Review Garmin Fenix 6 Sapphire: Jam Pintar Macho untuk Mereka yang Pro


Rabu, 06 November 2019 • 00:38


Review Garmin Fenix 6

Review Garmin Fenix 6

Sudah bukan rahasia lagi kalau produk jam tangan digital besutan Garmin, terutama di lini produk Fenix memiliki harga yang wah. Tapi juga sudah menjadi rahasia umum, apabila setiap lini Garmin memiliki lini produk yang beragam.


Produk jam pintar Garmin yang baru dilepas untuk pasar Indonesia adalah Fenix 6 series. Ada tiga varian yang ditawarkan diantaranya Fenix 6S, Fenix 6 dan Fenix 6X Saphire. Masing-masing varan juga ditawakan dengan material pelindung layar yang berbeda, untuk Fenix 6S dan Fenix 6 ada dua pilihan yakni Gorilla Glass 3 dan Sphire. Sementara untuk Fenix 6X pilihannya Saphire dan Power Glass.

Nah, ini kali kedua PULSA mengetes produk jam tangan Garmin, meskipun secara harga produk yang kita tes saat ini jauh lebih mahal dari seri Fenix sebelumnya. Dari keterangan ini, kita bisa memaklumi bahwa produk ini bukan untuk semua orang. Dengan sejumlah fitur yang dibawa, Fenix 6 merupakan produk apik untuk mereka yang suka berpetualang di luar ruangan dan juga berolahraga ekstrim.

Desain


Tampilan depan dan belakang

Tampilan depan dan belakang

Garmin Fenix 6 didesain mendekati produk jam tangan pria analog dengan bezel besar berbentuk lingkaran dengan diameter 47 mm, melindungi sebuah layar yang juga berbetuk bulat dengan bentangan 1,3 inci.

Kebetulan reviewer PULSA yang bertugas mencicipi produk ini memiliki tulang pergelangan tangan yang besar. Membuatnya terlihat cocok dan enggan untuk dilepas. Hanya saja, meski produk ini tidak seberat kelihatannya, Fenix 6 Sapphire Carbon Gray DLC with Black Band ini memiliki bobot 82 gram. Tak terlalu berat jika dibandingkan dengan jam tangan konvensional.

Ini yang mebuat Fenix 6 tetap nyaman digunakan pada berbagai aktivitas, seperti olahraga, ngantor atau tidur.  Ya tidur,  sebab jam tangan pintar Garmin Fenix 6 ini mengambil data-data kesehatan terutama fluktuasi detak jantung dan waktu istirahat. Untuk itu, kami coba gunakan untuk tidur dan berlari kecil baik di outdoor maupun indoor.

Tombol pengatur


Tombol pengatur

Fenix 6 telah membawa sertifikasi Standar Militer 810G, yang artinya produk ini telah siap menerima guncangan tiba-tiba, lonjakan temperatur, tekanan udara dan sebagainya. Jadi, tak perlu kuatir untuk digunakan pada berbagai kondisi lingkungan.

Rangka Fenix 6 juga telah dimodifikasi menggunakan bahan baja antikarat dengan lindungan kaca Sapphire Crystal agar tidak mudah tergores. Produk yang kami review membawa tali jam berwarna hitam terbuat dari bahan silikon.

Bagian permukaan menampilkan layar dengan dikelilingi bezel yang cukup lebar, sementara bagian belakang, diisi oleh sensor detak jantung optikal juga panel charger. Over all, tampilan Fenix 6 ini lebih condong ke model jam konvensional bertema sport. Jadi sekali lagi, dipakai untuk berbagai suasana tetap asyik dan modis.

Display dan Interface

Garmin Fenix 6

Garmin Fenix 6

Layar Fenix 6 memang dibuat tidak secemerlang Apple Watch ataupun Galaxy Watch milik Samsung, tapi memiliki keunggulan tersendiri. Pertama, layar jenis LCD transflektif ini terkenal mudah dibaca di bawah terik matahari sekalipun. Dan kedua, layar ini terkenal hemat daya. Jadi tidak ada masalah dengan kehadiran layar ini.

Layar ini juga mampu menampilkan semua informasi dengan baik, melalui watchface yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Membawa resolusi 260 x 260 pixel, semua fungsi terlihat jelas termasuk fungsi heartrate monitor, dan fitur olah raga lain, semisal penghitungan jumlah langkah, berenang, pendakian gunung dan lain-lain.

Fenix 6 ini memiliki metode kontrol yang mirip dengan jam sport konvensional, karena layar yang dibawa bukanlah layar sentuh. Ada 5 tombol yang mengelilingi casing jam tangan ini. Dua di sebelah kanan, dan tiga di sebelah kiri. Masing-masing memiliki fungsi yang unik. Terutama saat menavigasi di dalam menu dan fungsi. Tombol oke, back, atas dan bawah menempati tombol berbeda yang saling terpisah. Jujur ini sedikit menyulitkan, terutama bagi pengguna baru.

Daya Tahan Baterai

Salah satu kelebihan Fenix 6 adalah daya tahan baterainya yang luar biasa. Terutama bagi pengguna Apple Watch dan Samsung Galaxy Watch seperti penulis. Dengan sekali charging dan penggunaan layaknya standar smartphone lain, termasuk notifikasi, day to day heart rate monitoring, sedikit GPS, ponsel ini bertahan hampir 10 hari dalam pengetesan kami.

Hitungan 66% ke 12% kami dapatkan dalam satu minggu saja. Hal ini tentu tidak akan menyulitkan kita sebagi pengguna, terutama jika kita berada di suatu tempat yang jauh dari sumber daya listrik.

Sensor-Sensor dan Watchface

Seperti halnya pada jam tangan GPS Garmin lainnya, di Fenix 6 kita pun bisa melakukan kustomisasi watchface. Tidak hanya supaya muka jam tangan Anda berbeda dengan yang lain, kustomisasi ini lebih banyak digunakan untuk menampilkan fitur-fitur tertentu yang paling Anda butuhkan dalam seatu tampilan.

Awalnya, mungkin kita akan berpikir bahwa watchface yang disediakan sangat terbatas, namun dengan fungsi kustomisasi ini, Anda bisa memadukan tampilan dasar dengan sejumlah tampilan tambahan.

sensor

sensor

Bahkan dengan aplikasi Garmin’s Connect IQ, kita bisa membuat watchface dengan foto yang kita miliki, sehingga makin berbeda dengan punya orang lain.

Sementara jika ditanya, fitur-fitur apa saja yang ada di Fenix 6, maka kai bisa iinformasikan semuanya ada di sini. Anda bisa memanfaatkan fitur yang memang sudah ahlinya Garmin, yaitu peta dan navigasi. Anda hanya perlu masuk ke jenis aktivitas, outdoor, lalu pilih maps untuk menentukan tujuan atau jika suatu saat Anda tersesat, hanya menggunakan Fenix 6 Anda bisa memproyeksikan lokasi Anda berada.

Fitur-fitur

Fitur-fitur

Lalu hampir semua aktivitas juga bisa kita monitor menggunakan Fenix 6. Bahkan jika Anda suka golf, Anda bisa mendownload peta ladang golf untuk menentukan hole dan informasi tentang ladang golf tersebut secara spesifik.

Bersepeda, berjalan, berlari, berenang, bermain kayak, triathlon, ski adalah beberapa aktivitas yang bisa kita monitor melalui jam tangan ini. Belum termasuk fungsi lain, yang mungkin Anda butuhkan semisal mendengarkan musik yang tersimpan dalam jam. Benar Fenix 6 ini sudah mendukung aplikasi Spotify untuk hiburan. (*)

Kelengkapan

Kelengkapan

Spesifikasi:

Harga Fenix 6 Sapphire: Rp 12.999.000

Bahan Rangka: Baja Anti Karat, carbon mirip diamond

Dimensi: 47 x 47 x 14.7 mm, 82 gram

Bahan Tali: silikon

Display: Transflektif LCD 1,3 inci, 260 x 260 pixel, Corning Gorilla Glass 3/ Kristal Safir

Tekanan Air max: 10 ATM

Memori: 32 GB

Paket penjualan: Fenix 6, buku manual, kabel charger

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Huawei Siap Luncurkan 8 Perangkat Terbaru Minggu Depan, Apa Saja?

Xiaomi Luncurkan Mitu, Jam Pintar untuk Bantu Belajar Anak

Garmin Indonesia Rilis Instinct Tactical Edition, Smartwatch Tangguh untuk Segala Medan

Xiaomi Mi Watch Resmi Melenggang, Usung Wear OS dengan Antarmuka MIUI

Google Bakal Akuisisi Produsen Smartwatch Fitbit Senilai Rp29,4 Triliun, untuk Apa?

Terpopuler Minggu Ini

Bocor! Begini Spesifikasi Lengkap Ponsel Nokia TA-1212

Siap Meluncur di Indonesia, realme C3 Jadi Smartphone dengan Helio G70 Pertama di Pasaran

Samsung Hadirkan Penawaran Menarik di Pre Order Galaxy S20 Series, Apa Saja?

Gandeng Rahasia Gadis, Hippo Hadirkan Powerbank Khusus Berkapasitas 10.000 mAh

Samsung Siapkan Versi Murah Galaxy A70, Begini Penampakan dan Spesifikasinya

Terpopuler Bulan Ini

5 Smartphone Sejutaan Dengan Baterai Jumbo Paling Kekinian

Resmi Dirilis! realme C3 Gunakan Helio G70, Dibanderol Rp.1 Jutaan

Bye-bye Blackberry, Penjualan Smartphone-nya Resmi Berakhir Agustus Mendatang (update)

Resmi Meluncur, Samsung Galaxy A01 Usung Snapdragon 439 Plus Harga Terjangkau

Jadi Seri A Terbaru, Apa Saja Keunggulan OPPO A31?

Terpopuler

Cek di Sini Apakah Merek Smartphone Anda Termasuk yang Siap Update Android 10 Tahun Ini

Jelang Akhir Tahun, 7 Smartphone Ini Turun Harga

Ternyata Segini Harga dan Spesifikasi Oppo A5 2020

Murah Nih! Vivo Y11 (2019) Punya Baterai 5.000 mAh Dibanderol Rp1 Jutaan

Waspada! Ini Resiko Membeli Smartphone Android Murahan