galaxy A80

Rp 7.800.000

Membidik segmen anak muda yang selalu nge-LIVE menggunakan perangkat smartphonenya, Galaxy A80 tak hanya menghadirkan kamera putar sebagai nilai jual utamanya. Kamera putar yang tertanam juga sudah dibekali dengan beragam fitur premium di dalamnya. Tiga kamera canggih Samsung akan secara otomatis berputar dari bagian belakang smartphone ketika pengguna ingin mengaktifkan fitur front-camera. Dengan mekanisme putar dan resolusi kamera utama sebesar 48MP, pengguna bakal dimanjakan dengan dapat menghasilkan konten yang memiliki kualitas prima yang sama saat merekam objek di depan maupun objek diri sendiri.

Galaxy A80 juga dilengkapi dengan 3D Depth Camera yang kini menawarkan fitur Live Focus Video, sehingga konsumen bisa menambahkan efek bokeh ketika membuat video untuk mengabadikan momen favorit. Tertanam juga lensa ultra-wide  8MP F2.2 (123°) yang memberikan akses kepada pengguna untuk mengabadikan momen indah dengan sudut pandang yang lebih luas hingga 123 derajat. Untuk kegiatan LIVE yang lebih mulus dan berkualitas, di Galaxy A80 juga disematkan fitur Super Steady yang kini hadir pertama kali pada seri Galaxy A, membantu konsumen mengurangi guncangan pada saat merekam gambar maupun merekam pro level-action video.

Menemani 3 lensa kamera yang tertanam, Samsung juga menghadirkan fitur Scene Optimizer yang dapat mengidentifikasi elemen foto dan video hingga 30 scene/subyek dan mengoptimalkan scene/subyek tersebut untuk menghasilkan foto dengan warna yang lebih hidup dengan warna yang terang dan dinamis. Hadir pula fitur Flaw Detection secara otomatis akan memberikan notifikasi akan adanya potensi gangguan sebelum menangkap gambar untuk hasil foto dan video yang lebih epik. Menembah keseruan pengguna, Samsung juga menyematkan Mode video Super Steady membantu Anda menangkap konten dengan mudah dan mengurangi guncangan video untuk memastikan video yang halus dengan kualitas pro-level action.

4. Samsung Galaxy M30

Rp 3.200.000

Meskipun Samsung Galax M30 lebih memfokuskan pada daya tahan baterai yang dimilikinya, namun perangkat ini juga memiliki fitur andalan lain yakni 3 kamera belakang yang ditanamkan. Triple-camera belakang yang tertanam pada Galaxy M30 hadir dengan konfigurasi sensor primer 13 MP, sensor kedua 5 MP (depth sensor), dan sensor ketiga beresolusi 5 MP (ultra-wide sensor). Terlihat berdampingan dengan sensor kameranya, di panel belakang terdapat pula sensor sidik jari dari smartphone. Smartphone ini juga sudah dipersenjatai dengan kamera depan 16MP dengan bukaan f/2.0. Selain sebagai sarana untuk yang suka selfie, kamera depan juga bisa dimanfaatkan untuk fitur Face unlock.

Beralih ke spesifikasi lainnya, Galaxy M30 tertulis memiliki layar 6.4-inch Full HD+ berjenis Super AMOLED Infinity-U. Sang penopang kinerja smartphone dipercayakan kepada chipset octa-core Exynos 7904 ditandem dengan RAM 4GB/64GB. Sisi menarik lain yang juga disuguhkan Galaxy M30 datang dari sektor penyuplai daya. Yup, smartphone ini ternyata dibekali baterai 5000 mAh yang telah didukung dengan fast charging 15W.

5. vivo Z1 Pro

Rp 3.099.000

Tak jauh berbeda dengan Galaxy M30, vivo Z1 Pro juga memfokuskan pada daya tahan baterai serta kinerja sebagai fitur utamanya. Meski begitu, smartphone ini juga menawarkan fitur 3 kamera belakang sebagai nilai tambah guna menarik minat konsumen tanah air. AI Triple Rear Camera yang terdiri dari kamera utama bersensor 16MP, AI Super Wide-Angle 8MP, dan Depth Camera 2MP menjadi fitur salah satu fitur yang diandalkan vivo. Menemani 3 kamera belakang yang tertanam, vivo Z1 Pro juga sudah dibekali dengan kamera selfie 32 megapiksel AI Selfie Camera.

vivo Z1 Pro mengandalkan mobile platform Qualcomm Snapdragon 712 AIE, dengan desain 10nm dan memiliki peningkatan performa 25% dibanding generasi sebelumnya. Dengan kecepatan hingga 2.3GHz, ditambah ROM 64GB, dan RAM 4GB menjadikan vivo Z1 Pro sebagai peranti yang cukup nyaman untuk menjalankan beragam aplikasi.

Sejalan dengan tagline-nya "Powerful Inside", vivo Z1 Pro juga membuat aktivitas gaming semakin mantap dan seru. Smartphone yang dikemas Funtouch OS 9 ini dilengkapi dengan lima fitur vivo Multi-Turbo yakni Center Turbo, AI Turbo, Net Turbo, Cooling Turbo, dan Game Turbo. Pada Ultra Game Mode, juga tersedia serangkaian fitur untuk mendukung aktivitas game seperti Voice Changer, Sound Localization Training Center, Game Countdown, 4D Vibrations, Low Blue Ray Game Protection, dan Do Not Disturb Mode.

Vivo Z1 Pro telah dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, yang memiliki peningkatan daya tahan hingga 22% dibanding model 4.000mAh. Agar pengisian daya baterai cepat, vivo telah memasang teknologi 18W Dual-Engine Fast Charging. Baterai jumbo di vivo Z1 Pro juga dilengkapi dengan fasilitas Reverse Charging sehingga dapat digunakan layaknya power bank untuk mengisi daya di berbagai peranti digital lain seperti digital wristband, smartwatch, smartphone, atau music player.

Vivo Z1 Pro dengan dua pilihan warna Sonic Black dan Sonic Blue, juga mengusung layar baru 6.53' FHD+ Ultra O Screen dengan desain layar berlubang untuk menempatkan kamera depan 32MP AI Selfie Camera.

6. Xiaomi Mi 9T 6GB/64GB

Rp 4.500.000 (distributor)

Meski digadang-gadang bakal beredar resmi di pasaran, namun hingga saat ini smartphone terbaru Xiaomi ini sudah banyak beredar dengan kover garansi distributor. Alhasil, konsumen tak perlu menunggu lama untuk memiliki perangkat ini. Salah satu fitur andalan yang hadir pada perangkat ini adalah dukungan 3 kamera belakang dengan kamera utama yang memiliki resolusi 48 megapiksel. Sementara untuk kamera kedua yang tertanam di bagian belakang memiliki resolusi 13 megapiksel yang menghasilkan foto dengan sudut pandang yang luas (ultra-wide). Sedangkan kamera ketiga yang tertanam adalah 8 megapiksel untuk menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Tak hanya menawan dari sisi kamera belakang yang ditanamkan, smartphonei ini juga memiliki daya tarik pada sisi kamera selfie yang ditanamkan dimana smartphone ini mengadopsi teknologi pop-up kamera dengan resolusi 20 megapiksel. Untuk kinerjanya, smartphone ini mempercayakan Snapdragon 730 sebagai dapur pacu utamanya yang dikombinasikan dengan RAM 6GB dan memory internal 64GB. Asiknya lagi, smartphone ini juga sudah dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh yang dikombinasikan dengan fitur pengisian baterai cepat 18W.  

7. Xiaomi Mi A3 4GB/128GB

Rp 3.500.000 (distributor)

Xiaomi Mi A3 dikemas dengan triple-camera belakang dengan resolusi 48MP f/1.8 + 8 MP (ultra wide-angle 118 derajat), dan 2 MP (depth sensor). Kamera depan Xiaomi Mi A3 menawarkan resolusi 32MP yang mampu merekam video 1080p. Smartphone yang mengusung layar OLED berukuran 6.1 inci dengan resolusi 720 x 1560 piksel dan ditenagai oleh prosesor Snapdragon 665 dengan opsi RAM 4GB dan memory internal 128GB.

Selain itu, Xiaomi Mi A3 sudah tertanam baterai 4030 mAh atau meningkat dari 3000 mAh seperti yang dimiliki seri sebelumnya. Baterai pada Mi A3 sudah menduklung pengisian cepat 18 W.

 

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Hands On Samsung Galaxy A20s, Smartphone 2 Jutaan dengan Fitur 3 Kamera

Akhir Pekan Ini Ada 8 Smartphone Turun Harga

Bawa Fitur Keren nan Inovatif, Segini Harga Huawei Watch GT 2

2 Smartphone Premium Oppo Turun Harga, Kini Makin Terjangkau

Vivo Mulai Gelar Super Selling Day untuk Z1 Pro 6GB

Terpopuler Minggu Ini

Lulus Sertifikasi, Yuk Intip Spesifikasi Vivo V1934A

Sstt, Ini Jadwal Peluncuran dan Kisaran Harga realme XT di Indonesia

Hanya Dijual Online, Begini Tampang Advan G3 Pro

Andalkan Quad Camera 64MP, realme XT Siap Menggebrak Pasar Smartphone 3 Jutaan

Samsung Siapkan Galaxy Note10 Lite dan Galaxy S10 Versi Terjangkau

Terpopuler Bulan Ini

2 Smartphone Premium Oppo Turun Harga, Kini Makin Terjangkau

Akhir Pekan Ini Ada 8 Smartphone Turun Harga

Review Huawei Nova 5T: Ponsel KIRIN 980 Termurah

Dua Kartu Perdana Smartfren Resmi Hadir, Rp 60.000 Dapat Kuota Internet 60GB.

Bocor, Samsung Galaxy A91 Bakal Punya Spek Mentereng

Terpopuler

Makin Terjangkau, Ini Harga Baru Samsung Galaxy A50

Redmi K20 dan Redmi K20 Pro Resmi Diumumkan, Spek dan Harganya Bikin Pengen

Stok Melimpah, Harga Offline Redmi Note 7 Turun

Review Samsung Galaxy A70: Kasta Tertinggi Galaxy A

Ternyata Segini Harga dan Spesifikasi Oppo A5 2020