Review realme C11 : Sejutaan Berbaterai Besar, Berlayar Lebar, Berdesain Premium


Selasa, 30 Juni 2020 • 13:31


Sejatinya realme seri C anyar yang masuk ke meja redaksi- realme C11 ini, merupakan versi pembaharuan dari realme C2. Yang lebih kurang umurnya sudah 1 tahun. Jadi jangan salah membandingkan ya.

Hadir untuk mengisi ceruk di kelas paling rendah, tidak membuatnya harus banyak memangkas fitur. Bahkan kita akan dimanjakan oleh beberapa fitur menarik yang tidak ada di kelas lain. Utamanya adalah baterai berukuran besar dan rasio layar yang lebih lebar.


Menariknya, realme realme C11 ini diperkenalkan pertama kali di Indonesia dan dijual perdana di pasar Tanah Air juga. Jadi siapapun Anda yang membelinya lebih awal, akan menjadi bagian dari pengguna pertama di seluruh dunia. Cieee.

Paket Penjualan : Handset, Adapter Charger, Kabel Micro USB, Buku Manual, Kartu Garansi, SIM Ejector

Warna : Mint Green, Pepper Grey


Harga : Rp 1.599.000 (2/32GB) Rp 1.699.000 (3/32GB)



Desain Ergonomis


Kalau boleh berkomentar, realme merupakan salah satu produsen smartphone yang senantiasa memberi kejutan lewat desain back cover. Mulai dari gradasi yang menyerupai pemandangan aurora, lambang petir sampai tampil sederhana namun tegas seperti di realme realme C11 kali ini.

Masing-masing produk memberikan efek casing belakang yang mudah diingat, sehingga kita bisa menebaknya saat Anda melihat seseorang menggunakannya. 

Namun perubahan pada desain back casing ini tidak serta merta mengubah gaya bertelepon kita dengan realme. Masih tetap nyaman dan tidak memberikan kesulitan. Hanya saja di realme realme C11 ini, meski dalam paket pembelian tidak menyertakan casing tambahan, desain bawaannya sudah ergonomis. Membawa material bertekstur, bagian back cover ini tidak terasa licin dan efektif mencegah goresan.

realme C11 tersedia dalam dua pilihan warna. Yakni Mint Green dan Pepper Grey, atau hijau dan abu-abu dengan nuansa warna lembut. Dimana keduanya memberikan kesan visual yang trendi, lewat sebuah garis lurus vertikal yang merapat di sisi kiri back cover dengan tulisan realme yang mencolok.

Lalu ujung atasnya ditutup dengan sebuah area kotak hitam berisikan dua lensa kamera dan lampu flash. Mengingatkan kita pada desain kamera belakang smartphone-smartphone masa kini, dan sedikit banyak membuatnya tampil seperti sebuah smartphone premium.

Layar Besar Mini-Drop Khas Seri C

Kembali tampil seperti seri C sebelumnya, realme C11 mengadopsi konsep mini drop. Konsep ini membawa desain kamera depan dalam poni yang lebih kecil ketimbang desain poni dewdrop. Konsep layar ini meningkatkan area pandang hingga rasio mencapai 88,7%.

Diagonal layar smartphone ini berukuran 6.5 inci dengan rasio aspek 20:9. Mengusung kualitas HD+ (720x1600 piksel) membuat tampilannya mungkin terasa kurang maksimal bagi Anda yang terbiasa menggunakan smartphone yang lebih mahal. Tapi dalam prakteknya, kepadatan gambar di layar ini masih bisa dibilang oke. Setidaknya tidak distracting. 

realme UI Berbasis Android 10

Di sisi tampilan menu alias interface, realme C11 juga sudah mendapatkan sentuhan paling baru. Menggunakan antarmuka garapan realme sendiri yakni realme UI yang berbasis tampilan Android 10.

Struktur menu dan pengaturannya terlihat lebih sederhana dan bersih. Cocok nih untuk anak muda yang suka utak-atik menu smartphone supaya berbeda dengan smartphone milik orang lain. Fitur kustomisasi yang disediakan, memungkinkan kita mengubah bentuk ikon tanpa harus mengubah tema. Pengguna juga bisa mengatur tampilan home screen sesuai kebutuhan. Ada Standar Mode, Drawer Mode atau Simple Mode.

Kehadiran sistem operasi Android 10 juga menghadirkan beberapa opsi baru di realme C11, salah satu yang cukup menarik adalah Dark Mode yang sudah terintegrasi, opsi smart sidebar berupa floating window yang akan muncul dari sisi kanan tampilan display, dan Focus Mode untuk membantu pengguna relaksasi dari padatnya rutinitas sehari-hari.

Sejumlah fungsi tambahan di realme UI anyar ini, berupa ketuk layar 3 kali untuk melakukan screenshot, dan dual mode music share untuk berbagi musik menggunakan dua jenis earphone berbeda secara bersamaan. Fitur ini merupakan dua fitur yang menarik untuk dicoba. 

AI Dual Camera dengan Nightscape

Beralih ke bagian kamera, realme C11 ini membawa kamera yang tidak jauh berbeda dari realme C2.  Terdiri dari dual camera utama dan satu kamera depan (selfie).

Kita mulai pembahasan kamera ini dari kamera utama. Diletakkan dalam satu area kotak persegi, ada dua kamera di sini. Yakni 13MP kamera utama dan 2MP kamera portrait yang mampu memberikan efek bokeh dengan mengenali foreground dan background.

Dengan aperture 2.2, kamera 13MP ini cukup untuk menangkap cahaya. Dilengkapi auto fokus PDAF dan fitur zoom 4x, maka kebutuhan akan kamera mumpuni bakal terpenuhi oleh smartphone ini. Yang menarik, perpaduan lensa dan algoritma dari Mode Nightscape mampu menampilkan hasil yang apik.

Sistem akan mengambil beberapa foto dalam eksposure berbeda, lalu menggabungkannya menjadi satu foto dengan cara memilih bagian-bagian terbaik dari setiap foto yang diambil tadi. 

Kamera kedua yakni 2MP didedikasikan untuk depth sensor. Lewat bukaan lensa f/2.4, kamera ini mampu menghadirkan efek bokeh sekelas perangkat keras. Kualitas bokehnya juga cukup alami, dan menjadikan subjek foto terlihat lebih menonjol. Kerennya, pengguna juga bisa mengatur tingkat bokeh saat membidik gambar secara real-time loh. 

Selain kamera belakang, realme C11 juga menyertakan kamera depan untuk kebutuhan selfie penggunanya. Kamera depan 5MP ini juga mendukung beragam fitur menarik seperti bokeh, filter dan tentunya efek beauty yang didukung teknologi AI.

Upgrade Performa dengan Helios G35

Jika sebelumnya realme C2 menggunakan chipset Helio P22, maka kini realme C11 diperkuat oleh chipset Helios G35. Pada dasarnya membawa konfigurasi 8 inti yang sama, namun memiliki clock speed yang lebih baik. Peningkatan pada clock speed ini berpengaruh pada performa smartphone secara keseluruhan.

Membawa 8 inti CPU Cortex A53 dengan kecepatan 2.3 GHz, dan RAM LPDDR4X, kinerja smartphone dan grafis diklaim dapat meningkat hingga 20%. Oh iya, realme C11 ini akan hadir dalam dua varian yang dibedakan dari besaran RAM nya. Yakni varian RAM 2GB dan 3GB. Keduanya membawa besaran memori internal 32GB.

Jangan khawatir, kalau Anda berpikir bahwa 32GB tidak akan cukup memenuhi kebutuhan Anda berfotografi dan bermain game di smartphone ini, Anda bisa menambahkan ruang memori hingga 256GB melalui slot MicroSD card. 

Slot Memori tambahan ini disediakan tersendiri tanpa harus mengganggu slot dua sim card. Artinya, tidak hybrid. Dimana Anda bisa menggunakan dua nomor smartphone dan satu microSD secara bersamaan.

Tidak banyak informasi mengenai Chipset Mediatek Helio G35 ini, karena terbilang baru. Yang pasti, perpaduan chipset, RAM, dan UI yang efektif menghasilkan pengalaman baru dalam bersmartphone di angka sejutaan ini. Semisal waktu membuka aplikasi kini bisa lebih cepat, performa keseluruhan smartphone meningkat 20% dari smartphone terdahulu, termasuk respon layar sentuh yang makin cepat dan efisiensi baterai untu menunjang keseruan penggunaan smartphone tanpa batas.

Baterai 5000 mAh dengan fitur reverse charging

Performa realme C11 juga tidak lepas dari dukungan baterai berkapasitas besar yang tahan lama. Kapasitasnya sendiri 5000 mAh. Lewat sistem manajemen power yang baik di perangkat ini, baterai non-removable di perangkat ini bisa menyediakan waktu main PUBG Mobile hingga 10 jam lebih dalam sekali pengisian, nonton YouTube nonstop sampai 19 jam lebih dan untuk standby saja bisa bertahan sampai 40 hari.

Poin plus lainnya, realme C11 juga dibekali fitur reverse charging. Artinya, baterai di perangkat ini bisa dimanfaatkan layaknya powerbank untuk mengisi baterai perangkat lain via kabel adapter khusus. Kemampuan ini tidak lepas dari adanya fungsi USB OTG.

Kesimpulan

Sebagai penerus realme C2, smartphone ini mampu memperkuat lini C sebagai rajanya smartphone dan menjadi pilihan terbaik di segmen entry-level. Siapapun, dari anak muda, sampai mereka yang baru mau mencoba menggunakan smartphone Android bisa mendapatkannya karena harganya yang relatif terjangkau.

Namun bukan berarti karena harganya terjangkau smartphone ini menghilangkan kemampuannya sebagai sebuah smartphone yang mumpuni. Kehadiran baterai besar yang dipadukan dengan tampilan back cover yang mirip dengan smartphone mahal dan performa hardware nan perkasa akan memanjakan mereka yang hobi mantengin layar smartphone sampai berjam-jam secara nonstop.

 

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Avenger Hingga Warkop DKI: Disney+ Hotstar Hadir 5 September

Indosat Ooredoo dan NetFoundry Hadirkan Network-as-a-Service (NaaS)

Huawei Hadirkan MatePad T8 di Indonesia

Zoho Workplace Suite Catat 15 Juta Pengguna Aktif di Seluruh Dunia

ANKER Luncurkan Powerbank Kelas Menengah PowerCore Select 10000

Terpopuler Minggu Ini

Huawei Hadirkan MatePad T8 di Indonesia

ANKER Luncurkan Powerbank Kelas Menengah PowerCore Select 10000

Indosat Ooredoo dan NetFoundry Hadirkan Network-as-a-Service (NaaS)

Zoho Workplace Suite Catat 15 Juta Pengguna Aktif di Seluruh Dunia

Avenger Hingga Warkop DKI: Disney+ Hotstar Hadir 5 September

Terpopuler Bulan Ini

4 Smartphone Baru Resmi Hadir di Pasar Global

XL Pascabayar Sediakan Kuota Hingga 300GB, Harga Mulai Rp 105 Ribu

Galaxy M21, Sobat Anti Mati Gaya Selama New Normal

Review Samsung Galaxy A01 Core: Smartphone Pemula, Baterai Tahan Lama

Ini yang Bikin Nge-game di HUAWEI Nova 7 Jadi Lebih Seru

Terpopuler

Review: 9 Alasan untuk Meminang Sang Jawara Redmi Note 9 Pro

Resmi Dipasarkan, Begini Ketangguhan 2 Laptop Gaming Terbaru Acer

Smartphone Sejutaan dengan Baterai 5000 mAh, Paling Cocok untuk Ojek Online

2 Smartphone Jagoan Xiaomi Resmi Meluncur, Begini Spesifikasi Serta Harga Jualnya

Redmi 10X 4G, Redmi 10X 5G dan Redmi 10X Pro Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasinya