Review MI TV 4 - 55 Inci: Fitur Komplit Harga Menggiurkan


Kamis, 30 April 2020 • 06:12


MI TV 4 ukuran 55 iinci

MI TV 4 ukuran 55 iinci

Xiaomi sudah kadung terkenal sebaga pabrikan smartphone global. Tapi sebenarnya Xiaomi punya berbagai peralatan elektronik rumah tangga sampai fashion. Di Indonesia produk-produk non smartphone Xiaomi juga sudah banyak beredar. Yang terbaru adalah Air purifier atau pembersih udara dan tv pintar MI TV 4.


Nah, sekarang ini kami berkesempatan menguji produk terbaru MI TV 4 yang baru di boyong ke Indonesia. Produk ini sangat menarik, terutama soal harga dan fitur yang ditawarkan. Seperti halnya positioning di industry smartphone, TV pintar Xiaomi punya seabrek fitur keren dengan banderol harga yang menarik.

Akan kah TV pintar MI TV 4 ini bisa bersaing dengan produk-produk home appliance yang sudah mapan? Berikut ulasan kami.

Disain


MI TV 4 tampil minimalis namun tetap bisa memunculkan kesan elegan. Bezel di pinggir layar tak terlalu labar dan bisa dibilang cukup tipis yang jelas tak akan menggangu pandangan Anda ke layar. Logo MI ada di tengah bezel bagian bawah juga dengan ukuran yang pas, tak terlalu besar dan masih proporsional.

Di sudut kanan kiri atau bawah, Anda nyaris tak akan menemukan tombol fisik. Hanya ada satu tombol power yang letaknya tepat di bawah logo MI. Semua fungsi diatur lewat remote control seperti volume atau untuk pindah channel.

Remote control-nya pun sangat minimalis, Anda tak akan menemukan tombol angka untuk pindah channel, semua fungsi bisa diakses lewat tombol navigasi yang akan bisa diarahkan pada menu yang ada di MI TV. Selain itu, pada remote control juga terdapat tombol shortcut untuk langsung masuk ke PrimeVideo, channel TV besutan Amazon dan ada tombol short cut ke Netflix serta MI.

Remote control MI TV 4 ini juga bisa digunakan untuk menulis lewat keyboard virtual yang ada. Misalnya untuk mencari judul film atau mencati judul aplikasi. Ada juga tombol Google Assistant yang bisa Anda gunakan dengan perintah suara. Anda cukup menyebutkan judul pencarian lewat dengan cara berbicara lewat Remote Control.

Remote control

Remote control


Layar Mi TV 4 ini menggunakan jenis LED seperti halnya TV kekinian. Kebetulan unit yang kami review ini berukuran 55 inci, cukup lega rasanya dibanding TV ukuran 32 inci yang biasa kami pakai. Nah, layar 55 inci ini punya resolusi 4K yang tajam dan warna yang cerah dengan HDR 10-bit.

32 inci vs 55 inci

32 inci vs 55 inci

Menariknya, kualitas gambar MI TV 4 ini ikut ditopang dengan Vivid Picture Engine. Jadi, dengan lebar dan kualitas gambar yang menurut kami sangat baik untuk ukuran TV Pintar Rp4 jutaan, Anda berasa memiliki bioskop pribadi. Sebab, Mi TV 4 juga sudah dibekali dengan kualitas suara speaker Dolby+ DTS-HD 20W.

Nah, disain yang minimalis ini membuat Mi TV 4 terasa lebih enteng. Bahkan untuk meletakannya di meja, hanya butuh dua penyangga (kaki) yang bisa dipasang dengan mudah menggunakan mur. Di bagian belakang juga tak tampak banyak lekukan, semua port di susun sejajar di bagian kanan. Seperti port antenna analog, HMDI dan USB.

Fitur unggulan

MI TV 4 ini menjalankan OS Android dan untuk melakukan penyetingan awal, seperti menghubungkan TV ke Wifi bisa dilakukan dengan mudah. Anda cukup mengikuti saran yang ada di layar TV pada saat mengaktifkannya.

Oleh karena MI TV 4 menjalankan OS Android, maka Anda bisa menambahkan aplikasi lainnya yang ada di Google PlayStore. Misalnya aplikasi VPN, yang biasanya diperlukan untuk mengakses layanan Netflix dari provider internet yang membatasinya. Atau, bisa juga menambah aplikasi layanan video lainnya yang banyak tersedia.

Keistimewaan lainnya dari TV cerdas ini ada pada antarmuka PatchWall 3.0 milik Xiaomi yang dirancang khusus untuk Indonesia. PatchWall 3.0 menyatukan beragam mitra penyedia konten seperti Netflix, Hooq, Vidio, CATCHPLAY+, dan IFlix, menghasilkan lebih dari 700.000 jam tayangan untuk hiburan yang tak terbatas. Pencarian universal PatchWall membuatnya mudah untuk menemukan konten, bersama dengan rekomendasi yang dipersonalisasi dan kategorisasi cerdas.

Tampilan Depan MI TV 4

Tampilan Depan MI TV 4

Buat yang kepingin menikmati layanan Netflix, Anda bisa langsung memilih channel lewat tombol shortcut di remote control. Ada banyak layanan TV lainnya yang bisa Anda nikmati dan beberapa diantaranya masih memberikan masa promosi. Misalnya PrimeVideo, Anda bisa menikmati selama 1 minggu secara gratis. Xiaomi sendiri punya layanan mirip Netflix yang bisa Anda nikmati dengan penawaran gratis untuk beberapa film.

Ada beberapa channel TV yang cukup menarik yang bisa Anda nikmati selain primevideo dan Netflix. Misalnya saja HOOQ, Video, GooglePlay, dsb, Anda juga bisa menambahkan dengan mengunduh aplikasi video lain dari PlayStore. Buat yang bisa menonton channel TV konvensional seperti RCTI, SCTV dll, bisa dengan menggunakan layanan streaming atau menggunakan layanan TV analog dengan antenna biasa. 

Salah satu channel yang tersedia di MI TV 4

Salah satu channel yang tersedia di MI TV 4

Mi TV 4 ini juga sudah dilengkapi dengan Google Chromecast. Jadi, Anda bisa memindahkan tampilan smartphone le layar TV atau melakukan casting dari ponsel ke TV. Oh ya,  Mi TV ini juga bisa digunakan untuk memainkan game. Tinggal download di PlayStore dan mainkan. Jangan kuatir bakal ribet memainkannya, sebab game-game yang di-download tentu yang kompatibel dengan TV.

Port komplit

Memilih TV tentu juga harus mempertimbangkan keleluasaan dengan perangkat lain. Di sini port-port  tambahan sangat dibutuhkan. Mi TV 4 ini sudah terbilang lengkap, misalnya ada 3 port HDMI, dua port USB, port audio dan satu port untuk antenna analog.

Jadi, sudah lebih dari cukup menurut kami karena Anda bisa menikmati video dari USB flash disk atau HDD yang dihubungkan ke USB, juga dari video player lain lewat port HDMI. Port audio juga bisa Anda pakai untuk menambah volume suara lewat perangkat audio tambahan.

port lengkap

port lengkap

Penambahan 3 port HDMI (termasuk 1 port ARC), 2 port USB (2.0) dan port Ethernet, juga opsi nirkabel termasuk Wi-Fi, Bluetooth 4.2 untuk menghubungkan speaker nirkabel, headphone, atau perangkat lain seperti pengontrol game, mouse, dan keyboard, membuat seri ini menjadi pilihan yang jelas untuk mendukung kebutuhan hiburan, bahkan aktivitas bisnis seperti presentasi dan virtual meeting.

Kesimpulan

Fitur yang cukup menggiurkan, kualitas gambar yang baik serta dukungan beragam aplikasi didalamnya, Mi TV 4 ini cocok untuk dijadikan TV pintar pertama Anda. MI TV 4 ini juga pilihan yang tepat buat yang mencari TV dengan ukuran yang lebih besar dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Untuk kelas TV pintar, Mi TV 4 ukuran 55” dibanderol hanya Rp4,999,000 dan selama masa perkenalan dibanderol Rp4,799,000 sedangkan untuk ukuran 43” dibanderol Rp3.499.000 dengan harga perkenalan Rp3,299,000, Menarik bukan?

Fitur Mi TV 4 55”

-    Layar 4K HDR Resolusi 3840 x 2160

-    2× Stereo Speaker 10W

-    PatchWall 3.0 dengan Konten lebih dari 700.000 Jam

-    Android TV Google Assistant

-    Sudut pandang178°

-    Refresh rate60Hz

-    Lampu latarDLED

-    Speaker:  Powerful speaker Daya audio: 2 × 10W 6ohm

-    Multiple port

-    USB2.0×2

-    HDMI3 (1 contain ARC)

-    AV1

-    S/PDIF1

-    WIFI2.4GHz/5GHz

-    LAN1

-    Decoder video: H.265, H.264 Real MPEG1/2/4

-    Decoder gambar: PNG GIF, JPG

-    Decoder audio: DOLBY AUDIODTS

-    CPU: 64-bit quad-core Amlogic Cortex A53 quad-core

-    Memori : 2GB+8GB

-    GPUMali-450 MP3 (*)

(*)

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Ramaikan New Normal, LG Kampanyekan Tagar #KamiBersamaAnda

5 Alasan Pintar Beralih Ke Smart TV

Xiaomi Indonesia Luncurkan Mi TV 4, Mi Air Purifier 2H, dan Redmi 8A Pro via Online

TCL Luncurkan Smart TV Borderless Full Screen 32 Inci dan 40 Inci

Asiiik, TV Pintar LG Kebagian Apple TV app dan Apple TV+

Terpopuler Minggu Ini

Review realme C11 : Sejutaan Berbaterai Besar, Berlayar Lebar, Berdesain Premium

Qualcomm Luncurkan Snapdragon Wear 4100

ASUS ROG Zephyrus G14 (GA401), Laptop Gaming Mungil Tapi Gahar

MediaTek Luncurkan Chipset Gaming Helio G35 & G25

OPPO Pastikan Reno4 Akan Segera Hadir di Indonesia

Terpopuler Bulan Ini

Qualcomm Luncurkan Snapdragon Wear 4100

OPPO Pastikan Reno4 Akan Segera Hadir di Indonesia

Review realme Buds Q : Audio Berkualitas, Ngegame Makin Ganas

Adu Fitur realme C11 vs Vivo Y11: Smartphone Entry Level untuk Gaming dan Fotografi

vivo X Series Segera Hadir di Indonesia

Terpopuler

Smartphone Sejutaan dengan Baterai 5000 mAh, Paling Cocok untuk Ojek Online

Paket Internet Unlimited Tiga Operator, Mana yang Paling Menarik?

2 Smartphone Jagoan Xiaomi Resmi Meluncur, Begini Spesifikasi Serta Harga Jualnya

Redmi 10X 4G, Redmi 10X 5G dan Redmi 10X Pro Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasinya

5 Smartphone Sejutaan Dengan Baterai Jumbo Paling Kekinian