Adu Fitur realme 5s vs Redmi Note 8: Quad Camera 48MP Harga Miring


Minggu, 08 Desember 2019 • 12:51


Bisa dibilang kedua brand ini hadir dengan ‘misi’ yang sama. Pasalnya, baik realme maupun Redmi terkenal dengan smartphone besutannya yang berbanderol miring, tapi dari sisi spesifikasi tergolong mumpuni.

Seperti tergambar dari produk terbaru keduanya, yakni realme 5s dan Redmi Note 8. Kedua smartphone ini masuk ke segmen harga dan membidik segmen yang sama pula. Namun demikian, tentu saja banyak perbedaan yang ditawarkan oleh keduanya. Untuk mengetahui lebih banyak soal realme 5s dan Redmi Note 8, pada kesempatan kali ini PULSA akan membedah fitur yang ditawarkan oleh keduanya.


Desain

Tebar pesona kedua smartphone ini sudah terlihat dari sisi tampilan bodi. Untuk realme 5s, smartphone ini dikemas dengan bodi 3D dengan mengoptimalkan sudut yang melengkung dan membuatnya jadi terlihat ramping. Konstruksi fisiknya solid membuatnya terasa pas dan nyaman saat digenggam.

Sisi belakang realme 5s diracik dengan nuansa potongan berlian nan memukau. Untuk mendapatkan karakter desain dengan pola berlian yang lebih ‘mewah’ ini, realme menerapkan teknik yang lebih baru. Sebagai informasi, realme 5 memiliki dimensi bodi 164.4 x 75.6 x 9.3 mm dengan bobot sekitar 198 gram dan tersedia dengan varian warna Crystal Red dan Crystal Blue.


Pendekatan lain dilakukan Redmi di smartphone anyar Redmi Note 8. Smartphone ini mengadopasi desain S-curve yang membuat tampilan juga nampak mewah. Begitupun dengan konstruksi fisiknya yang solid dengan sapuan warna gradasi.



Secara keseluruhan Redmi Note 8 memiliki dimensi bodi 158,3 x 75,3 x 8,4 mm dengan bobot sekitar 190 gram. Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan Redmi Note 8, di antaranya Neptune Blue, Space Black, dan Moonlight White.

Baik, realme 5s maupun Redmi Note 8, sama-sama memiliki poni di atas layarnya. Realme 5s memiliki layar 6.5 inci dengan notch ala tetesan embun (dew-drop) yang sudah 30,9% lebih kecil dibanding pendahulu. Secara keseluruhan layar realme 5s memiliki rasio ke bodi mencapai 89%. Sementara Redmi Note 8 tampil dengan layar 6,3 inci dan memiliki notch ‘Dot Drop’ yang membentang di area muka dengan rasio ke bodi mencapai 90%.

Dari sisi desain, keduanya bisa dibilang sudah tampil maksimal untuk kelas harganya. Hanya saja, realme 5s yang mengemas panel belakang bernuansa potongan berlian membuat tampilannya cukup atraktif.


Display

Dari ukurannnya, layar kedua smartphone ini memiliki perbedaan yang sangat tipis, hanya sekitar 0,2 inci saja. Realme 5s sedikit lebih besar dengan 6.5 inci berbanding 5.3 inci milik Redmi Note 8. Keduanya mengusung teknologi layar yang sama, yakni IPS LCD. Namun, dari segi resolusi yang ditawarkan Redmi Note 8 nampaknya sedikit lebih baik, di mana sudah Full HD+ (1080 x 2340 piksel), sehingga kepadatan layarnya juga lebih tinggi, mencapai ~409 ppi. Adapun realme 5s, layarnya memiliki resolusi HD+ (720 x 1600 piksel) dan kepadatannya mencapai ~269 ppi.  

Sudah tampil kekinian, kedua smartphone sudah mengadopsi rasio memanjang, 20:9 untuk realme 5s dan 19,5:9 untuk Redmi Note 8. Sementara untuk proteksi, layar realme 5s dilapisi lapisan pelindung Gorilla Glass 3, sedangkan Redmi Note 8 mengusung Gorilla Glass 5. 

Kamera

Di sini menariknya, sama-sama dibanderol dengan harga miring, baik realme 5s maupun Redmi Note 8 sudah mengemas fitur quad-camera belakang. Konfigurasi yang ditawarkan juga sama, yakni 48 MP f/1.8 + 8 MP f/2.2 (ultrawide) + 2 MP f/2.4 (dedicated macro camera) + 2 MP f/2.4 (depth sensor).

Untuk selfie, keduanya juga menawarkan resolusi setara 13 MP dengan bukaan f/2.0, yang letak sensornya berada di notch pada layarnya.

Dengan komposisi kamera yang relatif sama, kemampuan yang ditawarkan keduanya pun bisa dibilang setara. Untuk ambil foto bokeh ataupun foto makro juga dimungkinkan oleh alat bidik yang  terdapat di kedua smartphone tersebut.

Bicara fitur, di antara yang menonjol ditawarkan oleh realme 5s adalah kemampuan Super Nightscape 2.0 dan Chroma Boost. Fitur-fitur ini, dikombinasikan dengan teknologi AI dan algoritma pemrosesan realme yang disetel dengan baik. Hal ini memungkinkan realme 5s menjadi perangkat yang memenuhi standar dunia mobile photography dan memungkinkan pengguna untuk mengambil foto yang luar biasa dalam berbagai adegan dan pengaturan dengan mudah.

Adapun Redmi Note 8 juga memiliki fitur bernama Night Mode yang umumnya ditemukan hanya pada perangkat flagship. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto HDR saat malam hari dengan jernih walau saat pencahayaan yang minimal.Fitur Night Mode dari Redmi Note 8 ini menggunakan kombinasi dari 1.6um superpixel, multi-exposure HDR, bukaan yang besar di f/1.8, dan kalibrasi otomatis berbasis AI. Mode Night Scene mengambil beberapa foto dari eksposur yang berbeda dan mengkombinasikan foto-foto tersebut menjadi satu foto yang terang dengan noise yang sangat sedikit.

Jadi, bila ditilik dari alat bidik momen yang ditawarkan, cukup mudah untuk mengatakan bahwa kedua smartphone sangat menarik di segmen harganya.

Hardware

Selain fitur kamera mumpuni, dari sisi performa realme 5s dan Redmi Note 8 disokong dengan spesifikasi hardware mapan, setidaknya untuk harga yang ditawarkan. Keduanya diketahui mengusung chipset yang sama, yaitu Qualcomm Snapdragon Snapdragon 665 AIE. Chipset ini dikembangkan dengan proses pabrikasi terbaik di kelas entry level, yakni 11nm dan hadir dengan konfigurasi prosesor Octa-core 4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver.

Untuk RAM dan memori internal, dengan harganya yang hanya Rp2.599.000 realme 5s menawarkan RAM 4GB dan memori internal 128GB. Sementara Redmi Note 8 datang dengan tiga varian, yang masing-masing ditawarkan dengan harga Rp 1.999.000 (3GB/32GB), Rp 2.199.000 (4GB/64GB), dan Rp 2.799.000 (6GB/128GB).

Baterai

Untuk mendukung kinerja perangkat secara keseluruhan, realme 5 disokong baterai berkapasitas 5000 mAh. Sehingga tidak berlebihan bila smartphone ini dikatakan sebagai salah satu yang terbesar di antara smartphone mid-to-low saat ini. Menariknya, lagi  realme juga menyertakan sistem manajemen sumber daya yang paling baru di perangkat ini, salah satunya dengan mengintegrasikan dengan kecerdasan buatan (AI). 

Adapun Redmi Note 8, didukung oleh baterai berkapasitas lebih kecil, yakni 4000 mAh. Hanya saja, baterai Redmi Note 8 sudah mendukung pengisian cepat 18W.

Kesimpulan

Membidik segmen yang sama, bisa dibilang kedua smartphone ini membawa kelebihannya masing-masing. Bila sebelumnya Redmi Note 8 atau mungkin smartphone dari brand lainnya cukup leluasa menggarap segmen pasar ini, kehadiran realme 5s sepertinya bisa sedikit mengusik eksistensinya. Adpun bagi konsumen, hal ini bisa menjadi angin segar, lantaran dengan merogoh kocek yang setara, setidaknya ada pilihan lain yang juga menarik dari realme. Tapi, tidak usah khawatir, karena pilihan tetap di tangan Anda, kok?  

 

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

realme X50 Pro 5G Dipastikan Meluncur pada 24 Februari

Siap Meluncur di Indonesia, realme C3 Jadi Smartphone dengan Helio G70 Pertama di Pasaran

Ini Dia Jajaran Lengkap Xiaomi Mi 10 Beserta Harganya

Begini Cara realme Mendorong Anak Muda Indonesia untuk Lebih Kreatif

realme C3 Siap Hadirkan Gebrakan Baru di Segmen Entry Level

Terpopuler Minggu Ini

Bocor! Begini Spesifikasi Lengkap Ponsel Nokia TA-1212

Siap Meluncur di Indonesia, realme C3 Jadi Smartphone dengan Helio G70 Pertama di Pasaran

Samsung Hadirkan Penawaran Menarik di Pre Order Galaxy S20 Series, Apa Saja?

Gandeng Rahasia Gadis, Hippo Hadirkan Powerbank Khusus Berkapasitas 10.000 mAh

Samsung Siapkan Versi Murah Galaxy A70, Begini Penampakan dan Spesifikasinya

Terpopuler Bulan Ini

5 Smartphone Sejutaan Dengan Baterai Jumbo Paling Kekinian

Resmi Dirilis! realme C3 Gunakan Helio G70, Dibanderol Rp.1 Jutaan

Bye-bye Blackberry, Penjualan Smartphone-nya Resmi Berakhir Agustus Mendatang (update)

Resmi Meluncur, Samsung Galaxy A01 Usung Snapdragon 439 Plus Harga Terjangkau

Jadi Seri A Terbaru, Apa Saja Keunggulan OPPO A31?

Terpopuler

Cek di Sini Apakah Merek Smartphone Anda Termasuk yang Siap Update Android 10 Tahun Ini

Jelang Akhir Tahun, 7 Smartphone Ini Turun Harga

Ternyata Segini Harga dan Spesifikasi Oppo A5 2020

Murah Nih! Vivo Y11 (2019) Punya Baterai 5.000 mAh Dibanderol Rp1 Jutaan

Waspada! Ini Resiko Membeli Smartphone Android Murahan