Review: iPhone 6, Menambah Ukuran Layar, Memperkaya Fitur Anyar


Selasa, 11 November 2014 • 15:32


Saat diperkenalkan pertama kali, iPhone 6 sempat menuai sindiran dari berbagai pihak. Harga yang tergolong mahal untuk kelas flagship, yang notabene 'tertinggal'[ dari sisi fitur yang ditawarkan. Tidak ada video recorder beresolusi 4K, tidak ada kamera dengan pixel yang lebih tinggi dari 8 megapixel, tidak ada ini dan tidak ada itu. Tapi, kami harus mengulang, mahal.

Baca juga:


Ini 5 Smartphone Pesaing iPhone 6 Plus

Ini Dia Harga iPhone 6 dan 6 Plus BM di Indonesia

Lalu apa yang ditawarkan oleh iPhone 6? Dari sisi desain, ponsel ini memiliki ukuran yang 'pas' untuk mengakomodasi iOS anyarnya. Untuk menjawab keingintahuan pembaca, PULSA sengaja menghadirkan iPhone 6 16 GB dari eksportir alias BM untuk kebutuhan review. Ponsel ini bergaransi internasional, Factory unlock, menggunakan nano card seperti beberapa pendahulunya dan bisa aktif denan menggunakan layanan salah satu operator lokal.


Desain

Dimensi:138.1 x 67 x 6.9 mm, Berat: 129 gram



Jika dibandingkan dengan iPhone sebelumnya, yakni5s, Ponsel ini sedikit lebih tinggi dan lebar. Namun demi mengantisipasi kesulitan penggunanya dalam meraih setiap ujung layar, iPhone 6 dibuat lebih tipis dengan bagian pinggir yang melengkung. Akan terasa nyaman bagi ibu jari dan bagian tangan yang menopangnya ketika mengakses setiap sudut layar yang lebih lebar dari iPhone-iPhone sebelumnya.

Namun karena ukuran yang lebih lebar, desain yang lebih tipis dan lengkungan pada setiap sisinya, iPhone 6 jadi terlihat menyerupai produk-produk flagship dari vendor yang mengusung OS Android. Menurut PULSA hal tersebut tidak bisa dihindari. Karena semua vendor ingin membuat produk  yang ergonomis, nyaman digenggam tanpa menimbulkan rasa tidak nyaman saat digunakan berlama-lama.



Masih seperti produk terdahulu, bagian depan ponsel dilapisi kaca anti gores. Ditemani oleh sebuah tombol Home yang berperan sebagai scanner sidik jaridi bagian bawahnya, earpiece di bagian atas, serta kamera depan yang bisa berfungsi sebagai kamera untuk video chat via Facetime ataupun memotret selfie.

Sementara itu bagian belakang ponsel masih dibangun oleh bahan metalik yang halus. Memberikan kesan mewah dengan pilihan warna yang menarik, yakni silver, gold dan abu kehitaman (space grey).

Tata letak tombol dan portasi sebagian besar tidak mengalami perubahan. Hanya tombol power saja yang pindah dari bagian atas ke bagian samping kanan ponsel.

Beberapa waktu lalu, sebuah channel di Youtube mencoba mematahkan beberapa ponsel pintar dengan kedua tangan dan hasilnya, iPhone 6 rupanya termasuk ke dalam produk yang mudah bengkok. Sebenarnya dengan ukuran demikian, dan penggunaan bahan metalik pada back cover iPhone 6, apa yang disimpulkan oleh Lewis Hilsenteger adalah masuk akal. Untuk itu, Anda perlu berhati-hati jika Anda menggunakan iPhone 6. Usahakan untuk tidak meletakknya di saku belakang celana jeans atau di lipatan saku depan.

Kenyataannya dengan ukuran yang lebar seperti iPhone 6 ini, saku celana jeans yang ketat bukanlah tempat yang favorit untuk menyimpan ponsel. Apalagi saku celana belakang yang bisa Anda duduki. Namun perlu diperhatikan ketika Anda tidur, jangan sampai iPhone 6 terjebak di antara kasur dan tubuh Anda.

Menggunakan case yang tepat merupakan solusi paling jitu untuk masalah ini. Dan percaya atau tidak, bagi pengguna iPhone veteran, penggunaan casing tambahan yang menarik sudah seperti sebuah kewajiban.Bagaimana dengan Anda?

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Siap Edar, Samsung Galaxy Tab S6 Lite Dibanderol dengan Harga Mulai Rp7,2 Jutaan

Erajaya Gelar Diskon Besar-besaran di Eraspacetival

Beli Smartphone OPPO Bisa Lewat WhatsApp, Begini Caranya!

Ini Laman Web dan Alikasi Tetang COVID-19 Buatan Apple

Raih 2,7% Market Share Global, realme Bertahan di Posisi 7 Besar

Terpopuler Minggu Ini

Beredar Bocoran 14 Produk Xiaomi yang Bakal Diluncurkan di Q3 2020

Spek Lengkap Oppo Reno Ace 2 Bocor

Raih 2,7% Market Share Global, realme Bertahan di Posisi 7 Besar

Resmi, Honor 30S Andalkan Kirin 820 5G dan Quad Kamera Dibanderol Rp5 Jutaan

Galaxy S20 Series Dapat Update Android 10, Ini Daftar Peningkatannya

Terpopuler Bulan Ini

Terpopuler

Cek di Sini Apakah Merek Smartphone Anda Termasuk yang Siap Update Android 10 Tahun Ini

Jelang Akhir Tahun, 7 Smartphone Ini Turun Harga

Murah Nih! Vivo Y11 (2019) Punya Baterai 5.000 mAh Dibanderol Rp1 Jutaan

Spesifikasi Lengkap dan Harga Xiaomi Mi Note 10 dan MI Note 10 Pro

Waspada! Ini Resiko Membeli Smartphone Android Murahan