Review: Oppo Mirror 5 (A51w), Desain Elegan Bisa Jadi Remote TV dan AC


Selasa, 12 April 2016 • 12:34


Meski bukan produk baru, smartphone mid-to-low yang masuk dalam “Mirror Series” ini menawarkan banyak fasilitas menarik. Bahkan beberapa diantaranya tidak tersedia di produk flagship, salah satunya adalah IR Remote. Hadirnya sensor Infrared di Oppo Mirror 5 ini memungkinkan Anda menjadikannya sebagai remote universal untuk TV, AC, DVD , Proyektor dan STB.

Kesan pertama saat melihat Oppo Mirror 5 adalah “mewah dan elegan”. Pasalnya, smartphone yang menerapkan konsep semi-unibody ini hadir dengan cover belakang berlapis ‘serupa’ kaca dengan refleksi berlian (prisma), yang memantulkan cahaya berbeda dari tiap sisinya.


Cover belakang ini bisa dicopot dan di sisi dalamnya Anda akan menemukan baterai non-removable, dua slot SIM card (micro-SIM dan nano-SIM) serta slot microSD. Konsep slot di Mirror 5 ini sama seperti di Neo 7, cukup mengakomodasi pengguna karena menerapkan dua model SIM berbeda. Jadi, untuk Anda yang memiliki micro-SIM tidak perlu memotongnya, atau yang sudah menggunakan nano-SIM tak perlu memakai konverter SIM card.




Tak seperti kelas flagship yang rata-rata memakai teknologi layar paling anyar, Mirror 5 hanya membenamkan jenis TFT kapasitif qHD tanpa lapisan kaca anti gores. Meski begitu, tetap mampu menghadirkan kejernihan serta ketajaman gambar dan warna. Poin plusnya, layar ponsel ini dibekali teknologi “eye protection display” untuk melindungi mata akibat spektrum blue light yang jika berlebihan bisa merusak penglihatan.



Beralih ke bagian dalam. Menilik spesifikasi yang dibawa dan banderolan harga yang sekitar Rp 2.999.000,- Oppo Mirror 5 terbilang berat untuk bersaing dengan para kompetitor. Pasalnya, di rentang harga tersebut sudah banyak smartphone yang menawarkan spesifikasi lebih tinggi. Untungnya, chipset Qualcomm Snapdragon 410 dengan kombinasi RAM 2 GB yang dibawa Mirror 5 masih mampu menjadi daya tarik. Meski di atas kertas hasil benchmark hardware ini masih kalah tinggi dengan chipset MediaTek yang banyak dibawa smartphone sekelasnya, namun performa jeroan Oppo Mirror 5 masih cukup baik.

Di smartphone ini, fungsi multitasking tetap bisa berjalan dengan lancar. Bahkan, Anda yang hobi bermain game, Adreno 306 GPU yang digunakan Mirror 5 mampu menghadirkan sensasi grafis yang lumayan memukau.

Untuk menguji performa keseluruhan dari hardware Oppo Mirror 5, PULSA menggunakan beberapa aplikasi benchmark populer. Berdasarkan AnTuTu Benchmark, Mirror 5 membukukan skor maksimal sebesar 24090. Lebih tinggi dibanding Oppo Neo 7 dan Samsung Galaxy J1 Ace. Sementara dengan GeekBench, skor single-core 483 dan multi-core 1472.

Selanjutnya adalah jaringan dan konektivitas. Oppo Mirror 5 hanya menyertakan jaringan data 3G, baik di slot SIM utama maupun slot kedua. Artinya, Anda yang mengharapkan akses data super cepat di jaringan 4G LTE, jangan berharap banyak pada Oppo Mirror 5. Untuk pengaturan Dual SIM, smartphone ini menghadirkan settingan yang cukup mudah digunakan. Bahkan, Anda juga bisa mengatur fungsi Smart Dual SIM untuk mengaktifkan call transfer maupun call waiting dengan gampang.

