Menu

Review

Follow Us:


Kesan Pertama Berkenalan Dengan Si Cantik Xiaomi Mi Mix 2


Jum'at, 12 Januari 2018 • 02:14


Setelah melalui penantian tanpa kepastian untuk segera menjajal Mi Mix 2 yang tak kunjung beredar resmi di tanah air, PULSA akhirnya harus meruntuhkan kesabaran demi mengobati penasaran akan suksesor Mi Mix yang merupakan salah satu pionir desain bezelless ini.

PULSA terpaksa berburu versi black market, demi berkenalan langsung dengan Mi Mix 2 yang kecantikan telah banyak diakui sejak generasi pertama lewat sejumlah penghargaan desain diantaranya German Red Dot award, iF Design Award, International Design Excellence Award (IDEA), New York Design Awards, The Outstanding Industrial Design USA Awards, Industrial Designers Society of America, The Good Design Award 2017 dan lainnya.


Desain Semakin Sempurna

Publik tentu memiliki ekspektasi yang tinggi akan desain Mi Mix 2, setelah generasi pendahulunya mampu menyabet banyak penghargaan atas desainnya. Hal itu dijawab Xiaomi dengan membuat ponsel ini sedikit lebih ringkas dari Mi Mix pertama. Dimensi Mi Mix memang cukup sering disoroti karena terasa sedikit terlampau besar untuk digenggam.



Mi Mix 2 tampil susut 6 & 7 mm pada panjang dan lebar bodinya jika dibanding pendahulunya. Meski diatas kertas selisih tersebut seakan kecil, namun penyusutan tersebut mampu membuat ukuran Mi Mix 2 terasa “normal” dan tidak kebesaran seperti Mi Mix original.

Anda tentu sudah tahu jika Mi Mix 2 telah rilis dalam versi special edition. Sayangnya, Mi Mix 2 yang kami miliki adalah versi regular. Dari segi material yang digunakan versi regular ini memiliki bezel aluminum tidak seperti versi special edition yang bezel-nya merupakan perluasan dari backplate belakang berbahan ceramic.

Menyinggung backplate, Mi Mix 2 juga menggunakan ceramic dengan tepian membulat yang membuatnya terlihat mewah dan yang terpenting terasa ergonomis bagi genggaman tangan.

Di sisi belakang ini juga terdapat lensa kamera yang menonjol dengan aksen berbentuk cincin yang dilapisi emas 18 carat. Sulit untuk dibuktikan, tapi setidaknya itulah yang dikatakan Xiaomi.

Beralih ke sisi depan. Layar jelas mendominasi bagian ini. Perubahan lain di sisi depan adalah penggunaan earpiece yang secara ajaib tidak mengganggu konsep bezelless. Sebagai informasi Mi Mix generasi pertama menggunakan teknologi piezoelectric ceramic yang menggetarkan seluruh bagian bodi ponsel sebagai sumber suara pengganti earpiece.

Sementara itu bagian bawah layar atau dagu tampak margin bezel yang lebih kecil dari pendahulunya. Padahal Xiaomi masih menempatkan kamera depan di area ini. Kabarnya sih karena modul kamera depan yang digunakan hanya berukuran 50% dari ukuran modul kamera depan pada umumnya.


Lebih Kekinian Dengan Ratio 18:9

Jika sebelumnya Mi Mix menggunakan ratio layar 17:9 yang tergolong asing. Kini Mi Mix 2 menggunakan ratio layar yang umumnya digunakan ponsel berdesain bezelless lainnya yakni 18:9.

Selain itu, layar Mi Mix 2 berukuran lebih kecil dari Mi Mix 2 yakni 6,4 inci berbanding 5,99 inci. Mi Mix 2 merupakan salah satu contoh yang membuktikan bahwa layar yang lebih besar tidak selalu lebih baik. Sebab dengan ukuran layarnya yang sekarang, PULSA merasa lebih  mudah untuk menjangkau setiap area di layar.

Dengan tingkat kerapatan piksel mencapai 400-an piksel per inci (ppi), layar Mi Mix 2 mampu menyajikan gambar yang mendetail. Meski dikelas flagship beberapa kompetitor memiliki tingkat kerapatan piksel mencapai 500-an ppi.

Tapi percayalah, untuk rata-rata ukuran layar ponsel, Anda tidak membutuhkan tingkat kerapatan piksel setinggi itu dan kebanyakan pengguna tidak akan menyadari perbedaan antara 400 ppi dan 500 ppi.

Kontras dan produksi warnanya juga terlihat baik. Yang tak kalah penting tingkat kecerahannya mampu mengakomodasi penggunaan di bawah sinar matahari langsung.

MIUI 9.1

Unit yang kami uji sudah menjalankan MiUI versi 9.1 diatas platform Android versi 7.1. Namun sejatinya tidak banyak perubahan dari versi terdahulunya terutama dalam hal tampilan menu. Masih menawarkan simplisitas dengan meniadakan app drawer dan menyajikan semua aplikasi langsung di panel homescreen.

PULSA tidak menemukan bloatware “nyampah” yang terinstall secara default. Semua aplikasi pre-installed memiliki fungsi yang umumnya akan dibutuhkan pengguna kebanyakan.

Masih ada fitur dual apps buat pengguna yang ingin menggandakan aplikasi yang tidak mendukung dual multiple account log in, contohnya whatsapp. Ada pula second space yang akan PULSA bahas lebih detail pada rubrik review nanti.

12MP + 5 MP

Ke bagian kamera Mi Mix 2 menggunakan sensor Sony IMX386, sama seperti yang tertanam pada produk flagship mereka Mi 6 dan sejumlah produk kelas menengah-atas milik mereka seperti Mi Max 2 dan Mi Note 3.

Interface kamera Mi Mix menampilkan 7 mode utama, yakni Short Video, Video, Photo (auto), Beauty, Square, Panorama dan Manual. Untuk berpindah antar mode ini pengguna tinggal mengeser ke kanan atau kiri pada viewfinder (dalam posisi portrait).

Selain itu, dalam mode Photo dan Square tersedia pilihan fitur HDR, Filter, Tilt Shift, HHT (Hand Held Twilight atau semacam mode Low Light), Straighten dan beberapa lainnya.

Beralih ke mode video, pengguna bisa memilih diantara mode normal, time lapse dan slow motion.

Meski seakan tidak cukup baik untuk bersaing dengan sektor kamera produk lain di kelas flagship secara head-to-head, namun hasil bidikan Mi Mix jauh dari kesan buruk.

Dengan bantuan pencahayaan alami yang baik, misalnya saat pemotretan di siang hari, hasil bidikan kamera utama Mi Mix 2 mampu mereproduksi warna yang natural dengan detail yang baik.

Sementara jika digunakan dalam kondisi pencahayaan seadanya atau bahkan minim, tampak noise yang grain-nya seolah diperhalus. Dalam kondisi seperti ini, PULSA menyarankan Anda untuk tidak ragu menggunakan flash, karena dual tone flash milik Mi Mix 2 mampu memberi bantuan pencahayaan untuk membuat gambar terlihat lebih terang dan tajam tanpa memunculkan bayangan yang terlihat keras.

Di sektor video pun hasil rekaman Mi Mix 2 terlihat oke. Selain mampu merekam dalam resolusi tertinggi yang bisa ditemukan pada smartphone yakni 4K, Optical Image Stabilizer-nya juga terkesan bekerja dengan baik, terutama saat merekam video sambil berjalan. Fitur ini mampu meminimalisir guncangan pada video saat pengguna melangkah.

Meski hobby selfie mungkin tidak begitu populer di kalangan pengguna kelas premium atau flagship, namun rasanya tidak sempurna kalau kita melewatkan bahasan tentang kamera depannya.

Seperti disebutkan sebelumnya, modul kamera depan yang digunakan Mi Mix 2 hanya 50% dari ukuran modul kamera depan yang umumnya digunakan pada smartphone. Di satu sisi memungkinkan ponsel ini untuk memiliki ukuran dagu yang lebih kecil guna mengakomodasi desain bezellessnya. Namun di sisi lain hal ini sepertinya menjadi salah satu alasan kamera depan Mi Mix 2 jadi terkesan biasa saja.

Bukan sekedar resolusi yang tampil dibawah standar untuk kelas flagship, hasil bidikannya pun tidak bisa dikatakan istimewa walaupun tidak pula masuk dalam kategori buruk. Namun tentu Anda berharap ada kelebihan di setiap sektor kala membeli sebuah ponsel flagship bukan?

Yang juga menarik untuk diinformasikan adalah cara penggunaan ketika memotret dengan kamera depan. Karena letak lensanya di bawah layar, Anda akan langsung disarankan untuk memutar balik ponsel untuk memposisikan lensa ke bagian atas layar saat pertama kali menggunakan kamera depan. Bukan masalah memang, karena hasil foto akan dirotasi 180 derajat secara otomatis.

Snapdragon 835

Mi Mix 2 menggunakan prosesor terbaik milik Qualcomm saat ini, Snapdragon 835. Performanya tentu luar biasa dan sesuai dengan kelasnya yang berada di jajaran produk flagship.

Saat kami uji dengan Antutu Benchmark, Mi Mix 2 mencatat skor 162117. Banyak hal yang tentunya akan kami bahas setelah kami Berkenalan lebih jauh dengan si cantik ini. Nantikan reviewnya dan di rubrik review tabloidpulsa.co.id.

@yuanzroc

share Kesan+Pertama+Berkenalan+Dengan+Si+Cantik+Xiaomi+Mi+Mix+2 via Facebook   share Kesan Pertama Berkenalan Dengan Si Cantik Xiaomi Mi Mix 2 via Twitter  share Kesan Pertama Berkenalan Dengan Si Cantik Xiaomi Mi Mix 2 via WhatsApp   share Kesan Pertama Berkenalan Dengan Si Cantik Xiaomi Mi Mix 2 via BBM share Kesan Pertama Berkenalan Dengan Si Cantik Xiaomi Mi Mix 2 via Line   share Kesan Pertama Berkenalan Dengan Si Cantik Xiaomi Mi Mix 2 via GooglePlus
Artikel Terkait

Smartphone Misterius Xiaomi Ini Skor Antutu-nya Kalahkan Galaxy S9+

Xiaomi Siapkan Headphone Terbaru, Ini Dia Fitur Andalannya!

Ini Dia Daftar Selebriti Dunia yang Gunakan Produk Xiaomi

iPhone Tak Berkutik di Asia, Termasuk di Indonesia

Bocoran Video Ini Menunjukkan Gesture Mi Mix 2S Mirip iPhone X

Terpopuler Minggu Ini

iPhone Tak Berkutik di Asia, Termasuk di Indonesia

Ini Dia Daftar Selebriti Dunia yang Gunakan Produk Xiaomi

Bocor! Ini Harga Samsung Galaxy S9 Series di Indonesia

First Impression: Nuu M4X Lite, Android RAM 3GB Harga Terjangkau

Smartphone Misterius Xiaomi Ini Skor Antutu-nya Kalahkan Galaxy S9+

Terpopuler Bulan Ini

Harga Miring, Smartphone Ini Punya Layar Penuh + 4 Kamera + Baterai 6350 mAh

4 Smartphone Murah Ini Punya Fitur 'Mewah'

Jajaran Smartphone Baru Pekan Ini

Ini Dia 5 Smartphone Baru Siap di Beli

Kesan Pertama Menjajal Xiaomi Redmi 5 Plus

Terpopuler

Review Xiaomi Mi A1: Pertama dari Xiaomi Tanpa MIUI

Minggu Ini, 10 Ponsel Baru Sudah Bisa Diburu

Review Asus Zenfone 4 Max Pro ZC554KL: Andalkan Dual Kamera dan Baterai Jumbo

Review Xiaomi Mi 5X: Menggebrak dengan Dual-Camera dan Bodi Premium

Review Xiaomi Mi 6 : Hardware Bertenaga Harga Bersahaja