5 Alasan Pintar Beralih Ke Smart TV


Minggu, 03 Mei 2020 • 20:53


Smart TV dari Xiaomi

Smart TV dari Xiaomi

Istilah “Smart TV” atau “televisi pintar” semakin populer dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini dikarenakan Smart TV memiliki beragam fitur inovatif yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dalam menikmati konten hiburan maupun untuk mendukung pekerjaan, termasuk saat ini ketika lebih banyak kegiatan dilakukan dari dalam rumah.


Produk smart TV Xiaomi misalnya, mencatat pengiriman global hingga 12,8 juta unit pada Desember 2019, naik 51,9% dari tahun ke tahun. Di Indonesia sendiri, menurut laporan Nielsen Media (Indonesia) yang dirilis Maret 2020,  terdapat peningkatan akses internet melalui smart TV sebanyak 17% pada 2019 dari hanya 7% pada 2017.

Untuk semakin memahami keunggulan smart TV, Xiaomi Indonesia telah merangkum lima hal yang akan membuat Anda jatuh cinta dan ingin beralih ke perangkat pintar ini.

1. Memungkinkan streaming film, serial, dan musik favorit secara instan


Berbeda dari televisi biasa, smart TV meningkatkan kemampuan televisi konvensional dengan akses terhadap internet. Hal ini memungkinkan Anda untuk menjelajahi berbagai konten melalui browser maupun layanan penyedia konten streaming berupa video dan audio, seperti YouTube, Netflix, dan Spotify.

Namun, tidak semua smart TV dapat digunakan untuk mengakses Netflix. Salah satu Smart TV dengan harga terjangkau dan sudah tersertifikasi Netflix adalah Mi TV 4. Smart TV yang baru diluncurkan Xiaomi di Indonesia ini mendukung untuk memutar konten Netflix dengan resolusi 4K HDR, yang tidak banyak ditemui pada produk smart TV lainnya. Tak sampai di situ, keistimewaan dari Mi TV 4 juga ada pada antarmuka PatchWall 3.0 milik Xiaomi yang menyatukan beragam mitra penyedia konten seperti Netflix, Vidio, CATCHPLAY+, dan iFlix, menghasilkan lebih dari 700.000 jam tayangan konten hiburan.

2. Mengunduh aplikasi layaknya smartphone

Layaknya smartphone, Anda juga dapat menambah aplikasi pada Smart TV Anda dengan mengunduhnya dari layanan distribusi konten yang tersedia. Dengan begitu, Anda dapat memiliki lebih banyak lagi pilihan untuk menikmati konten, bermain game, hingga mengakses layanan-layanan lainnya.

Jenis layanan distribusi konten ini amat bergantung dengan sistem operasi yang digunakan oleh smart TV tersebut. Salah satu sistem operasi paling populer yang ada di smart TV adalah Android TVTM dengan layanan Google Play Store. Smart TV yang menggunakan OS Android biasa disebut juga sebagai Android TV.

3. Menampilkan layar smartphone ke smart TV tanpa kabel dengan Screen Mirroring


Salah satu keunggulan lain yang dimiliki oleh beberapa produk smart TV adalah kemampuan untuk menghubungkan tampilan layar smartphone ke layar TV secara nirkabel. Dengan kemampuan tersebut, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di smartphone dengan layar yang lebih besar.

Salah satu smart TV yang memiliki kemampuan screen mirroring adalah Mi TV 4. Dengan fitur Chromecast-built in yang dibawanya, Mi TV 4 menjadi smart TV yang mendukung kebutuhan hiburan maupun pekerjaan. Selain itu, Mi TV 4 juga memiliki fitur konektivitas lainnya seperti Bluetooth 4.2 yang dapat menghubungkan speaker nirkabel, headphone, atau perangkat lain seperti pengontrol game, mouse, dan keyboard. 

Selain opsi nirkabel, Mi TV 4 juga dilengkapi dengan 3 port HDMI (termasuk 1 port ARC), 2 port USB (2.0) dan port Ethernet.

4. Penggunaan yang lebih mudah dengan perintah suara

Smart TV dibuat untuk memberikan kenyamanan lebih bagi pengguna dibandingkan televisi biasa. Pastikan Anda memilih smart TV yang dapat menerima perintah suara melalui Google Assistant. Dengan fitur tersebut, Anda bisa mencari konten dengan mudah tanpa harus mengetik.

5. Menawarkan desain yang lebih elegan

Secara umum smart TV menawarkan desain yang lebih menawan dibandingkan televisi pada umumnya. Anda tidak perlu bingung untuk menyelaraskan desain interior rumah dengan memilih smart TV karena layarnya yang tipis dan elegan akan mudah menyatu dengan ruangan Anda, bahkan pada hunian minimalis. Salah satu smart TV yang menawarkan ukuran bezel (frame luar) yang sangat tipis adalah Xiaomi Mi TV 4, yaitu 11 mm. Dengan bezel yang tipis, Anda dapat memiliki pengalaman menikmati konten yang lebih imersif. (*)

 

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Mengintip Jeroan POCO F2 Pro, Apa Saja yang Menarik?

Ini Peningkatan Baru MIUI 12 yang Perlu Diketahui Mi Fans

Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic S Mulai Tersedia di Pasaran

Redmi 9 Resmi Hadir di Indonesia, Ini Harga dan Fitur Unggulannya

Ini Dia 4 Gebrakan Baru Xiaomi di Indonesia

Terpopuler Minggu Ini

Huawei Hadirkan MatePad T8 di Indonesia

ANKER Luncurkan Powerbank Kelas Menengah PowerCore Select 10000

Indosat Ooredoo dan NetFoundry Hadirkan Network-as-a-Service (NaaS)

Zoho Workplace Suite Catat 15 Juta Pengguna Aktif di Seluruh Dunia

Avenger Hingga Warkop DKI: Disney+ Hotstar Hadir 5 September

Terpopuler Bulan Ini

4 Smartphone Baru Resmi Hadir di Pasar Global

XL Pascabayar Sediakan Kuota Hingga 300GB, Harga Mulai Rp 105 Ribu

Galaxy M21, Sobat Anti Mati Gaya Selama New Normal

Review Samsung Galaxy A01 Core: Smartphone Pemula, Baterai Tahan Lama

Ini yang Bikin Nge-game di HUAWEI Nova 7 Jadi Lebih Seru

Terpopuler

Review: 9 Alasan untuk Meminang Sang Jawara Redmi Note 9 Pro

Resmi Dipasarkan, Begini Ketangguhan 2 Laptop Gaming Terbaru Acer

Smartphone Sejutaan dengan Baterai 5000 mAh, Paling Cocok untuk Ojek Online

2 Smartphone Jagoan Xiaomi Resmi Meluncur, Begini Spesifikasi Serta Harga Jualnya

Redmi 10X 4G, Redmi 10X 5G dan Redmi 10X Pro Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasinya