Review Gadget: realme Watch dan realme Buds Air Neo, Nyaman Disandang, Enak Dipandang


Jum'at, 19 Juni 2020 • 08:12


realme Watch

realme Watch

Bersama diluncurkannya produk flagship realme X3 Superzoom dan jagoan ponsel menengah ke bawah realme Narzo, realme Indonesia juga merilis dua perangkat AIoT mereka yakni realme Watch dan realme Buds Air Neo. Yang satu merupakan upgrade dari produk sebelumnya, sementara yang satu lagi merupakan keluarga baru perangkat sandang realme yang tentunya akan lebih banyak kita bahas di tulisan ini.


Bersama dengan hadirnya era normal yang baru, maka aktivitas pengguna ponsel mulai beranjak normal meski tidak sepenuhnya kembali seperti semula sebelum pandemi ini terjadi. Dengan demikian selain kebutuhan perangkat untuk membuat betah di rumah saja, kita pun mulai membutuhkan gadget yang mengerti kita, dan secara diam-diam mengawasi aspek-aspek fisik pengguna yang kemudian diterjemahkan ke dalam data kesehatan yang informatif.

realme Watch

Harga: Rp 999.000 (flash sale: Rp 799.000 tanggal 19 Juni 2020 pukul 13:00 WIB)


Desain



Warna: Hitam

Ukuran:36.5*11.8*256mm (Lebar*Tinggi*Panjang)

Berat: 31g


Tali pergelangan tangan

Jenis: strap yang dapat dilepas

Lebar: 20mm

Panjang tali dapat disesuaikan: 164-208mm

Layar

Ukuran layar: 3.5cm (1.4”)

Resolusi: 320*320, 323 PPI

Layar sentuh

Baterai

Baterai: 160mAh

Daya tahan baterai: 7 – 9 hari

Daya tahan baterai pada mode hemat daya: 20 hari

*7 hari dengan pelacak detak jantung yang aktif; 9 hari dengan pelacak detak jantung tidak aktif

Sensor

3-axis accelerometer

Heart rate sensor

Rotor Vibration motor

IP68 (1.5m) Water Resistance Rating

Konektivitas

Bluetooth 5.0

realme Link APP

Android 5.0+

Mode olahraga

Lari di luar ruangan, berjalan, lari dalam ruangan, bersepeda di luar ruangan, aerobik, latihan kekuatan, sepak bola, basket, tenis meja, bulu tangkis, bersepeda dalam ruangan, sepeda statis, yoga dan kriket

Pemantauan kesehatan

Pengukuran denyut jantung otomatis, denyut jantung real time selama 24jam, denyut jantung saat beristirahat, denyut jantung saat berolahraga, peringatan denyut jantung, pengukuran oksigen dalam darah, pemantauan tidur, langkah sepanjang hari, kalori, jarak, pengingat minum air, pengingat beristirahat, catatan aktivitas

Fungsi lainnya

Kontrol musik, kontrol kamera, cari kontak telepon, meditasi, 12/24 jam, stopwatch, jam, prakiraan cuaca, tampilan tanggal, dial, cloud multi-dial, pembaruan OTA, tampilan data harian, pengenalan gerakan otomatis (berlari/jalan), pengingat panggilan, pengingat pesan, pengingat alarm, pengingat step goal harian, pengingat konfirmasi, pengingat baterai lemah, penyesuaian kecerahan, penyetelan gerakan, pemantauan minum air, gerakan pergelangan tangan untuk mengaktifkan layar, mode hemat daya, mode do not disturb

*lebih banyak watch faces di cloud yang akan segera hadir melalui OTA

Desain dan Display

Jika sebelumnya realme memperkenalkan realme band, maka kali ini realme memperkenalkan jam tangan pintar, realme Watch. Yang pada dasarnya merupakan evolusi awal dari sebuah band kesehatan menuju perangkat yang memuat lebih banyak lagi fitur. Juga menawarkan tampilan layar yang lebih lega.

Menggunakan desain permukaan jam yang berbentuk kotak, realme watch ini membawa layar sentuh berukuran 1,4 inci atau 3.5 cm secara diagonal. Tidak besar, tapi secara signifikan jauh lebih besar dari sekedar layar band.

realme Watch Design

realme Watch Design

Artinya, layar ini memuat lebih banyak informasi, lebih enak untuk diajak berinteraksi, dan mudah dipersonalisasi. Layar yang menampilkan gambar dalam resolusi 320x320 pixel ini sengaja dibuat agar lebih power friendly, alias tidak membutuhkan asupan daya yang besar. Sehingga mungkin warna yang ditampilkan tidak terlalu mencolok.

Tapi ini adalah hal yang wajar dan juga biasa kita temukan di perangkat smart watch lain bahkan dengan harga yang jauh di atas produk ini. Karena daya tahan baterai menjadi hal penting untuk sebuah perangkat sandang, yang diharapkan selalu aktif memantau kondisi kesehatan penggunanya, sekaligus menjadi asisten pribadi yang menampilkan notifikasi tanpa harus mengeluarkan ponsel.

realme Watch bodi

realme Watch bodi

Yang pasti, bagian utama dari realme watch ini terbilang ringan sampai-sampai kita tidak merasa menggunakannya. Meskipun demikian bagian layar realme Watch ini telah dilindungi oleh lapisan kaca keras Corning Gorilla Glass dengan desain 2.5D agar nyaman saat diusap dari satu sisi ke sisi lainnya.

Dilengkapi dengan sertifikasi IP68, realme Watch juga termasuk tahan air hingga kedalaman 1 hingga 3 meter.

Komposisi tampilan jam tangan pada realme watch, atau biasa kita sebut sebagai watch face mampu menampilkan enam fungsi utama. Yaitu waktu, tanggal, cuaca, langkah, detak jantung dan kalori terbakar. Memudahkan pengguna untuk mengetahui kondisi terkini dari tubuhnya dalam sekali pandang.

Saat pertama kali kami aktifkan, realme Watch menawarkan 12 pilihan watch face. Anda bisa memilih salah satu yang paling pas dengan selera, lalu mengaktifkannya sebagai yang tertampil di layar realme Watch. Kalau perlu Anda bisa menggantinya setiap hari sampai 12 hari ke depan. Lumayan kan?

Kalau 12 watch face itu dirasa kurang, Anda bisa mendownload watch face tambahan melalui aplikasi realme Link. Aplikasi ini bisa didownload di Google Play dan dapat diinstal di ponsel Android versi 6 ke atas.

Tidak tanggung-tanggung, realme akan menyediakan hingga 100 watch face baru di update-update berikutnya. Di mana pengguna realme Watch dapat mendownloadnya via OTA untuk menambah koleksi Watch Face.

Masih di sisi desain, realme Watch juga menawarkan pilihan tali jam alias strap yang berwarna-warni. Terbuat dari bahan yang nyaman di kulit, mungkin akan sedikit kekecilan bagi yang punya pergelangan tangan besar, Selain desain classic, tersedia juga strap bertema fashion dengan empat pilihan warna, yakni hitam, biru, merah dan hijau.

Untuk strap fashion ini akan segera dijual dalam beberapa waktu dekat dengan harga 129 ribu. Rekomendasi banget nih untuk Anda yang mau gonta-ganti tampilan setiap harinya. Siapa tahu bisa dicocokkan dengan warna outfit Anda kan?

Fitur Kesehatan

Salah satu alasan realme melepas produk ini di Indonesia saat ini juga karena memandang bahwa di masa pandemi sekarang, kita mungkin akan membutuhkan alat monitor dini kesehatan yang dapat diandalkan. Dengannya kita bisa memonitor detak jantung, kadar O2 dalam darah, kualitas tidur dan aktivitas olah raga sehari-hari.

Realme Watch membawa sensor PPG dari Goodix. Sensor PPG yang merupakan singkatan dari Photoplethysmogram adalah alat untuk mendeteksi perubahan volume darah dalam jaringan microvascular melalui perubahan iluminasi pada kulit dan menghitung perubahan pada penyerapan cahaya.

Di sini, sensor PPG akan memancarkan cahaya warna hijau, dengan panjang gelombang yang spesifik ke permukaan kulit, kemudian medeteksi cahaya yang dipantulkan. DIklaim mampu menghitung dengan akurasi yang tinggi, sensor ini memiliki kompatibilitas warna kulit dan konsumsi daya yang hemat.

realme Watch juga mampu mendeteksi tingkat oksigen dalam darah. Kadar oksigen dalam darah merupakan salah satu indikator terpenting untuk kesehatan fisik. Jika oksigen dalam darah terlalu rendah, itu artinya sel dalam tubuh tidak bisa mendapatkan oksigen yang cukup, yang akan menyebabkan berbagai gejala.

Upaya memonitor kadar oksigen dalam darah ini biasanya dilakukan dengan peralatan medis. Tapi dengan realme Watch Anda bisa melakukannya kapan saja dan di mana saja dengan tingkat akurasi yang cukup tinggi.

Mode Olahraga

Dalam realme Watch juga tersedia mode monitoring olahraga yang spesifik untuk jenis aktivitas olahraga yang biasa Anda lakukan. Setidaknya ada 14 jenis aktivitas olahraga, mulai dari berlari di luar ruangan, di dalam ruangan, berjalan, bersepeda di luar ruangan, aerobik, latihan kekuatan, sepak bola, basket, tenis meja, bulu t angkis, bersepeda dalam ruangan, sepeda statis, yoga dan kriket.

Jam tangan ini juga mengidentifikasi apakah Anda berjalan atau berlari, dan algoritma perhitungan langkah yang akurat membuat setiap langkah dapat dihitung.

Fitur Pintar dan Fitur Tambahan

Selain mode monitoring kegiatan olah raga di atas, jam tangan realme ini juga memiliki fitur tambahan lain semisal, pengingat untuk beristirahat, pemantau tidur, pengingat minum air dan meditasi relaksasi.

Sementara itu, layaknya jam pintar lain, realme Watch juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menerima notifikasi dari ponsel, termasum panggilan telepon, sms dan juga notifikasi dari aplikasi pihak ketiga.

Dengan realme Watch kita bisa menerima dan membaca pesan yang terkirimkan melalui Facebook, Whatsapp, instagram dan sebagainya. Bahkan untuk menolak sambungan telepon, tanpa harus megeluarkan ponsel dari dalam saku.

Jika Anda menggunakan realme Watch bersama dengan ponsel realme, Anda bahkan mendapatkan keuntungan lebih karena jam tangan ini dapat membuka kunci ponsel secara otomatis ketika didekatkan. Hal ini mungkin perlu banget di kondisi dimana kita menggunakan masker dan sarung tangan.

realme Buds Air Neo

Harga: Rp 499.000 (Flash Sale 19 Juni), Normal Rp 699.000

Tipe

realme Buds Air Neo

Warna

Pop White, Punk Green and Rock Red

Cip

R1 Headphone Chips

Kontrol

Sentuh dua kali: Menjawab panggilan; memutar/menjeda musik

Sentuh tiga kali: Lagu selanjutnya

Sentuh dan tahan di salah satu sisi: Asisten Suara; Akhiri panggilan telepon;

Sentuh dan tahan kedua sisi: Masuk/Keluar Super Low Latency Mode

Aplikasi

Hubungkan ke aplikasi realme Link untuk mendapat dukungan kontrol sentuh dan pembaruan firmware

Driver

13mm DBB Driver

Panggilan

Single Mic

ENC (Environment Noise Cancellation Technology)

Tahan Air

IPX4(earphones)

Konektivitas

Bluetooth 5.0

GFP (Google Fast Pair Technology)

Jarak jangkauan 10 meter

Ukuran & Berat

Ukuran:

Buds: 40.5mm*16.6mm*17.7mm

Casing: 51.3mm*45.3mm*25.3mm

Berat

Buds: 4.1g

Casing: 30.5g

Tipe: Half-in Ear

Pengisian Daya

Mendukung pengisian daya Micro USB

Daya Tahan Baterai

Hingga 17 Jam Pemakaian

Paket Penjualan

realme Buds Air Neo

Casing

Kabel Micro USB

Buku Panduan Singkat

Selain merilis jam tangan, realme juga memperkenalkan tws generasi terbaru yang merupakan versi upgrade dari realme Buds Air terdahulu. Membawa codec audio yang lebih oke, dan tetap mempertahankan chip R1 dengan koneksi Bluetooth versi 5, tws anyar dari realme ini menawarkan performa apik dengan latency rendah untuk bermain game, dan kualitas suara yang lebih ngepas untuk basshead.

realme Buds Air Neo dilengkapi dengan solusi DBB (Dynamic Bass Boost) yang telah dikostumisasi dan dioptimalisasikan oleh tim ahli akustik di realme. Menghasilkan pengalaman mendengarkan musik dan menonton film menjadi lebih baik.

Jika Anda khawatir headset bluetooth true wireless akan kurang memuaskan ketika digunakan untuk bercakap-cakap alias menelpon, maka kekhwatiran itu hilang di realme Buds Air Neo ini. Dengan teknologi ENC dan mikrofon tunggal, maka Neo akan menyaring suara bising di latar belakang sehingga meningkatkan kualitas percakapan Anda dengan lawan bicara.

Cara memasangkan tws ini dengan perangkat realme Anda pun semudah menjentikan jari. Dengan fitur Auto Koneksi Instan, realme Buds Air Neo akan langsiung terhubung dengan ponsel ketika penutup casenya dibuka.

Neo juga telah membawa fitur Google Assistant. Sehingga kita bisa mengakses sejumlah info tanpa membuka ponsel.

realme Buds Air Neo memiliki berat hanya sekitar 4.1 gram saja, sehingga kan nyaman saat digunakan. Dengan pilihan warna putih, hijau dan merah, Neo akan menjadi bagian dari fashion Anda ketika mendengarkan musik sambil beraktivitas di manapun berada.

Neo menawarkan daya tahan baterai yang mumpuni. Dengan memberikan daya tahan total hingga 17 jam untuk memutar musik. (USI)

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Huawei Hadirkan MatePad T8 di Indonesia

OPPO Reno4 dan OPPO Watch Resmi Hadir di Indonesia

Hands On dan First Impression OPPO Reno4, Banyak Fitur Barunya

Laptop Gaming MSI Bravo 15 Hadir di Indonesia

Meluncur 6 Agustus, Ini Spesifikasi Lengkap Reno4 dan OPPO Watch

Terpopuler Minggu Ini

Huawei Hadirkan MatePad T8 di Indonesia

ANKER Luncurkan Powerbank Kelas Menengah PowerCore Select 10000

Indosat Ooredoo dan NetFoundry Hadirkan Network-as-a-Service (NaaS)

Zoho Workplace Suite Catat 15 Juta Pengguna Aktif di Seluruh Dunia

Avenger Hingga Warkop DKI: Disney+ Hotstar Hadir 5 September

Terpopuler Bulan Ini

4 Smartphone Baru Resmi Hadir di Pasar Global

XL Pascabayar Sediakan Kuota Hingga 300GB, Harga Mulai Rp 105 Ribu

Galaxy M21, Sobat Anti Mati Gaya Selama New Normal

Review Samsung Galaxy A01 Core: Smartphone Pemula, Baterai Tahan Lama

Ini yang Bikin Nge-game di HUAWEI Nova 7 Jadi Lebih Seru

Terpopuler

Review: 9 Alasan untuk Meminang Sang Jawara Redmi Note 9 Pro

Resmi Dipasarkan, Begini Ketangguhan 2 Laptop Gaming Terbaru Acer

Smartphone Sejutaan dengan Baterai 5000 mAh, Paling Cocok untuk Ojek Online

2 Smartphone Jagoan Xiaomi Resmi Meluncur, Begini Spesifikasi Serta Harga Jualnya

Redmi 10X 4G, Redmi 10X 5G dan Redmi 10X Pro Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasinya