Review: ASUS ZenFone 2 Memikat dengan RAM 4GB


Kamis, 30 April 2015 • 18:19


asus zenfone 2

asus zenfone 2

Tren yang berkembang di industri mobile saat ini semakin mengerucut ke perangkat genggam kompak yang mendukung berbagai aktivitas. Mulai dari aktivitas telekomunikasi, personal assistant pendukung pekerjaan, pencarian informasi, sampai ke perangkat yang mendukung berbagai aktivitas hiburan dan hobby lainnya.


Yang menarik, kini semua kebutuhan itu sudah bisa dan biasa dilakukan menggunakan sebuah smartphone.

ASUS, pemain utama di bisnis notebook menghadirkan gebrakan di industri smartphone dengan meluncurkan lini produk ASUS ZenFone yang terbukti sangat fenomenal di kuartal kedua 2014 lalu. Keberhasilan smartphone tersebut, yang memiliki desain premium, kinerja yang mumpuni namun di harga yang sangat terjangkau di kelasnya, mampu mengubah peta persaingan di industri smartphone. Termasuk di Indonesia.

Baca juga:


ASUS Zenfone Generasi Baru Bakal Adopsi Chip Snapdragon 615

Inilah Skor Benchmark ASUS Zenfone 2 ZE551ML (RAM 4GB)

Hands On: ASUS Zenfone 2 ZE551ML, Smartphone Pertama dengan RAM 4GB

Di tahun 2015, ASUS kembali menggebrak pasar dengan merilis iterasi dari lini produk ZenFone, yakni ASUS ZenFone 2. Tak ingin kalah fenomenal dengan versi sebelumnya, ASUS ZenFone 2 hadir dengan kemampuan yang lebih hebat, fasilitas yang lebih lengkap, dan pengalaman pengguna yang lebih menyenangkan. Apa saja? Mari kita bahas satu persatu.

Kemasan dan Kelengkapan

Dari sisi kemasan, boks ZenFone 2 masih menggunakan desain elegan, serupa versi sebelumnya. Dibalut plastic wrap bening, pengguna bisa melihat spesifikasi produk yang tersedia di dalam dan siapa distributor yang bertanggungjawab untuk mengimpor produk yang bersangkutan.


Di sisi kanan boks, kita bisa melihat fitur-fitur unggulan yang menjadi highlight yang ditawarkan oleh ZenFone 2 seperti konektivitas data 4G, layar Full HD, Bluetooth 4.0 dan kamera. Adapun untuk mengeluarkan unit ZenFone-nya, kita tinggal menarik "laci" dari boks pembungkusnya, dan voila, ZenFone 2 pun disuguhkan pada kita.

Ada 3 distributor resmi ZenFone di Indonesia yakni Erajaya Swasembada (TAM), Synnex Metrodata dan Datascrip. Di luar itu, berarti ZenFone yang bersangkutan tidak resmi.

Di dalam kemasan, selain menyediakan handheld ZenFone itu sendiri, ASUS menyediakan kartu garansi, buku panduan, adapter, kabel USB dan lembar informasi cara melepas casing ZenFone ASUS ZenFone 2.

ASUS ZenFone 2 sendiri menggunakan adaptor dengan output 5V sebesar 2 ampere untuk melakukan charging. Sebagai perbandingan, lini produk ZenFone awal menggunakan adaptor dengan output 1,35 ampere. Ini tentunya memungkinkan pengguna untuk melakukan charging lebih cepat dibanding sebelumnya.

Adapun kabel USB yang disertakan, selain dapat berguna sebagai kabel charger, dapat pula berfungsi sebagai kabel data untuk menghubungkan ZenFone 2 ke notebook atau PC. Jika dihubungkan, pengguna bisa mentransfer foto atau dokumen lainnya dari dan ke ZenFone 2, menjalankan fitur PC Link, ataupun melakukan charging via port USB.

ASUS ZenFone 2 sudah dilengkapi dengan sistem operasi Android 5.0 Lollipop. Saat tombol power di bagian atas unit smartphone ditekan, segera muncul animasi logo ASUS powered by Android serta logo Intel, prosesor yang memperkuat ASUS ZenFone 2.

Seperti diketahui, sejak awal, lini produk ASUS ZenFone merupakan lini produk smartphone ASUS yang diperkuat oleh prosesor buatan pemain utama di industri komputasi. Kini, pada ZenFone 2, prosesor yang digunakan merupakan varian terbaru, yakni Intel Atom berarsitektur Moorefield yang menawarkan performa lebih tinggi namun dengan konsumsi daya lebih efisien.

ASUS ZenFone 2 ZE551ML yang kali ini kita bahas menggunakan posesor quad core Intel Atom Z3580 dengan kecepatan up to 2,33GHz. Tidak seperti sebelumnya di mana prosesor yang digunakan merupakan prosesor 2 core 2 thread, prosesor pada lini produk ZenFone 2 yang beredar di Indonesia menggunakan prosesor quad core yang menawarkan kinerja lebih baik.

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Ini Tanggapan Huawei Soal Pencabutan Lisensi Android

Akibat Sanksi AS, Google Akhirnya Cabut Lisensi Android untuk Huawei

Resmi Melenggang, Asus Zenfone 6 Usung Snapdragon 855 dan Kamera Putar 48MP

Galaxy Fold Tak Kunjung Tiba, Samsung Kasih Hadiah Para Pemesan

Smartphone Berkamera Bawah Layar Oppo akan Muncul Tahun Ini

Terpopuler Minggu Ini

Ini Tanggapan Huawei Soal Pencabutan Lisensi Android

Kesan Pertama Galaxy A70: Layar Ala Bioskop dan Fitur Pengisian Baterai Terbaru

3 Smartphone Murah Evercoss Mulai Hiasi Pasaran

Lebih Terjangkau, Ini Harga baru Oppo F11 dan vivo V15

Segera Meluncur, Lenovo Z6 Youth Edition Akan Diotaki Chip Terbaru Qualcomm

Terpopuler Bulan Ini

Sstt, Ini Jadwal Rilis dan Penampakan Asus Zenfone 6

Makin Murah, 5 Smartphone Ini Turun Harga

Ini Dia 10 Smartphone Terlaris 2018

Sony Perkenalkan Xperia Ace

Sudah Tersedia, Ini Harga Xiaomi Mi 9 SE di Pasaran

Terpopuler

Resmi, Ini Fitur dan Harga Xiaomi Redmi Note 7

Xiaomi Redmi Note 7 vs Redmi Note 6 Pro, Apa Bedanya?

Smartphone Pilihan dengan RAM Besar & Harga Terjangkau

Makin Terjangkau, Ini Harga Baru Samsung Galaxy A50

Resmi, Ini Spesifikasi Lengkap Xiaomi Mi Play