Review realme Band: Smartband Terbaik untuk Memantau Kesehatan


Selasa, 28 April 2020 • 12:44


realme Band

realme Band

realme secara resmi menghadirkan smartband perdananya, realme Band, untuk pasar Indonesia. Perangkat ini akan menjadi salah satu alat pemantau kesehatan yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau di pasaran tanah air. Meski begitu, realme Band tetap dibekali fitur kesehatan yang cukup komplit, serta dapat terkoneksi dengan lancar ke smartphone untuk menampilkan berbagai notifikasi penting.


Tampil dengan desain yang cukup berkelas, serta dikombinasikan kemampuannya tersebut, bisa dipastikan smartband yang membawa tagline “Live Fit. Live Smart” ini dapat menjadi pilihan menarik.

Sebagai informasi, First Sale pertama realme Band akan digelar pada 28 April pukul 19.00 WIB di Shopee.id dan realme.com. Realme juga akan membuka Firs Sale kedua pada 30 April pukul 13,00 WIB. Untuk banderolan harga, realme Band dijual Rp 299.000 dari harga normal Rp 399.000.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.


Desain

Konsep desain realme Band memang tidak jauh beda dengan kebanyakan smartband yang ada di pasaran. Bentuknya melengkung, layaknya sebuah gelang dengan model yang ergonomis. Menariknya, bodi realme Band terbuat dari bahan polimer yang ringan dan tentunya ramah lingkungan. Berdasarkan data teknis, berat perangkat ini hanya sekitar 20 gram saja.

Body realme Band

Body realme Band

realme Band tampil premium dengan hadirnya layar warna berukuran 0.96 inci (2,4 cm). Layar ini mendukung 65.000 warna beresolusi 80x160 piksel dan dengan ukurannya ini dapat menampilkan 64 huruf. Cukup lah untuk menampilkan notifikasi dan informasi penting dari smartphone, atau sebagai penampil detil monitoring fitur kesehatan.

Smartband perdana realme ini juga dilengkapi tombol sentuh yang memungkinkan layar bisa diakses dengan mudah dan intuitif. Untuk menampilkan halaman layar tinggal men-tap tombol sentuh virtual tersebut.


Display realme Band

Display realme Band

 

Layar cerdas realme Band juga menyertakan 5 tampilan khusus. Pengguna bisa dengan mudah mengatur serta menyesuaikan tampilan layar melalui aplikasi realme Link. Satu lagi yang cukup menarik, realme Band juga telah dibekali user interface (UI) yang cukup interaktif.

realme Band hadir dengan dukungan tali (strap) yang keren dengan lebar 16mm dan dapat dilepas, pilihan warnanya ada hitam dan hijau. Panjang talinya juga bisa disesuaikan dengan ukuran 152-227mm. Strap ini terbuat dari bahan TPU yang diklaim cukup kuat, tahan aus, tahan digin, tahan minyak, tahan air dan tahan cuaca. Kerennya, band ini juga antibakteri, antijamur serta radiasi anti-ultraviolet.

strap realme Band

strap realme Band

Tali realme Band memiliki lubang-lubang layaknya strap jam tangan. Fungsinya tentu saja untuk memudahkan pengguna menyesuaikannya dengan lingkar tangan. Lubang-lubang ini juga punya fungsi lain, yakni sebagai lubang sirkulasi ketika tangan berkeringat.

realme Band sudah mengantongi sertifikasi IP68. Ini menandakan bahwa realme Band tahan terhadap kotoran, debu, pasir, dan air. Dengan kata lain IP68 pada realme Band dapat mencegah benda-benda eksternal seperti debu masuk ke dalam komponen dan memastikan bahwa tidak akan ada masalah saat realme Band direndam ke dalam air. Namun, kemampuan tahan air ini hanya bisa bertahan di kedalaman hinngga 1,5 meter saja ya.

Fitur Kesehatan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, realme Band menawarkan fungsi utama sebagai alat pemantau kesehatan lewat sensor Akselerometer 3-poros yang dimilikinya. Salah satu yang paling penting, realme Band juga dilengkapi sensor detak jantung optik PPG. Sensor ini sudah dioptimalisasi untuk memonitor heart rate dengan presisi dan hasil yang akurat, real time dalam 24 jam.

Secara teknis, cahaya dari optik PPG realme Band akan ditembakan ke kulit dan dengan akselerasi yang maksimal mengumpulkan data-data yang dibutuhkan. Selanjutnya, cahaya tersebut akan dipantulkan kembali untuk mengkalkulasi data monitoring tersebut dan hasilnya akan ditampilkan di layar perangkat. Menariknya, realme Band juga dilengkapi reminder (pengingat) bagi pengguna terkait hasil hitung detak jantung, apakah rasionya terlalu rendah atau malah ketinggian. Reminder ini sangat penting dijadikan panduan untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

realme Band sensor

realme Band sensor

Fitur kedua yang juga cukup penting dari realme Band adalah kemampuan untuk memonitoring kualitas tidur. Istilah kerennya “Sleep Quality Monitor”. Untuk memantau aktivitas tidur, sistem akan melacak pergerakan serta kondisi detak jantung, algoritma yang dimiliki realme Band akan secara otomatis menganalisa kualitas tidur. Hasil hitungnya akan tertampil berupa laporan lengkap dalam bentuk grafik dan angka, yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui lebih banyak tentang pola tidur.

Sleep Quality Monitor juga bisa dimanfaatkan untuk menjadwalkan kapan waktunya untuk tidur, dan kapan seharusnya bangun. Fitur ini juga akan menampilkan berapa lama idealnya seseorang itu harus tidur dalam satu hari. Menariknya, perangkat ini juga akan memberikan saran pribadi terkait hasil diagnosa pola tidur pengguna.

Tidak hanya tidur, realme Band juga bisa mendeteksi berapa lama penggunanya berdiam atau duduk. Fitur “Idle Alert” ini akan secara otomatis mengingatkan pengguna untuk bergerak atau jalan-jalan. Fitur ini juga mampu memonitor sekaligus mengingatkan pengguna untuk minum air secara teratur, agar pengguna terhindar dari dehidrasi dan akan selalu tetap sehat.

Fitur lain yang tidak kalah kerennya, realme Band juga menyertakan “Sport Tracker”. Perangkat ini mendukung 9 mode olahraga seperti kriket, yoga, berjalan, lari, hiking, mendaki, bersepeda, spinning dan fitnes. Pengguna bisa mengatur dan menyimpan 4 dari 9 mode olahraga di realme Band. Dimasa PSBB karena pandemic Covid-19 ini, pengguna juga bisa memanfaatkan mode fitnes untuk tetap bisa memantau aktifitas workout dan kesehatan selama tetap di rumah. Untuk melakukan pengaturan dan menentukan jenis olahraga apa saja yang akan dipilih, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi realme Link yang bisa diinstal ke smartphone.

realme Band mode

realme Band mode

Untuk sebuah smartband dengan harga Rp 300 ribuan, fitur monitoring kesehatan yang dimiliki oleh realme Band ini sudah terbilang komplit.

Fitur Tambahan

Tidak hanya didukung fitur kesehatan, realme Band juga memiliki beberapa fitur tambahan yang cukup menarik seperti Smart Notification. Fitur ini menerima seluruh notifikasi aplikasi penting dan akan menampilkan ikon yang sesuai seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, Twitter, TikTok, YouTube, Messenger dan juga SMS.

Kemampuan ini tentu saja akan sangat membantu pengguna untuk memantau semua konten pesan yang ada di smartphone secara langsung. Hanya saja, durasi menampilkan notifikasi di layar sangat sempit, maka dari itu realme mengoptimalkan waktu dalam menampilkan notifikasi di layar sehingga pengguna dengan leluasa membaca notifikasi pada layar.

realme Band juga mendukung fungsi jam, tanggal, prakiraan cuaca, find your phone (cari perangkat saya) dan yang cukup keren bisa juga untuk kontrol player musik di smartphone.

Konektivitas dan Aplikasi realme Link

Selain bisa digunakan secara mandiri, realme Band juga dapat dihubungkan dengan perangkat smartphone dengan versi Android 5 keatas. Proses pairing bisa dilakukan dengan mudah dan cepat, berkat dukungan koneksi Bluetooth versi 4.2 yang dimiliki realme Band.

Dan untuk lebih maksimal lagi, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi realme Link yang dapat diunduh langsung dari toko aplikasi yang ada di smartphone. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, aplikasi realme Link ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan pengaturan serta mengaktifkan semua fitur yang ada di realme Band.

realme Link

realme Link

Antarmuka dari aplikasi realme Link juga terbilang cukup informatif. Layar beranda langsung menampilkan empat informasi inti secara terperinci dan intuitif: penghitungan langkah, tidur, detak jantung, dan informasi perekaman gerakan.

Di bagian menu pengaturan, pengguna bisa memilih jenis olahraga yang didukung oleh realme Band. Pengguna juga bisa dengan mudah menelusuri semua informasi penting dari realme Band dari aplikasi ini. Untuk menu pengaturannya sendiri terdiri dari Pengaturan panggilan, Manajemen pengingat, Pelacak detak jantung, Mode Do Not Disturb, Mode Olahraga, Sensor gravitasi saat angkat pergelangan tangan untuk menyalakan layar , Goal Setting , Pengaturan kecerahan, Pengaturan Bahasa, Pengaturan rentang denyut jantung, Tampilan status koneksi pada notifikasi, Sensor kecerahan layar saat angkat pergelangan tangan, Pembaharuan peralatan, restart, unpair, dan hapus perangkat.

Baterai

realme Band dibekali baterai berkapasitas 90 mAh (BIS), yang dapat diisi ulang dengan menyambung langsung ke port USB, tanpa perlu kabel pengisian daya. Lebih simpel dan nyaman. USB Direct Charge ini ada di ujung bodi.

USB Direct Charge

USB Direct Charge

Dengan kapasitas baterai sebesar ini, realme Band sejatinya bisa bertahan hingga sekitar 9 hari dalam sekali pengisian penuh. Tapi sebagai catatan, durasi ini berlaku normal tanpa mengaktifkan fungsi monitoring detak jantung. Namun jika fungsinya diaktifkan dan semua notifikasi berjalan, baterai realme Band bisa bertahan selama sekitar 7 hari.

Kesimpulan

Dalam segala kondisi dan situasi, monitoring kebugaran diri adalah suatu hal yang penting dan harus tetap dilakukan. realme Band hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut, lengkap dengan desain keren, pilihan warna yang ciamik serta kemampuan dalam memantau kesehatan secara real time dan akurat. Dengan banderolan harga yang sangat terjangkau, realme Band bisa dianggap “Smartband Fit & Style Terbaik di Segmennya”.

Sales Package realme Band

Sales Package realme Band

(Penulis: Hairuddin Ali/@hairuddin_ali)

 

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

3 Alasan realme C15 Jadi Smartphone Pilihan di Harga 2 Jutaan

Adu Fitur realme C15 vs Vivo Y15: Smartphone Entry Level Berbaterai Monster

Redmi 9 Ditantang Realme C15, Ini Perbedaannya!

realme C15 Resmi Hadir di Indonesia, Ini Harganya

Review realme C15 : Usung Baterai Besar, Kini dengan Quick Charge

Terpopuler Minggu Ini

Huawei Hadirkan MatePad T8 di Indonesia

ANKER Luncurkan Powerbank Kelas Menengah PowerCore Select 10000

Indosat Ooredoo dan NetFoundry Hadirkan Network-as-a-Service (NaaS)

Zoho Workplace Suite Catat 15 Juta Pengguna Aktif di Seluruh Dunia

Avenger Hingga Warkop DKI: Disney+ Hotstar Hadir 5 September

Terpopuler Bulan Ini

4 Smartphone Baru Resmi Hadir di Pasar Global

XL Pascabayar Sediakan Kuota Hingga 300GB, Harga Mulai Rp 105 Ribu

Galaxy M21, Sobat Anti Mati Gaya Selama New Normal

Review Samsung Galaxy A01 Core: Smartphone Pemula, Baterai Tahan Lama

Ini yang Bikin Nge-game di HUAWEI Nova 7 Jadi Lebih Seru

Terpopuler

Review: 9 Alasan untuk Meminang Sang Jawara Redmi Note 9 Pro

Resmi Dipasarkan, Begini Ketangguhan 2 Laptop Gaming Terbaru Acer

Smartphone Sejutaan dengan Baterai 5000 mAh, Paling Cocok untuk Ojek Online

2 Smartphone Jagoan Xiaomi Resmi Meluncur, Begini Spesifikasi Serta Harga Jualnya

Redmi 10X 4G, Redmi 10X 5G dan Redmi 10X Pro Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasinya