Adu Fitur realme Buds Q vs Xiaomi Redmi Airdots


Jum'at, 03 Juli 2020 • 09:21


Perangkat TWS (True Wireless Stereo) atau earset Bluetooth yang benar-benar tidak terhubung dengan kabel, baik antara earset dengan perangkat sumber suara seperti smartphone maupun antara driver kanan dan kiri earset tersebut, kini sudah dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Mereka yang ingin menjajal tipe earset seperti ini dan kebetulan memiliki dana yang mepet, akan menemukan dengan mudah beberapa produk di pasaran. Tapi bagaimana dengan kualitasnya? Dari hasil ubek-ubek toko online dan kebetulan beberapa hari lalu ada tambahan produk tws anyar di pasaran, rasanya tidak salah kalau kita mempertimbangkan dua TWS berikut.


Adalah Redmi Airdots dari Xiaomi dan realme Buds Q, yang memiliki desain serupa tapi tak sama, juga harga yang relatif terjangkau karena saat tulisan ini dibuat, sama-sama dijual dalam kisaran 300 ribuan Rupiah saja.

Oke, sebelum Anda bingung. Redmi Airdots dirilis secara resmi oleh Xiaomi Indonesia dengan nama yang agak panjang, yaitu Mi True Wireless Earbuds Basic. Produk ini dirilis bersama Redmi Note 8 dan 8A. Jadi jarak rilisnya dengan Buds Q cukup jauh, yakni sekitar 6 bulanan (di Indonesia).

Bagaimana kira-kira perbedaannya saat ini? Kami akan mencoba membandingkannya berdasarkan fitur kedua produk ini.


Desain IEM, Sama-sama Mungil

Berbeda dengan TWS-TWS yang kebanyakan menggunakan desain ala airpodnya Apple, dua TWS yang kita hadirkan dalam meja Adu Fitur ini memiliki desain mungil, tanpa ada bagian batang yang menjuntai keluar. Di mana earpiece hanya terdiri dari bagian driver dan suara dihantarkan ke dalam telinga melalui sebuah bagian tabung yang menjorok ke dalam, dilindungi oleh eartips berbahan karet.

Dengan demikian, ada dua hal yang menjadi perhatian utama para penggunanya. Disamping kualitas audio, desain seperti ini akan dipilih ketika ia memiliki bentuk earpiece yang nyaman digunakan dan peletakkan mic untuk bercakap yang bagaimanapun harus sedikit lebih jauh dari TWS berbentuk batang.

Dari sisi bentuk, keduanya memberikan kenyamanan yang sama, dengan estetika yang dipertahankan. Ringan, namun harus sedikit berhati-hati jangan sampai bergerak terlalu ekstrim kalau tidak ingin terlepas dari telinga. Demikian juga di sisi material, keduanya seperti menawarkan kualitas plastik yang setara. Di mana realme Buds Q membawa tekstur yang apik dan bobot per buds yang lebih ringan, hanya 3.6 gram saja. Dibandingkan Mi True Wireless Earbud Basic atau Remi Airdots yang memiliki bobot 4,1 gram.

Jika Anda peduli dengan tampilan, realme Buds Q juga menawarkan lebih banyak pilihan warna. Ada tiga warna yang berbeda yang bisa kita pilih, yakni hitam, kuning dan putih.

Chipset dan Kontrol


Baik realme Buds Q maupun Xiaomi Redmi Airdots sama-sama membawa chipset yang menarik untuk dibahas. Xiaomi yang hadir hampir setahun lebih awal dari Buds Q membawa chipset yang relatif lawas. Yakni Realtek RTL8763. Chipset ini menawarkan koneksi Bluetooth 5.0 yang mendukung protokol Bluetooth HFP, A2DP, HSP dan AVRCP. Sementara realme membawa chipset R1Q yang dipercaya merupakan hasil tweak salah satu chipset TWS populer yang menawarkan lebih banyak fitur.

Salah satu yang krusial adalah latency rendah. Realme Buds Q dengan R1Q nya menawarkan latency rendah untuk digunakan bermain game. Bukan membawa codec Aptx milik Qualcomm, tapi AAC dengan lantency rendah mencapai 119ms. Saat kami coba memainkan game PUBG Mobile baik di smartphone realme maupun di tablet Apple, performanya memuaskan.

Dalam hal menjaga koneksi, keduanya menawarkan kemampuan yang stabil, dengan jarak maksimal Bluetooth hingga jarak 10m. termasuk di sisi pairing yang sama-sama instan. Dengan proses yang relatif sama.

Beralih ke sisi kontrol, keduanya menggunakan bagian yang dapat di sentuh alias touchpad di kedua earpice. Areanya sendiri tidak bisa dibilang luas, namun cukup mudah untuk ditemukan, karena sama-sama berada di permukaan luar earpiece dan berada di tengah-tengah.

