Review OPPO Find X2 Pro: Seri Flagship dengan Segudang Inovasi


Jum'at, 17 April 2020 • 09:39


OPPO Find X2 Pro

OPPO Find X2 Pro

OPPO akhirnya resmi menghadirkan seri flagship terbarunya, Find X2 Series ke pasaran tanah air. Perangkat ini digadang-gadang membawa segudang inovasi baru, terutama di sektor display dengan membawa 120Hz QHD+ Ultra Vision Screen yang tidak hanya mampu memberikan tampilan yang memukau, tapi juga terbaik di industri smartphone saat ini.


Tidak hanya layar, Find X2 Series pun masih membawa beberapa fitur premium lain seperti kamera yang didapuk sebagai perangkat dengan kemampuan terbaik dan menduduki posisi jawara di DxOMark. Satu lagi, Find X2 Series pun dibekali baterai dengan daya tahan terbaik di kelasnya, pun didukung sistem pengisian daya super cepat yang ada di pasaran.

Tanpa perlu berpanjang lebar, saat ini di meja tes redaksi PULSA sudah hadir satu varian dari Find X2 Series yang memiliki spesifikasi paling canggih, yakni OPPO Find X2 Pro. Seperti apa performa keseluruhannya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Paket Penjualan: Handset, Adapter Charger, Kabel USB Type-C, Headset, Soft Case, Buku Manual, Kartu Garansi, SIM Ejector


Warna: Satin Black (ceramic), Tea Orange (Leather)

Harga: Rp 17.999.000



Desain Mewah dan Tahan Air

Tidak perlu diragukan lagi, OPPO memang sangat piawai dalam ‘mendandani’ semua perangkatnya. Mulai dari kemasan, hingga desain produk dirancang secara khusus untuk menghadirkan kesan mewah. Teknik produksi yang diterapkan pun semuanya sangat canggih. Di unit Find X2 Pro yang PULSA uji, poin-poin tersebut terlihat dengan jelas.


Meski secara inovasi tidak ada yang baru, namun desain Find X2 Pro Vegan Leather memang mencerminkan kelas flagship. Konstruksi fisiknya yang solid terlihat sederhana, namun aura premium terlihat jelas dari penggunaan material kulit sintetis yang memiliki tekstur kesat bak kulit jeruk. Warna Orange Tea yang membalut bodi perangkat ini menambah kesan istimewa dan tentunya sangat berkelas.

Tidak seperti varian Find X2 Pro dengan bodi kaca dan keramik yang lcin jika diletakan, perangkat yang diuji PULSA ini sangat nyaman dan enak digenggam. Pengguna juga tidak perlu khawatir ‘tergelincir’ saat meletakan Find X2 Pro vegan leather ini. Satu lagi yang biasanya jadi kekhawatiran pengguna saat meletakan ponsel di tempat datar adalah sensor kamera. Di Find X2 Pro, OPPO membuat panel kamera belakang dengan sedikit menonjol dan dilapisi frame berbahan aluminum. Di sudut bawah, ada pula logo OPPO yang terukir di panel aluminum berwarna keemasan sebagai pemanis sekaligus pelindung bagian belakang.

Find X2 Pro sendiri menerapkan desain kurva-ganda yang cukup ramping di bagian depan dan belakang. Permukaan bodinya memiliki lengkungan sekitar 67,8 derajat, dan menciptakan efek visual borderless alias tanpa tepian bezel yang biasanya menghiasi pinggiran layar smartphone. Struktur ini sebenarnya sudah mulai diusung oleh Find X generasi awal, dan konsep ini lah yang membuat tampilan depan Find X2 Pro terlihat modern.

Di bagian depan, OPPO merombak konsep desain kamera geser di Find X menjadi punch hole camera di Find X2 Pro. Konsep ‘lubang kamera’ di layar ini memang tengah ngetren di kalangan smartphone flagship belakangan ini. Padahal, jika inovasi under display camera yang sempat dimunculkan OPPO beberapa waktu lalu direalisasikan pada Find x2 Pro, bisa jadi lebih menarik lagi.

Layaknya seri menengah ke atas OPPO, Find X2 Pro pun tidak terlalu banyak menyertakan banyak port maupun sensor khusus di bodinya. Di sisi kanan dan kiri, hanya dihiasi tombol power serta volume. Di bagian bawah, OPPO meletakkan corong speaker, port charger dan juga SIM card tray.

Satu lagi yang cukup penting terkait desain Find X2 Pro, ternyata perangkat ini sudah mengantongi sertifikasi IP68 loh. Artinya, Find X2 Pro memiliki ketahanan akan debu dan air. Perangkat ini pun bisa diajak berenang dengan kedalaman hingga 1,5 meter selama 30 menit. Jadi, netizen nyinyir yang kerap menyindir soal perangkat OPPO yang tidak dibekali kemampuan water resistant, Find X2 Pro adalah jawaban dari OPPO.

Layar AMOLED 120Hz Berlapis Gorilla Glass 6

Inilah highlight utama dari Find X2 Pro. Di perangkat ini, OPPO benar-benar menghadirkan inovasi paling baru di industri smartphone. Meski bukan produk dengan layar 120Hz pertama di dunia, namun Find X2 Pro merupakan perangkat dengan layar 120Hz pertama di Indonesia yang sudah bisa dibeli.

Layar Find X2 Pro sendiri memiliki resolusi 2K alias QHD+ Ultra Vision Screen yang mampu memberikan lebih dari satu milyar variasi tampilan warna. OPPO menglaim ini merupakan sebuah revolusi visual untuk resolusi, warna, refresh rate dan pencahayaan. Dengan resolusi 3168 x 1440 piksel dan punya kerapatan 513 ppi, daya pemantulan layar rendah serta pencahayaan layar maksimum hingga 1200nit, perangkat ini menciptakan tampilan yang jernih dan nyaman di berbagai keadaan.

Terkait tampilan layar, OPPO menyertakan opsi pengaturan display yang cukup cerdas. Pengguna dapat mengatur resolusi layar sesuai kebutuhan, bisa FHD+ atau QHD+. Ada juga opsi pengaturan refresh rate, mau yang 120Hz, standar 60Hz atau diatur secara otomatis. Biasanya sih, pilihan ini ada kaitannya dengan konsumsi baterai. Jadi, pengguna diberikan keleluasaan untuk mengaturnya sesuai kebutuhan.

Layar Find X2 Pro juga memiliki tingkat kepekaan sentuhan yang mencapai 240Hz. Ini menjadikan respon pengoperasian layar yang lebih cepat dan akurat. Terutama, untuk fungsi in-display fingerprint, sangat terasa kemampuannya.

Nah, untuk tampilan yang lebih maksimal terutama untuk video, Find X2 Pro berdasarkan data teknis sudah disokong O1 Ultra Vision Engine. Dengan teknologi ini, Find x2 Pro memiliki fitur Motion Clear dan HDR video enhancement. Motion Clear meningkatkan frame rate saat menonton video online dan siaran olahraga dari 30 fps menjadi 60 fps, bahkan 120 fps. Selain itu, teknologi paling baru ini juga mampu menghadirkan pemutaran video yang lebih mulus, mengurangi efek motion jitter (gambar yang tidak stabil/patah-patah) dan efek stepped contours (gambar berbayang).

Selain memiliki tampilan yang super canggih, layar perangkat ini pun cukup kuat dan anti gores. Pasalnya, Find X2 Pro sudah melapisi kaca depan dengan Gorilla Glass generasi ke-enam yang diklaim sangat tahan baret.

Antarmuka ColorOS 7 yang Lebih Keren

Find X2 Pro hadir dengan sistem operasi Android 10 yang ditandem antarmuka khas OPPO paling baru yakni ColorOS 7.1. Kolaborasi ini menghasilkan visual yang clean dan sederhana dengan sistem animasi yang lebih intuitif serta efek suara yang lebih halus sehingga memungkinkan pengguna untuk lebih fokus pada konten.

Selain kustomisasi ikon, ColorOS 7.1 memiliki mode gelap yang mendukung lebih dari 200 aplikasi third-party terpopuler. Mode ini mampu memberikan pengalaman yang lebih ramah mata saat membaca di segala kondisi dan mampu meningkatkan masa pakai baterai sebesar 38%. Dark Mode ini juga bisa dikolaborasikan dengan opsi pengaturan layar ramah mata (eye care) milik Find x2 Pro, untuk kenyamanan yang lebih maksimal.

ColorOS 7.1 juga dilengkapi dengan fitur-fitur khusus, termasuk AI-adaptive Eye Protection System yang menyesuaikan suhu dan kecerahan layar. Selain itu, Wireless Printing, Text Scanner, dan Multi-user Mode dapat memudahkan pengguna dan saat bekerja di era 5G yang semakin cepat.

Tidak hanya itu, ColorOS baru ini juga menghadirkan Anti-fragmentation mengurangi backend memory fragmentation dan mengurangi app crashing dan lagging hingga 93%. Dengan mengantisipasi dan mempelajari kebiasaan pengguna dari waktu ke waktu, teknologi Priority Management akan menutup aplikasi yang pengguna jarang gunakan sehingga mampu meningkatkan pemanfaatan RAM sistem sebesar 40% dan average system response sebesar 30%. ColorOS 7.1 juga meningkatkan respons sentuh dan kecepatan peluncuran aplikasi, serta memastikan tidak adanya latensi bahkan setelah penggunaan jangka panjang.

Kamera No.1 di DxOMark

Ini dia keunggulan lain dari Find X2 Pro. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kamera OPPO Find X2 Pro saat ini menduduki posisi tertinggi di DxOMark dengan skor 124 untuk kamera utama. Jadi soal kualitas jepretan, tidak perlu diperdebatkan lagi ya.

Sebagai informasi saja, konfigurasi kamera yang diusung Find X2 Pro sepintas mirip dengan OPPO Reno 10x Zoom. Di flagship terbaru ini OPPO pun menanamkan tiga kamera utama dengan dengan lensa utama wide angle 48MP + lensa bersudut ultra lebar 48MP + lensa telefoto 13MP, yang mampu mencapai 10x zoom hybrid. Menurut data teknis, Find X2 Pro sendiri masih punya satu sensor kamera lagi yang posisinya ada di bawah kamera kedua (ultra-wide angle) yakni kamera TOF.

Kamera wide angle Find X2 Pro (kamera utama) menggunakan sensor Sony IMX689 yang di kustomisasi, dan memiliki ukuran sensor terbesar dibandingkan dengan semua sensor kamera smartphone 48MP yang ada di pasaran. Sensor ini juga dikombinasikan dengan teknologi dual native ISO dan aperture besar f/1.7 memungkinkan pengguna untuk memotret disegala kondisi termasuk di lokasi dengan pencahayaan sangat rendah. Find X2 Pro juga diklaim sebagai smartphone pertama yang mendukung All Pixel Omni-directional PDAF dengan kemampuan mencapai 100% pixel focusing dan omnidirectional focusing.

Kamera utama ini pun memiliki kemampuan 10x hybrid zoom yang sudah mendapatkan peningkatan dibanding generasi pertama. Chip driver OIS terbaru yang dikombinasikan dengan teknologi image multi-focus fusion dan ultra-resolution algorithm tertanam di perangkat ini, fungsinya untuk memastikan konsistensi warna dan white balance saat berganti kamera. Hal ini menjadikan proses zoom lebih alami dan mulus. Pengguna dapat dengan mudah mengganti zoom di antara tiga kamera tersebut untuk memotret jarak pendek 3 cm dan mencapai maksimum 60x zoom. Ultra Night Mode mampu memotret dengan berbagai focal length (jarak fokus) dengan zoom maksimum 60x sehingga memudahkan pemotretan menggunakan lensa telefoto di malam hari. Maksimal zoom 30x juga dapat dilakukan pada perekaman video.

Yang cukup keren, Find X2 Pro dilengkapi dengan teknologi Ultra Steady Video Pro dan Ultra Steady Video. Dua mode ini sejatinya memang memiliki karakteristik yang berbeda. Untuk Ultra Steady Video, Find X2 Pro mengandalkan kamera utama yang secara kemampuan hampir mirip dengan yang ditawarkan Reno2. Sementara untuk Ultra Steady Video Pro mengandalkan kamera ultra-wide angle 48MP yang menggunakan sensor Sony IMX586. Kamera ini bisa menangkap gambar bergerak dengan sudut 120 derajat, dan sudah dibekali dengan algoritma stabilisasi gambar baru yang mutakhir.

Poin plusnya, selain bisa merekam video 4K 60fps, Find X2 Pro juga menawarkan kemampuan merekam video secara Live HDR. Dengan mengintegrasikan perekaman video 10bit, pixel-level real-time grading exposure, dan kalibrasi warna video, hasil rekaman Find X2 Pro mampu memberikan efek video yang lebih bertekstur.

Untuk yang hobi berkreasi, Find X2 Pro juga menyertakan editing video langsung dari perangkat yakni Soloop. Pengguna dapat merekam, mengedit, dan membagikan video dengan mudah, cepat, dan menyenangkan hanya dengan satu klik saja. Fasilitas gratis ini sudah built-in di Reno2 Series dan eksklusif digarap oleh OPPO. Menariknya, Soloop dilengkapi beragam template video, filter, musik dan juga bisa menambahkan subtitle. Pengguna juga bisa dengan mudah melakukan pemotongan klip video lewat opsi Trim.

Hasil foto kamera belakang - indoor (macro)

Hasil foto kamera belakang - indoor (macro)

Hasil foto kamera belakang - outdoor (night)

Hasil foto kamera belakang - outdoor (night)

Hasil foto kamera belakang - outdoor 48 MP

Hasil foto kamera belakang - outdoor 48 MP

Hasil foto kamera belakang - outdoor (bokeh)

Hasil foto kamera belakang - outdoor (bokeh)

Hasil foto kamera depan - selfie

Hasil foto kamera depan - selfie

Performa Terbaik dengan Snapdragon 865

Untuk memastikan kinerja keseluruhan berjalan dengan baik dan mulus, Find X2 Pro menjejalkan chipset terbaru Qualcomm Snapdragon 865. Jeroan ini dibangun berdasarkan pabrikasi 7nm+ dan punya konfigurasi prosesor Octa-core (1x2.84 GHz Kryo 585 + 3x2.42 GHz Kryo 585 + 4x1.8 GHz Kryo 585). Kebetulan, perangkat Find X2 Pro yang dijual di pasaran Indonesia memiliki pilihan RAM 12GB dan ROM 512GB.

Menariknya, untuk memori ini Find X2 Pro sudah mengusung LPDDR5 (RAM) dan UFS 3.0 + TW + HPB yang meningkatkan kecepatan sequential write dan random write setelah penggunaan dalam jangka waktu yang lama. Berdasarkan data uji OPPO Lab, kecepatan sequential read dan sequential write meningkat lebih dari 100% dan kecepatan random write meningkat hingga 16,8%.

Soal performa, sepertinya tidak perlu dibahas panjang lebar. Dengan konfigurasi daleman seperti ini otomatis semua fungsi bisa dieksekusi dengan lancar jaya. Untuk para gamer mobile pun bisa menjalankan beragam permainan berat di Find x2 Pro dengan trengginas.

Supaya lebih jelas, PULSA juga melakukan uji benchmark menggunakan beberapa aplikasi. Hasilnya tentu saja sangat memuaskan. Dengan AnTuTu versi 8.2.8, Find X2 Pro membukukan skor 580 ribuan dengan posisi jawara (no.1) mengalahkan ROG Phone 2 dan Galaxy Note 10+.

Tidak hanya itu, OPPO Find X2 Pro yang masuk Indonesia juga ternyata sudah mendukung network 5G SA/NSA dual-mode. Produk ini menggunakan desain antena surround 360 derajat untuk memastikan sinyal smartphone tetap dalam keadaan optimal. Lewat teknologi OPPO Smart 5G, Find X2 Pro diklaim bisa efektif mengatur jaringan 5G, 4G dan WiFi. Bahkan, teknologi ini juga mendukung 5G + 4G dual-receiver, dual-card, dan dual-standby dengan jaringan yang lebih stabil.

65W SuperVOOC Flash Charge 2.0

Sebagai sumber power, OPPO Find X2 Pro disokong baterai dengan kapasitas yang cukup besar, yakni 4260 mAh. Untuk penggunaan normal saja, baterai ini bisa bertahan hampir seharian penuh. Namun, jika pengguna terus menerus menggunakan pengaturan layar maksimal juga berkomunikasi dan akses data secara simultan, performa baterai perangkat ini memang bisa cepat terkuras.

Tapi beruntungnya, OPPO sudah membekali Find X2 Pro dengan sistem pengisian baterai super cepat. SuperVOOC di perangkat ini merupakan generasi kedua yang juga sudah mendukung 65 Watt pengisian daya. Hanya saja, teknologi 65W SuperVOOC 2.0 ini baru bisa berfungsi dan berjalan dengan maksimal jika menggunakan adaptor dan kabel USB Type-C bawaan. Dalam penggunaannya, ekosistem pengisian daya super cepat di perangkat ini bisa mengisi penuh baterai hanya dalam waktu 38 menit saja.

Kesimpulan

OPPO Find X2 Pro bisa dibilang menjadi salah satu smartphone Android terbaik saat ini. Selain tampil dengan desain yang elegan, perangkat ini juga didukung spesifikasi terbaik yang ada di pasaran. Tengok saja layar 120Hz, kamera yang menduduki rangking no.1 di DxOMark, performa hardware mumpuni dari Snapdragon 865 serta dukungan pengisian super cepat 65W SuperVOOC 2.0.

Hanya saja yang perlu digaris bawahi, banderolan harga yang sekitar Rp 17.999.000 untuk Find X2 Pro memang tergolong tinggi. Tapi bagi konsumen yang ingin mendapatkannya, OPPO sendiri menawarkan beragam promo menarik termasuk gimik bonus menggiurkan yang saying untuk dilewati. Satu lagi yang jadi catatan, jaringan 5G yang didukung oleh Find X2 Pro untuk saat ini membang belum bisa dimanfaatkan secara maksimal. Namun jika sudah ready, bakal menjadi teknologi yang paling dicari.

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

OPPO Buka Pre Order Reno4 dan OPPO Watch di Lazada

Wow! 100 Unit OPPO Reno4 Ludes Dalam Waktu 3 Menit

OPPO Reno4 dan OPPO Watch Resmi Hadir di Indonesia

Hands On dan First Impression OPPO Reno4, Banyak Fitur Barunya

Meluncur 6 Agustus, Ini Spesifikasi Lengkap Reno4 dan OPPO Watch

Terpopuler Minggu Ini

Huawei Hadirkan MatePad T8 di Indonesia

ANKER Luncurkan Powerbank Kelas Menengah PowerCore Select 10000

Indosat Ooredoo dan NetFoundry Hadirkan Network-as-a-Service (NaaS)

Zoho Workplace Suite Catat 15 Juta Pengguna Aktif di Seluruh Dunia

Avenger Hingga Warkop DKI: Disney+ Hotstar Hadir 5 September

Terpopuler Bulan Ini

4 Smartphone Baru Resmi Hadir di Pasar Global

XL Pascabayar Sediakan Kuota Hingga 300GB, Harga Mulai Rp 105 Ribu

Galaxy M21, Sobat Anti Mati Gaya Selama New Normal

Review Samsung Galaxy A01 Core: Smartphone Pemula, Baterai Tahan Lama

Ini yang Bikin Nge-game di HUAWEI Nova 7 Jadi Lebih Seru

Terpopuler

Review: 9 Alasan untuk Meminang Sang Jawara Redmi Note 9 Pro

Resmi Dipasarkan, Begini Ketangguhan 2 Laptop Gaming Terbaru Acer

Smartphone Sejutaan dengan Baterai 5000 mAh, Paling Cocok untuk Ojek Online

2 Smartphone Jagoan Xiaomi Resmi Meluncur, Begini Spesifikasi Serta Harga Jualnya

Redmi 10X 4G, Redmi 10X 5G dan Redmi 10X Pro Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasinya