Review: iPhone 5, Perubahan Drastis, Performa Sadis


Senin, 12 November 2012 • 19:39


Produk baru Apple selalu menjadi penantian. Bahkan banyak pengguna loyal mengira-ngira, akan ada perubahan apa yang dilakukan oleh Apple untuk iPhone terbarunya. Perubahan yang dilakukan Apple pada iPhone terbarunya?

Desain


Dimensi: 123.8 x 58.6 x 7.66 mm, 112 grams; 8 pin connector.

iPhone 5 memiliki bobot lebih ringan, lebih tinggi dan lebih tipis dari generasi sebelumnya. Tepatnya 20 persen lebih ringan yaitu 112 gram, 8.2 mm lebih tinggi dan 1.7 lebih tipis dari pendahulunya 4S.  Dengan tubuhnya yang lebih tinggi/panjang maka memungkinkan layarnya menggunakan luas 4-inch, dari yang sebelumnya yang hanya 3,5 inchi. Hal ini membuat rasio layar pun berbeda, ini yang menjadikannya lebih nyaman baik saat digenggam ataupun melihat layarnya.



Penempatan komposisi dibagian muka masih tidak berubah, karena hanya menempatkan layar dan tombol menu saja yang berubah adalah penempatan kamera depan yang berada diatas earpiece, dimana sebelumnya ditempatkan disamping kanan. Selain itu tombol lain serta letak kamera utama masih ditempatkan persis seperti iPhone 4S.

 



Dari segi form factor nya lebih tingginya ponsel maka akan menyulitkan area yang sulit dijangkau oleh ibu jari, misalkan saat ingin menekan tombol power saat pennggunaan standart. Untungnya Apple berhasil mengatasinya dengan mempersempit area ponsel.

Perubahan lokasi juga dilakukan Apple pada port Audio 3,5 yang sebelumnya berada diatas, kini di letakkan dibagian bawah, bersanding dengan dengan lubang grid speakernya. Tidak hanya itu Apple juga melakukan perubahan konektor data/daya jenis baru yang disebut Lightning. Perubahan ini cukup  mengejutkan, mengingat selama lebih dari 5 tahun Apple menggunakan konektor 30 pin. Tidak hanya itu pihak ketiga yang telah memproduksi aksesoris tambahan yang biasa menggunakan koneksi tersebut, otomatis harus memproduksi aksesories untuk konektor 8 pin, atau Anda harus menyiapkan converter dari konektor 30 pin ke 8 pin.

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Nokia Rilis Dua Smartphone Murah

Sony Meluncurkan Kamera Pocket Digital Terbaru ZV-1

Review DJI Mavic Air 2, Drone Portable Paling Layak Beli

Daftar Smartphone OPPO A Series Terbaik untuk Lebaran

Erajaya Group Buka Pre Order Xiaomi Mi 10

Terpopuler Minggu Ini

Nokia Rilis Dua Smartphone Murah

Sony Baka;l Ungkap Detail PS5 4 Juni Mendatang

Terpopuler Bulan Ini

Nokia Rilis Dua Smartphone Murah

Sony Baka;l Ungkap Detail PS5 4 Juni Mendatang

Terpopuler

Jelang Akhir Tahun, 7 Smartphone Ini Turun Harga

Rekomendasi Smartphone Akhir Tahun Harga Sejutaan

Smartphone Sejutaan dengan Baterai 5000 mAh, Paling Cocok untuk Ojek Online

2 Smartphone Jagoan Xiaomi Resmi Meluncur, Begini Spesifikasi Serta Harga Jualnya

Review Samsung Galaxy M30s: Baterai Monster, Performa Kamera Menggoda