Untuk koneksi, Oppo Mirror 5 menyertakan WiFi, WiFi direct, WiFi tethering, WiFi display, Bluetooth yang juga mendukung Bluetooth tethering serta port micro USB. Plusnya, port USB ponsel ini juga bisa digunakan membaca flashdisk karena memiliki fungsi OTG (USB On The Go). Hanya saja fungsinya tidak otomatis, jadi Anda harus mengaktifkan “OTG Connection” di pengaturan lanjutan yang ada di menu setting ponsel ini.

Menariknya, smartphone ini disokong sensor Infrared yang posisinya ada di sisi atas bodi. Fitur IR sensor ini bisa dimanfaatkan untuk menyalakan/mematikan TV, AC, DVD, STB dan Proyektor loh. Pasalnya, di Mirror 5 juga sudah terinstal aplikasi “Remote Control”. Jadi, Anda yang sedang santai di rumah, bisa dengan mudah menggonta-ganti channel TV langsung dari smartphone.

Bagi yang hobi foto, Oppo Mirror 5 membenamkan kamera dengan resolusi standar untuk kelas mid-end. Sama seperti produk Oppo lain, kamera utama 8 MP yang dilengkapi LED flash Mirror 5 ini juga didukung teknologi Pure Image 2.0+ engine serta memiliki f/2.2 Aperture dengan hasil foto yang cukup baik, tajam dan natural. Untuk kualitas foto yang lebih baik, kamera ponsel ini juga dibekali 12 pilihan mode pemotretan.

Di sisi depan, Oppo Mirror 5 menanamkan kamera 5 MP untuk foto selfie. Sayang, tanpa sokongan LED flash layaknya smartphone kamera lain yang saat ini banyak diperuntukan bagi pecinta foto selfie. Selain foto, baik kamera belakang maupun kamera depan Oppo Mirror 5 ini juga bisa dimanfaatkan merekam video. Untuk hasil foto maupun video yang lebih jelas lagi, silakan akses www.tabloidpulsa.co.id.

Plus Minus

Kelebihan

• Fitur Infrared remote

• Dual SIM

• Kamera bagus

Kekurangan

• Harga cukup tinggi

• Tidak 4G LTE

• Layar Belum HD

 

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Review : Coolpad Max Lite R108 Versi Murah, 4G LTE “Disembunyikan”

Adu Kamera Ponsel OPPO F1s vs LG X Cam

Persiapan Nokia Jelang ‘Comeback’

Edit Video Profesional di Ponsel

Review : Oppo F1s (A1601) Selfie Expert Generasi Terbaru

Terpopuler Minggu Ini

Resmi Meluncur, Nokia C1 Tawarkan Harga Murah dengan Android 9 Go Edition

Mau Smartphone Gaming? Ini Dia 6 Smartphone Pilihannya

Ini Dia Daftar Smartphone Android Terkencang November 2019

Ini Daftar Harga Promo Produk Xiaomi di Festival Belanja Online 12.12

realme Siapkan Kejutan di Harbolnas 12.12

Terpopuler Bulan Ini

Makin Jelas, Begini Tampang dan Spesifikasi Samsung Galaxy A51

Resmi Dirilis! Nokia 2.3 Dibanderol Rp1 Jutaan

realme Berikan Diskon 60% plus Free Gift di Harbolnas 12.12, Ini Daftar Produknya

WhatsApp Sedang Menyiapkan Fitur Dark Theme

realme X2 Pro Bakal Jadi Smartphone Paling Diburu pada Harbolnas 12.12

Terpopuler

Cek di Sini Apakah Merek Smartphone Anda Termasuk yang Siap Update Android 10 Tahun Ini

Stok Melimpah, Harga Offline Redmi Note 7 Turun

Ternyata Segini Harga dan Spesifikasi Oppo A5 2020

Murah Nih! Vivo Y11 (2019) Punya Baterai 5.000 mAh Dibanderol Rp1 Jutaan

Waspada! Ini Resiko Membeli Smartphone Android Murahan