Review HTC HD7


Kamis, 28 April 2011 • 11:22


 

PULSA akhirnya berkesempatan mencoba salah satu dari ponsel pertama yang menggunakan  sistem operasi teranyar Microsoft, Windows Phone 7. Di edisi ini kami akan berbagi pengalaman menggunakan smartphone asal Taiwan HTC HD7.


Desain

Massive, begitulah kata pertama yang terpintas di benak ketika pertama kali melihat smartphone ini. Memang salah satu ponsel pertama yang mengusung Windows Phone 7 ini memiliki ukuran diatas rata-rata ponsel kebanyakan. Bayangkan saja dimensi seukuran 122 x 68 x 11.2 mm membuatnya terlihat bongsor bahkan saat digenggam oleh tangan berukuran besar.

Bagian depan didominasi display ditambah tiga tombol kapasitif yang dibalut kaca anti gores gorilla glass.  Dibalik kebagian belakang kita dapat melihat kamera yang diapit oleh dual-LED flash dan speaker. Di area yang sama juga terdapat kickstand berbahan logam yang cukup berguna untuk menikmati file berupa gambar dan video dalam orientasi landscape. Bagian ini sebagian besar terbuat dari bahan plastik yang flexible dan relatif tipis.




 

Sementara bahan metal mengelilingi bagian samping HD7, terdapat dua tombol volume dan camera shutter dibagian kanan ponsel. Bagian atas dieklusifkan hanya bagi tombol power, dan dibagian bawah kita akan menemukan port audio 3.5mm, mini USB dan lubang mic.


Ada hal yang sedikit mengganggu dalam hal desain, yaitu semacam selokan kecil diatas dan bawah display (dalam orientasi portrait). Menurut pengamatan PULSA, bagian ini akan rentan sekali menumpuk debu dan akan cukup sulit dibersihkan.

Tapi secara keseluruhan HD7 tampil berkelas dan sangat nyaman digengam berkat desainnya yang ergonomis khas HTC.

Hardware

Beralih ke perangkat keras. Beberapa hal yang menjadi perhatian PULSA adalah processor yang menjadi otak dari smartphone ini masih menggunakan Qualcomm Snapdragon QSD8250 1GHz. Bagi anda yang belum mengetahui, prosesor yang sama juga tertanam dalam HTC HD2, smartphone berbasis Windows Mobile 6.5, pendahulu HD7 yang sudah dipasarkan sejak setahun yang lalu. Meski begitu, kinerja dari prosesor ini masih terbilang mumpuni untuk mengakomodir WP7.

Disamping prosesor, yang juga penting adalah baterai. Dan sepertinya HTC mengesampingkan hal ini. Tengok saja baterai HD7 yang hanya berkapasitas 1230mAh, terbilang kecil untuk menyuplai daya ponsel sekelas smartphone yang tentunya kinerjanya diatas ponsel biasa. Apalagi baterai ini harus mendukung performa prosesor dan layar yang berukuran besar. Alhasil HD7 harus dicharge hampir setiap hari pada pemakaian standar.

Display & Interface

Ukurannya yang besar tidak langsung menjadi kekurangan HD7, apalagi sebagian besar bagian depan didedikasikan untuk layar sentuh berbasis LCD capasitive seluas 4.3 inchi yang tentu saja akan memanjakan mata dan jari anda. Coba bandingkan dengan iPhone 4 yang hanya memiliki display sebesar 3,5 inchi.

Kemampuan display beresolusi 480x800 pixel ini dalam menanggapi input sentuhan juga terbilang baik. Swipe (gerakan mengelus layar), double tap (dua sentuhan berurutan), dan pinch zooming (zoom dengan gerakan seperti mencubit) terasa responsif dan lancar. Hanya saja terkadang ada tombol virtual yang tidak menanggapi sentuhan, hal ini kemungkinan besar disebabkan bug yang terdapat pada sistem operasi Windows Phone 7. Hal ini bisa dimaklumi mengingat sistem operasi  ini bisa dibilang “barang baru karena mengalami perubahan besar besaran dibanding pendahulunya.

 

Tampilan antar muka pada WP7 ini bisa digambarkan dengan kata simple dan user-friendly. Ada dua tampilan utama pada sistem operasi anyar ini yaitu start screendan application list.

Start screen adalah tampilan paling awal ketika anda menghidupkan atau menswipe lock screen pada Windows Phone 7. Fitur ini memudahkan anda mempersonalisasi smartphone sesuai dengan kebutuhan. Kita bisa mem-pin (istilah yang digunakan Windows untuk membuat semacam shortcut pada start screen) apapun sesuai keinginan, mulai dari kontak yang anda anggap penting, aplikasi yang sering digunakan, hingga file yang sering anda akses.

Kamera

Interface kamera HD7 sangat sederhana, PULSA hanya menemukan viewfinder dan beberapa kontrol disebelah kanan. Masing masing adalah switch kamera photo dan video, tombol zoom virtual dan setting. Masuk ke setting kita bisa melakukan pengaturan scenes, efek, resolusi  dan lain sebagainya.

Digunakan memotret di dalam ruangan, kamera 5MP ini memberikan hasil yang lumayan baik, warna yang dihasilkan sudah sesuai warna asli objek. Sedang untuk penggunaan di luar ruangan, hasil dari kamera HD7 relatif memuaskan. Satu catatan yang menjadi kekurangan kamera pada HD7 adalah meski dilengkapi dengan fitur auto-focus seringkali sensor kamera tidak tepat dalam menentukan area focus yang diinginkan sehingga hasil foto sering kali agak blur.

 

Kamera pada HD7 juga mampu merekam gambar bergerak dalam resolusi maksimal HD 720P. Interface kamera ketika di switch ke mode perekam pun identik dengan mode kamera foto. Kualitas video yang diproduksi  cukup memuaskan pada kondisi pencahayaan cukup, akan tetapi masih banyak noise ketika kondisi pencahayaannya minim.

Internet & Konektifitas

Seperti halnya semua smartphone berbasis Windows Phone 7, untuk keperluan berselancar di dunia maya HTC HD7 juga mengandalkan mobile Internet Explorer. Meskipun pada versi desktop program ini mengecewakan, browser buatan Microsoft ini relatif memuaskan di versi mobilenya. Apalagi didukung perangkat keras yang berjalan pada jalur HSDPA seperti smartphone ini.

Browser ini pun sudah mendukung multitab browsing, dan ketika dicoba membuka beberapa halaman bersamaan performa browser ini pun relatif stabil.  Dan yang paling menyenangkan dari ber-internet menggunakan smartphone ini tentu saja karena ukuran layarnya yang luas, sehingga membuat tampilan web sangat bersahabat dengan mata terutama bagi anda yang gemar membaca artikel di internet.

Untuk urusan konektifitas HD7 menyediakan beberapa sarana yaitu Bluetooth, wi-fi, dan kabel data. Dan meskipun dilengkapi dengan kabel data USB jangan berpikir smartphone ini akan mudah untuk melakukan transfer data dengan desktop. Karena HD7 tidak akan terdeteksi sebagai media penyimpanan massa (mass storage) seperti kebanyakan ponsel lain saat dihubungkan ke komputer. Lalu bagaimana untuk memindahkan data dari dan menuju komputer? Anda membutuhkan Zune software untuk melakukannya. Masalah tidak sampai disitu, bagi anda pengguna Windows XP SP2 kebawah bersiaplah kecewa, karena Zune software hanya dapat diinstal pada desktop yang berjalan pada Windows XP SP3 atau yang lebih baru. Cukup rumit dan mengecewakan mengingat Windows dan Windows Phone berasal dari induk yang sama.

Marketplace

Untuk menambahkan berbagai aplikasi kedalam ponsel, WP7 sudah dilengkapi dengan Marketplace yaitu sejenis digital store seperti App World pada BlackBerry. Di Marketplace berbagai macam aplikasi dan games bisa diunduh dan langsung diinstal kedalam ponsel. Pada HD7 (dan sepertinya semua smartphone HTC dengan WP7), anda akan menemukan kategori khusus yaitu HTC Apps yang berisi beberapa aplikasi gratis yang diperuntukkan bagi smartphone HTC.

Bukan hanya aplikasi dan games, Marketplace juga menyediakan konten musik untuk didownload.  Sayangnya Marketplace lebih banyak berisi konten baik aplikasi, games, maupun musik yang berbayar dibandingkan yang gratis.

 

Zune player

Seperti yang pernah PULSA bahas sebelumnya, pada setiap perangkat WP7 akan disertakan Zune player yaitu pemutar musik dan video yang terintegrasi. Melalui Zune player kita juga bisa mengakses podcast dan radio.

Untuk memasukkan musik ke dalam ponsel, HD7 memberikan beberapa pilihan, pertama kita bisa membeli konten musik dari Marketplace yang bisa diakses langsung lewat Zune player atau mentransfernya dari komputer. Jangan lupa, untuk pilihan kedua kita membutuhkan Zune software yang berfungsi layaknya iTunes untuk iPhone.

HTC Hub

Tidak seperti pada Windows Mobile versi sebelumnya, Microsoft tidak memperbolehkan vendor untuk merubah interface pada sistem operasi Windows Phone 7. Mungkin inilah alasan utama HTC menyertakan aplikasi HTC Hub pada perangkat WP7-nya. Karena ketika menjalankan aplikasi ini, PULSA langsung mendapati tampilan Sense UI khas homescreen smartphone HTC. Lewat aplikasi ini juga kita bisa memantau HTC Apps pada marketplace dan juga update-annya.

Lainnya

Selain mengandalkan fitur baru WP7 seperti start, speech, search, Zune player, Xbox Live dan lain sebagainya. HTC juga membekali HD7 dengan aplikasi default yang cukup bermanfaat, misalnya Photo enhancer yang bisa digunakan untuk mengaplikasikan efek tertentu pada foto.

Ada satu hal yang terlupakan pada WP7, dengan segala kelebihannya OS tidak dapat melakukan copy-paste, hal kecil namun penting apalagi untuk ponsel kategori smartphone sperti HD7.

Kesimpulan

Nama HTC tentunya menjadi jaminan perangkat smartphone berspesifikasi tinggi, dan ini juga didapati pada HD7.

Sedang dari segi OS, Windows Phone7  yang tertanam pada HD7 memang mengalami banyak perkembangan dibanding pendahulunya. Namun sepertinya OS andalan Microsoft ini belum benar-benar siap untuk bersaing dengan sistem operasi lain. Masih terdapat banyak kekurangan kecil yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Kelebihan:

 Windows Phone 7

HSDPA

 WiFi

 Zune Player

 Market Place

XboX Live

 

Kekurangan:

 

Sinkronisasi melalui Zune software

Tidak ada memori external

Tidak bisa copy-paste

Menurut PULSA

Interface

9Cool

Cool

Multimedia

9Cool

Cool

Konektivitas

8Laughing

Laughing

Aplikasi dan Instalasi

8Laughing

Laughing

Hardware

8Laughing

Laughing

(RedaksiPULSA)

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Galaxy S20 Series Dapat Update Android 10, Ini Daftar Peningkatannya

Dukung Belajar Online, Advan hadirkan Tablet Android Terbaru

OPPO Perluas Penjualan A91 ke Beberapa e-commerce

Huawei Rilis P40 Series, Ini Harga dan Spesifikasi Lengkapnya

Review Huawei FreeBuds 3 Red Edition: Warna Baru, Tampil Lebih Keren

Terpopuler Minggu Ini

Beredar Bocoran 14 Produk Xiaomi yang Bakal Diluncurkan di Q3 2020

Spek Lengkap Oppo Reno Ace 2 Bocor

Raih 2,7% Market Share Global, realme Bertahan di Posisi 7 Besar

Resmi, Honor 30S Andalkan Kirin 820 5G dan Quad Kamera Dibanderol Rp5 Jutaan

Galaxy S20 Series Dapat Update Android 10, Ini Daftar Peningkatannya

Terpopuler Bulan Ini

Terpopuler

Cek di Sini Apakah Merek Smartphone Anda Termasuk yang Siap Update Android 10 Tahun Ini

Jelang Akhir Tahun, 7 Smartphone Ini Turun Harga

Murah Nih! Vivo Y11 (2019) Punya Baterai 5.000 mAh Dibanderol Rp1 Jutaan

Spesifikasi Lengkap dan Harga Xiaomi Mi Note 10 dan MI Note 10 Pro

Waspada! Ini Resiko Membeli Smartphone Android Murahan