Compare: iPhone 7 Plus vs Huawei P9 vs LG G5 SE: Adu Kamera Ganda, Flagship 3 Negara


Rabu, 09 November 2016 • 13:27


Secara resmi, di kelas flagship mungkin Anda baru bisa menemukan produk LG G5 sebagai ponsel berkamera utama dua lensa yang beredar di pasaran Tanah Air. Tapi tak bisa dipungkiri, sejumlah ponsel lain pun sudah bisa didapatkan, di antaranya adalah iPhone 7 plus besutan Apple dan P9 dari Huawei. Karena waktu launching yang berbeda, Anda bisa mendapati harga ketiganya tidak sama. Namun tak bisa dipungkiri, ketiga ponsel ini merupakan ponsel flagship, jagoan terkini dari masing-masing vendor.

Hal pertama yang muncul saat Apple mengumumkan penggunaan kamera dua lensa di iPhone 7 Plus adalah sebuah pertanyaan besar, apakah Apple akan kembali mempopulerkan sebuah fitur lama menjadi lebih baik, atau justru Apple yang terjebak dalam lingkaran tren yang sudah ada. Dan atas dasar pertanyaan tersebutlah, maka PULSA tertarik untuk melihat sehebat apa dua kamera pada iPhone 7 Plus jika dibandingkan dengan dua kamera utama yang lebih dulu hadir di pasaran. Huawei P9 dan LG G5 menjadi kandidat terbaik untuk keperluan ini.


Huawei P9

Harga: Rp 7.750.000,- (BM 3/32 GB)



Kerjasama Huawei dengan Leica yang menghasilkan sebuah kamera ponsel dengan standar profesional nan user friendly sempat menjadi heboh karena sejumlah pemberitaan yang berdasarkan asumsi. Namun seiring berjalannya waktu, Instagram kemudian mulai dipenuhi dengan foto-foto unik, baik berwarna maupun hitam-putih yang diabadikan dengan Huawei P9, yang merupakan bukti bahwa hasil foto Huawei P9 mulai diterima oleh pasar.

Dua lensa Huawei P9 merupakan hasil “duduk bareng” Huawei dan Leica yang sama-sama tengah mencari partner untuk terjun ke dunia berbeda. Dalam hal ini, Huawei mencoba lebih serius di kamera ponsel sementara Leica berkesempatan menjajal pasar kamera ponsel yang menggiurkan. Hasilnya adalah kombinasi lensa Leica 27mm f/2.2, dimana satu lensa merupakan lensa RGB ditemani dengan satu lensa monokrom yang diklaim mampu menangkap lebih banyak cahaya, memberikan nilai kontras yang lebih tinggi serta ketajaman gambar yang lebih terjamin.

LG G5

Harga: Rp 6.700.000,- (resmi 32 GB)

Lebih dikenal sebagai ponsel modular, LG G5 sejatinya membawa kamera yang powerful. Membawa gen yang sama dengan LG G4 yang termasuk ke dalam ponsel berkamera terbaik tahun 2015, teknologi kamera di G5 pun demikian. Menawarkan tangkapan cahaya dan warna yang cerah dengan dua lensa berbeda untuk keperluan yang berbeda pula.


Seperti dual kamera pada semua LG, dua kamera utama G5 yang membawa resolusi 16 megapixel dan 8 megapixel merupakan dua kamera dengan lensa berbeda. Pertama, bisa disebut sebagai kamera normal dengan resolusi 16 mp dan bukaan f/1.8, sementara lensa kedua bersifat wide angle dan cenderung fish eye dengan spesifikasi 8 mp f/2.4. Nampaknya, selain besaran resolusi dan bukaan cahaya, kedua lensa memiliki sifat dan kemampuan yang setara dalam hal menterjemahkan warna.

iPhone 7 Plus

Harga: Rp 14.000.000 (BM 64 GB Rose Gold)

Sebagai produk paling baru yang membawa dua kamera, mungkin Anda masih ingat bahwa ponsel ini membawa satu lensa wideangle (normal) dan satu lensa telefoto (perbesaran 2 kali). Dalam penggunaan sehari-hari, kedua lensa ini akan saling bergantian dengan satu tobol yang didedikasikan. Sama halnya dengan LG G5. Sampai tulisan ini dibuat, nampaknya kita harus mengesampingkan rencana Apple untuk melepas software pembaharu guna meningkatkan kemampuan dua lensa di iPhone 7 Plus ini.

Lensa wideangle (normal) milik iPhone 7 Plus merupakan lensa 28mm, 12 megapixel, f/1.8 yang dilengkapi OIS (optical Image Stabilization), sementara lensa telefotonya merupakan lensa 56mm, 12 megapixel, f/2.8.

 

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Terpopuler Minggu Ini

Siap Rilis Lusa, Skor AnTuTu Vivo IQOO Pro 5G Pecahkan Rekor Antutu

Tak Lagi Gunakan Nama Kue, Android Q Resmi Disebut Android 10

Rekomendasi Smartphone Gaming dengan Baterai Besar

Resmi Dirilis! Samsung Galaxy A50s dan A30s, Ini Bedanya dengan Seri Aslinya

Review Redmi 7A: Murah Tapi Gahar

Terpopuler Bulan Ini

7 Smartphone ini Kembali Turun Harga

Baru Sebulan, Harga Samsung Galaxy A80 Sudah Turun

Positif, Xiaomi Lagi Garap Redmi Note 8

Ini Dia Smartphone yang Raih Penghargaan di Eropa

Vivo S1 vs Realme 3 Pro: Adu Pesona di Ceruk yang Sama

Terpopuler

Makin Terjangkau, Ini Harga Baru Samsung Galaxy A50

Redmi K20 dan Redmi K20 Pro Resmi Diumumkan, Spek dan Harganya Bikin Pengen

Review IMOO Watch Y1: Jam Pintar untuk Pantau Aktivitas Anak

Stok Melimpah, Harga Offline Redmi Note 7 Turun

Review Samsung Galaxy A70: Kasta Tertinggi Galaxy A