Edit Video Profesional di Ponsel


Selasa, 23 Agustus 2016 • 17:35


Mengedit video langsung di ponsel bukanlah hal sulit saat ini. Hanya saja, sedikit sekali aplikasi profesional yang tersedia buat pengguna Windows Phone. Mungkin salah satu aplikasi yang dapat direkomendasikan adalah Movie Maker. 

 


Aplikasi ini dapat mencampur video, gambar dan musik untuk menghasilkan video yang menarik. Aplikasi yang direkomendasikan untuk membuat film bagi pengguna Lumia ini juga mampu melakukan upload hasil editing video untuk langsung dishare ke YouTube dan Instagram. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga mendukung video UHD-4K lebih dari 1GB dan tanpa batasan durasi video yang dibuat (versi berbayar).

 

Berikut tips penggunaannya.Aplikasi ini dapat didownload gratis (dengan batasan editing 10 detik) di AppsStore. Sedangkan versi berbayarnya dipatok seharga Rp.18.500. 


Untuk membuat project, pertama klik tanda +. Selanjutnya Anda dapat memilih video, image atau audio yang terdapat pada ponsel. Anda dapat memilih koleksi, album atau folder. Setiap file pilihan harus diberi centang. Kumpulkan saja seberapa banyak file yang hendak dijadikan sumber video. Setelah selesai pilih tanda centang kembali.



Hasil kumpulan video, image dan audio akan tersusun sesuai dengan urutan saat Anda memilih file tersebut. Anda dapat memainkannya sesuai dengan urutan yang ada. Bila ingin merubah posisi atau letak dari file yang ada, Anda cukup dengan memilih file tersebut, kemudian pindahkan dengan ‘move left’ atau move right’.

 

Anda juga dapat menghapusnya dari daftar dengan memilih ‘delete’. Anda juga dapat melakukan copy paste langsung, mereplace (mengganti dengan file lain) atau mengedit image tersebut satu persatu.


Setelah disesuaikan, mainkan kembali video hasil perubahan tersebut. Langkah selanjutnya adalah menambahkan efek-efek. Tersedia banyak tools mulai dari frame grab, trim, crop, split, move, merge, audio levels hingga detach audio.

Jangan lupa, masih tersedia audio transition yaitu fade in, fade out dan cross.

 

Anda dapat menggunakan ‘Efek Burns’ (pan dan zoom) pada image dengan kustomisasi durasi. Aplikasi ini juga mendukung full kustomisasi kompresi MP4 dan MP3 baik format, kualitas maupun bitrate nya. Dan bila ingin lebih terlihat profesional, manfaatkan tool spesial  penghilang suara ‘tick’ (pre-Cyan bug). 

 

Lakukan pemutaran ulang berkali-kali sebelum Anda merasa yakin dengan susunan video dan image yang ada. bila terasa cukup barulah lakukan pengolahan audio. 

 

Bila telah selesai. Hasil akhirnya, Anda dapat menyimpan dalam format audio track ataupun movie. Letakkan hasil penyimpanan di folder manapun yang Anda ingini, atau menyimpannya dalam format video yang ‘auto’ atau ukuran lainnya. 

Setelah selesai, Anda dapat melihat hasil akhir setelah proses encoding selesai. Untuk judul, Anda dapat melakukan kustomisasi baik itu tipe, warna dan ukuran font, maupun merubah warna, gambar dan frame video background. 

Anda juga dapat bermain dengan plug-in. Plug-in yang tersedia didalamnya (konten ekstra dengan pembelian in-app) terdiri dari effect pack 1, effect pack 2, video transition, special video transition, sound effect library, ambient track library, exclusive track library, bahkan share dan edit dengan Live Movie Maker di desktop via WiFi. 

Terakhir, share hasil editing ke YouTube, Instagram, Facebook, Message, Email, Office dan semua aplikasi yang kompatibel. 

Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Advan Rilis G2 Plus, Usung Layar Penuh dan Baterai Jumbo

Review : Coolpad Max Lite R108 Versi Murah, 4G LTE “Disembunyikan”

Adu Kamera Ponsel OPPO F1s vs LG X Cam

Persiapan Nokia Jelang ‘Comeback’

Review : Oppo F1s (A1601) Selfie Expert Generasi Terbaru

Review : Lenovo Vibe K5 Plus (3GB) Memperbaiki RAM, Miskin Fitur Tambahan

Terpopuler Minggu Ini

Beredar Bocoran 14 Produk Xiaomi yang Bakal Diluncurkan di Q3 2020

Spek Lengkap Oppo Reno Ace 2 Bocor

Raih 2,7% Market Share Global, realme Bertahan di Posisi 7 Besar

Resmi, Honor 30S Andalkan Kirin 820 5G dan Quad Kamera Dibanderol Rp5 Jutaan

Galaxy S20 Series Dapat Update Android 10, Ini Daftar Peningkatannya

Terpopuler Bulan Ini

Terpopuler

Cek di Sini Apakah Merek Smartphone Anda Termasuk yang Siap Update Android 10 Tahun Ini

Jelang Akhir Tahun, 7 Smartphone Ini Turun Harga

Murah Nih! Vivo Y11 (2019) Punya Baterai 5.000 mAh Dibanderol Rp1 Jutaan

Spesifikasi Lengkap dan Harga Xiaomi Mi Note 10 dan MI Note 10 Pro

Waspada! Ini Resiko Membeli Smartphone Android Murahan