Kembali di sisi ini, realme Buds Q menawarkan akses yang lebih baik. Ketika Xiaomi Redmi Airbuds hanya memberikan 4 pilihan kontrol: yakni untuk tutup/telepon, play/stop musik, tolak telepon dan asisten suara, tombol sentuh di realme Buds Q bisa digunakan untuk beragam fungsi tambahan, termasuk mengubah ke mode gaming, dan memindahkan lagu ke daftar lagu berikutnya (dalam fungsi musik), dan fungsi-fungsi ini bisa diatur lebih lanjut menggunakan aplikasi yang terdedikasi, yaitu realme Link.

Kualitas Suara

Redmi Airdots membawa driver berukuran 7.2 mm dengan sebuah DSP (digital Signal Processor) yang sejatinya menawarkan noise cancelation. Sementara untuk Buds Q driver lebih besar berukuran 10mm dengan bahan komposit yang mendukung getaran suara gar tetap tertampil apik.

Artinya, untuk mendengarkan musik keduanya bisa jadi memuaskan kebutuhan Anda ketika membeli produk-produk ini. Di mana Redmi Airdots menawarkan suara yang lebih ke middle, tetap menampilkan bass, dan suara tinggi dengan baik.  Tapi berkat driver yang lebih besar dan Dynamic Bass Boost nya, Buds Q mampu menampilkan frekuensi rendah dengan lebih baik, tanpa mengurangi kualitas suara di frekuensi lain. 

Anda yang lebih suka bass dipastikan akan menyukai karakter suara yang dihasilkan Buds Q, namun sebaliknya, jika Anda tidak terlalu suka Bass, maka Redmi Airdots bisa jadi yang Anda cari. 

Untuk Noise cancelation yang ditawarkan, dengan memastikan kita menggunakan eartips yang sesuai dengan bentuk dan ukuran rongga telinga, kedua TWS ini sudah mampu melakukan noise cancelation secara pasif. Ketika dibandingkan keduanya tidak terlalu memberikan perbedaan yang signifikan.

Daya Tahan Baterai

Nah sekarang kita masuk ke bagian yang kadang menjadi krusial, terutama ketika kita membutuhkan TWS untuk menemani sepanjang perjalanan. Kedua TWS ini menyediakan daya tahan baterai yang relatif sama.

Buds Q, seperti yang telah ditulisan pada review kami di sini (link), membawa baterai di masing-masing earpice dengan kapasitas 40 mAh dengan kapasitas baterai di casingnmya 400 mAh. Menawarkan 20 jam pengalaman mendengarkan musik secara total. Dimana dalam sekali charge, earpice bisa bertahan selama 4,5 jam untuk mendengarkan musik, atau 6 jam untuk menonton film, sampai kembali masuk ke casingnya untuk dicharge kembali.

Redmi Airdots juga sama membawa kapasitas baterai 40 mAh di tiap earpice, namun kapasitas baterai pada casingnya hanya 300 mAh. Xiaomi sendiri memperkirakan setiap earbuds akan bertahan hingga 4 jam dalam sekali charging. Dengan total penggunaan (bersama casing) di angka 12 jam penggunaan.

Dari uraian ini, kita bisa menyimpulkan bahwa penggunaan daya di Buds Q lebih efektif, juga perbedaan kapasitas baterai pada casing mampu memberikan perbedaan yang cukup signifikan.

Harga:

Xiaomi Mi True Wireless Earbuds Basic (Redmi Airdots)= Rp 299.000

Realme Buds Q: Rp 399.000

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Samsung Resmi Luncurkan 5 Perangkat Galaxy Baru

Meluncur 6 Agustus, Ini Spesifikasi Lengkap Reno4 dan OPPO Watch

Sony Hadirkan Headphone Truly Wireless Terbaru, WF-XB700

Ini yang Bikin Nge-game di HUAWEI Nova 7 Jadi Lebih Seru

Galaxy M21, Sobat Anti Mati Gaya Selama New Normal

Terpopuler Minggu Ini

Huawei Hadirkan MatePad T8 di Indonesia

ANKER Luncurkan Powerbank Kelas Menengah PowerCore Select 10000

Indosat Ooredoo dan NetFoundry Hadirkan Network-as-a-Service (NaaS)

Zoho Workplace Suite Catat 15 Juta Pengguna Aktif di Seluruh Dunia

Avenger Hingga Warkop DKI: Disney+ Hotstar Hadir 5 September

Terpopuler Bulan Ini

4 Smartphone Baru Resmi Hadir di Pasar Global

XL Pascabayar Sediakan Kuota Hingga 300GB, Harga Mulai Rp 105 Ribu

Galaxy M21, Sobat Anti Mati Gaya Selama New Normal

Review Samsung Galaxy A01 Core: Smartphone Pemula, Baterai Tahan Lama

Ini yang Bikin Nge-game di HUAWEI Nova 7 Jadi Lebih Seru

Terpopuler

Review: 9 Alasan untuk Meminang Sang Jawara Redmi Note 9 Pro

Resmi Dipasarkan, Begini Ketangguhan 2 Laptop Gaming Terbaru Acer

Smartphone Sejutaan dengan Baterai 5000 mAh, Paling Cocok untuk Ojek Online

2 Smartphone Jagoan Xiaomi Resmi Meluncur, Begini Spesifikasi Serta Harga Jualnya

Redmi 10X 4G, Redmi 10X 5G dan Redmi 10X Pro Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasinya