Rekomendasi Smartphone Rp1 jutaan: 8 Fitur Menarik Redmi 8A


Selasa, 25 Februari 2020 • 14:11


Redmi 8A

Redmi 8A

Redmi 8A merupakan varian termurah dari seri Redmi 8. Meski demikian, smartphone ini punya sederet fitur unggulan di kelasnya. Sampai saat ini kami masih merekomendasikan Redmi 8A sebagai smartphone yang layak Anda dapatkan untuk kelas Rp1 jutaan.


Ada beberapa pertimbangan yang bisa menjadikan smartphone ini sebagai daily driver atau smartphone yang digunakan sehari-hari untuk berbagai keperluan. Setidaknya ada 8 poin penting yang bisa kami sampaikan untuk menjadikan Redmi 8A sebagai ponsel idaman.

1. Model kekinian 

Dibanding model pendahulunya, tampilan Redmi 8A jelas lebih kece. Misalnya saja di bagian layar yang tampil lebih lega. Ini karena Redmi 8A memiliki bezel yang lebih tipis di bagian atas dan belakang dan terdapat notch kecil di bagian atas untuk menampung kamera depan. Model seperti ini kebanyakan diusung oleh smartphone kelas menengah.


tampak depan Redmi 8A

tampak depan Redmi 8A

Sementara di bagian belakang Redmi 8A tampil keren dan elegan. Dengan desain unibody berbalut warna nan cantik plus finishing matte, menghasilkan kesan premium yang kuat meski statusnya perangkat kelas pemula. Anda bisa melnemukan kamera dan lampu LED Flash yang disusun sejajar vertikal di tengah, bukan berada di pinggir sehingga memberi nuansa keseimbangan simetrik dan sentris.

2. Layar Lebih lega

Salah-satu kemajuan yang signifikan dibanding dengan pendahukunya ada di bagian layar. Ukuran layar Redmi 8A lebih luas dengan 6,22 inci ketimbang layar Redmi 7A yang masih berukuran 5,45 inci saja. Selain itu, layar milkih Redmi 8A juga lebih tajam dengan resolusi 720x1520 piksel. Juga, layar Redmi 8A kini mengunakan aspek rasio 19:9 bukan lagi 18:9.

Menariknya, Redmi 8A ini sudah menggunakan pelindung layar Gorilla Glass 5.0. Ini patut diapresiasi karena biasanya pelingdung layar jenis ini hanya terdapat di smartphone kelas menengah-atas. Tingkat kecerahan layar Redmi 8A ini juga termasuk yang terbaik di kelasnya dengan 400 nits.


3. Kinerja ditopang dengan chipset Snapdragon

Kinerja Redmi 8A ditunjang oleh chipset besutan Qualcomm yang sudah terkenal keandalannya yakni Snapdragon 439. Dengan 8x ARM Cortex A53 Octa-core CPU tentu akan sanggup melaju memproses data hingga kecepatan 2.0 GHz. Pengolah grafis atau mengandalkan Adreno 505 12nm FinFET process. Untuk bermian game-game popular dan mengerjakan berbagai tugas tak akan terkendala sebab Redmi 8A juga menyertakan RAM/ROM 2/32 GB dan Anda bisa menambahkan kapasitas penyimpanan dengan microSD hingga 512 GB.

4. Baterai besar

Baterai Redmi 8A memiliki kapasitas 5000 mAh termasuk yang terbesar untuk kelas Rp1 jutaan. Dengan kapasitas besar itu Redmi 8A sanggup menemani Anda hingga 3 hari untuk penggunaan normal. Anda bisa menikmati berbagai fitur di dalamnya tanpa harus takut kehabisan daya.

5. Mendukung fast charging

Kapasitas baterai yang besar akan membutuhkan waktu pengisian daya kembali yang lebih lama. Namun demikian, dengan dukungan fast charging 18W, Redmi 8A bisa diisi penuh hanya dengan 2,2 jam saja. Anda bisa mendapatkan perangkat fast charging 18W secara terisah, meskipun charger bawaan Redmi 8A sudah cukup mumpuni dengan 10W.

6. Konektor USB Type-C

Konektor charger USB type-C memang bukan barang baru tapi tipe ini belum banyak diadopsi smartphone kelas pemula atau entry level. Nah, Redmi 8A sudah menggunakan konetor tipe ini. Keuntungannya adalah, Anda tak perlu takut lagi terbalik ketika menancapkan kabel charger ke perangkat.

7. Kamera yang mumpuni

Kamera uedmi 8A

Kamera uedmi 8A

Sektor fotografi menjadi bagian pentingyang tak terpisahkan dari Redmi 8A. Meski masih mengusung kamera utama 12MP, tapi kali ini sensor yang digunakan jelas lebih baik. Misalnya saja, aperture atau bukaan yang lebih dari dari f/2.2 yang ada pada Redmi 7A sekarang Redmi 8A memiliki bukaan F/1.8. Itu artinya, kamera tersebut bakal lebih baik untuk menangkap gambar pada kondisi lingkungan yang kurang cahaya.

Selain tiu, ukuran pikselnya pun lebih besar dengan 1.4 mikron. Dengan begitu, kamera Redmi 8A bakal lebih mampu menyerap cahaya untuk mendukung fotografi lebih berkelas. Untuk kemarea depan, ada peningkatan dari 5 MP menjadi 8 MP. Baik kamera depan dan belakang, sudah dilengkapi dengan teknologi AI. Untuk kamera depan, fungsi AI akan membantu Anda mendapatkan gambar selfie yang lebih menarik.  Selain itu, AI di kamera depan mendukung fitur face unlock yakni pengunci perangkat dengan pengenal wajah.

Sementara Ai di kamera belakang dapat mengenali objek/subjek foto dengan de mikian perangkat akan menyesuaikan pengaturan kamera sesuai dengan objek/subjek yang dikenalinya agar hasil foto lebih maksimal.

8. Garansi resmi 2 tahun

Kelebihan lain yang ditawarkan Xiaomi Indonesia untuk Redmi 8A adalah dukungan layanan purna jual berupa garansi hingga 24 bulan atau 2 tahun. Ini sekaligus membuktikan bahwa kualitas Redmi 8A memiliki daya tahan yang luar biasa dan layanan bergaransi 24 bulan ini masih jarang ditemukan oleh produk lainnya.

Harga resmi Redmi 8A di Indonesia  saat ini dibanderol Rp1.299.000 dan sudah pasti menarik untuk dimiliki. (*)

 

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Xiaomi Indonesia Luncurkan Mi TV 4, Mi Air Purifier 2H, dan Redmi 8A Pro via Online

Redmi Note 9S Resmi Meluncur Secara Global, Dibanderol Mulai Rp4 Jutaan

Cakep! Redmi Kembangkan Pemindai Sidik Jari Bawah Layar LCD Bukan OLED

Ini Tanda-tanda Redmi K30 Pro Segera Diumumkan

Resmi Dirilis! Motorola Moto G Stylus dan G8 Power Bidik Segmen Menengah

Terpopuler Minggu Ini

Smartphone 5G Terbaru vivo Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harga Jualnya

Beredar Bocoran 14 Produk Xiaomi yang Bakal Diluncurkan di Q3 2020

Siap Edar, Samsung Galaxy Tab S6 Lite Dibanderol dengan Harga Mulai Rp7,2 Jutaan

Erajaya Gelar Diskon Besar-besaran di Eraspacetival

Spek Lengkap Oppo Reno Ace 2 Bocor

Terpopuler Bulan Ini

Smartphone 5G Terbaru vivo Resmi Meluncur, Ini Spesifikasi dan Harga Jualnya

Siap Edar, Samsung Galaxy Tab S6 Lite Dibanderol dengan Harga Mulai Rp7,2 Jutaan

Erajaya Gelar Diskon Besar-besaran di Eraspacetival

Xiaomi Indonesia Luncurkan Mi TV 4, Mi Air Purifier 2H, dan Redmi 8A Pro via Online

Honor Gelar Program Diskon untuk Berbagai Produk

Terpopuler

Cek di Sini Apakah Merek Smartphone Anda Termasuk yang Siap Update Android 10 Tahun Ini

Jelang Akhir Tahun, 7 Smartphone Ini Turun Harga

Murah Nih! Vivo Y11 (2019) Punya Baterai 5.000 mAh Dibanderol Rp1 Jutaan

Spesifikasi Lengkap dan Harga Xiaomi Mi Note 10 dan MI Note 10 Pro

Waspada! Ini Resiko Membeli Smartphone Android Murahan